Friday, November 28, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 2 Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       :
Kelas / Semester           :  IV (Empat)  / 1
Tema                             :  2 / Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                      : 2  / Pemanfaatan Energi
Pembelajaran ke            : 2
Alokasi waktu              : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR

IPA
3.4    Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6        Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

SBdP
4.14     Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.14 Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapiproses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.

Matematika
3.11 Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakanpenambahan, pengurangan, dan perkalian.
4.1    Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal, dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat bermain, serta memeriksa kebenarannya.

C.    INDIKATOR

IPA
4.6.1     Menjelaskan tentang sumber-sumber energi alternatif dan manfaatnya.

SBdP
4.14.1  Berkreasi membuat bingkai foto dengan menggunakan bahan alam yang tidak dipergunakan lagi.

Matematika
4.1.1        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan sepasang kalimat matematika yang mempunyai nilai yang sama atau berbeda.

D.    TUJUAN
1.      Setelah membaca teks, siswa mampu mengenal tentang sumber-sumber energi alternatif dan manfaatnya dengan benar.
2.      Dengan menganalisa gambar dan infrmormasi, siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan ekspresi bilangan dengan benar.
3.      Dengan menganalisa langkah-langkah pengerjaan, siswa mampu berkreasi membuat bingkai foto dengan mandiri dan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Energi alternatif.
2.       Sepasang kalimat matematikadengan hasil yang sama atau berbeda.
3.       Bingkai foto dari bahan kardus bekas.

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan            : Scientific
2.      Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    MEDIA, ALAT, SUMBER
1.      Media        : Buku teks siswa, gunting, penggaris, pensil, lem, plastic mika, dan kertas kado.
2.      Sumber      :
a.    Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.   Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.    Buku Pengembangan Diri Anak.





H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.           Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.           Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.           Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.           Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
5.           Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.           Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
Menit
Kegiatan
Inti
1.           Siswa mengamati gambar tentang energi alternatif.
2.           Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku dengan teman sebangkunya.
3.           Siswa membaca teks tentang energi alternatif secara individu.
4.           Guru mengingatkan siswa untuk dapat membaca dengan saksama dan mencari informasipenting dari bacaan yang berhubungan dengan energi alternatif.
5.           Siswa menyimpulkan tentang isi teks yang dibaca ke dalam bentuk peta pikiran dan menceritakan hasilnya kepada teman yang lain secara berpasangan.
6.           Siswa membaca dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang sepasang kalimat matematika dengan hasil yang sama atau berbeda.
7.           Siswa berkreasi untuk membuat bingkai foto dari bahan kardus bekas.
8.           Guru membantu siswa untuk memahami instruksi kegiatan dengan mendemonstrasikan pembuatan bingkai foto dan mengingatkan cara penggunaan lem yang tidak berlebihan.
9.           Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
    185
Menit

Kegiatan
Penutup
1.           Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai? Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya”.
2.           Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan energy dengan bijak.
3.           Tugas: Berdiskusi tentang energi alternatif yang digunakan di lingkungan sekitar.
4.           Salam dan doa penutup.
Remedial
Apabila siswa belum dapat menguasai konsep, guru dapat membantu menguatkan kembali materi tersebut dengan memberikan tambahan waktu belajar sepulang sekolah.
Pengayaan
Siswa yang telah menguasai konsep dapat diminta untuk membuat soal sendiri dan bertukar soal dengan teman untuk dijawab.
    15
menit



I.       PENILAIAN
  1. ProsedurPenilaian
a.       Penilain sikap        : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejakdari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian pengetahuan      : Tes tertulis
c.       Penilaian Ketrampilan       : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk

2.      InstrumenPenilaian

1.      Daftar periksa IPA

Criteria

keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan bentuk energy dengan benar


Menuliska sumber energy dengan benar



2.      Rubric unjuk kerja IPA dan Bahasa Indonesia
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih lagi
Tujuan
Tujuan percobaan sangat jelas.


(2)
Tujuan percobaan cukup jelas.


(1,5)
Tujuan percobaan kurang jelas.

(1)

Tujuan percobaan tidak jelas.

(0,5)

Perlengkapan dan bahan
Seluruh perlengkapan dan bahan ditulis lengkap
(2)
Sebagian besar perlengkapan dan bahan ditulis
(1,5)
Sebagian kecil perlengkapan dan bahan ditulis.
(1)
perlengkapan dan bahan tidak ditulis

(0,5)
Langkah kerja.
Seluruh langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.

(4)
Sebagian besar langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.


(3)
Hanya sebagian kecil langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.


(2)
Semua langkah kerja percobaan tidak ditulis secara runtut.
 (1)
Kesimpulan
Kesimpulan dinyatakan dengan sangat jelas dan didukung data yang akurat


(4)    
Kesimpulan dinyatakan cukup jelas, namun terdapat beberapa data pendukung yang tidak akurat.

(3)
Kesimpulan kurang jelas dan sebagian data pendukung tidak akurat.

(2)
Kesimpulan tidak jelas dan tidak didukung data yang akurat

(1)

Catatan: centang (v) pada bagian yang memenuhi criteria.
Penilaian : total nilai/9 x 10, contoh penilaian : 1,5 + 1 +4 +3/9 x10 = 12/9 x10 =8,5

Konversi  Nilai

Predikat
Klasifikasi
…….
A
Sangat baik
…….
B
Baik
…….
C
Cukup
…….
D
Kurang
           
3.      Daftar periksa IPA, Bahasa Indonesia dan PPKn

Mata Pelajaran
Criteria
Sudah
Belum

IPA
Menuliskan contoh kegiatan yang ada pada gambar 


Menghubungkan kegiatan dan sumber energy yang digunakan


Bahasa Indonesia dan PPKn
Menuliskan cerita tentang penggunaan energy secara aman dan hemat dirumah.


Menuliskan ide-ide tentang cara menggunakan alat-alat listrik dengan aman.


4.      Penilaian Sikap

No
Nama
                                                         Perubahan tingkah laku
1.       

Rasa ingin tahu
Jujur
Teliti
Hati-hati
Bertanggung jawab
2.       
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
3.       




















4.       




















5.       




















6.       




















Pengayaan
Siswa yang telah menguasai konsep dapat diminta untuk membuat soal sendiri dan bertukar soal dengan teman untuk dijawab.





                                                                                    …………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP


No comments:

Post a Comment