RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : IV (Empat)
/ 1
Tema : 2 / Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 2 / Pemanfaatan Energi
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 x
pertemuan (6 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4
Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan
dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6
Menyajikan laporan tentang sumber daya
alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
SBdP
4.14
Mengetahui berbagai alur cara dan
pengolahan media karya kreatif.
4.14
Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk
melengkapiproses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.
Matematika
3.11
Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang
ekspresi menggunakanpenambahan, pengurangan, dan perkalian.
4.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri,
menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif
permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal, dan
persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain, serta memeriksa kebenarannya.
C.
INDIKATOR
IPA
4.6.1 Menjelaskan
tentang sumber-sumber
energi alternatif dan manfaatnya.
SBdP
4.14.1 Berkreasi
membuat bingkai foto dengan menggunakan bahan alam yang tidak dipergunakan lagi.
Matematika
4.1.1
Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan sepasang kalimat matematika yang mempunyai nilai yang sama
atau berbeda.
D. TUJUAN
1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengenal
tentang sumber-sumber energi alternatif dan manfaatnya dengan benar.
2. Dengan menganalisa gambar dan infrmormasi,
siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan ekspresi bilangan
dengan benar.
3.
Dengan
menganalisa langkah-langkah pengerjaan, siswa mampu berkreasi membuat bingkai
foto dengan mandiri dan benar.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Energi
alternatif.
2.
Sepasang kalimat
matematikadengan hasil yang sama atau berbeda.
3.
Bingkai foto dari bahan
kardus bekas.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
G.
MEDIA, ALAT, SUMBER
1. Media : Buku teks siswa, gunting, penggaris,
pensil, lem, plastic mika, dan kertas
kado.
2. Sumber :
a. Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b. Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4
danBukuSiswaTema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
c. Buku Pengembangan Diri Anak.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing.
2.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
4.
Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompak dan lagu yang relevan.
5.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar tentang energi alternatif.
2.
Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang ada
pada buku dengan teman sebangkunya.
3.
Siswa membaca teks tentang energi alternatif secara
individu.
4.
Guru mengingatkan siswa untuk dapat membaca dengan
saksama dan mencari informasipenting dari bacaan yang berhubungan dengan
energi alternatif.
5.
Siswa menyimpulkan tentang isi teks yang dibaca ke
dalam bentuk peta pikiran dan menceritakan hasilnya kepada teman yang lain
secara berpasangan.
6.
Siswa membaca dan menjawab pertanyaan-pertanyaan
tentang sepasang kalimat matematika dengan hasil yang sama atau
berbeda.
7.
Siswa berkreasi untuk membuat bingkai foto dari
bahan kardus bekas.
8.
Guru membantu siswa untuk memahami instruksi
kegiatan dengan mendemonstrasikan pembuatan bingkai foto dan mengingatkan
cara penggunaan lem yang tidak berlebihan.
9.
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
|
185
Menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang
kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang paling kalian sukai?
Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai? Hal baik apa yang dapat kamu
terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu
menerapkannya”.
2.
Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan
energy dengan bijak.
3.
Tugas: Berdiskusi tentang energi alternatif yang
digunakan di lingkungan sekitar.
4.
Salam dan do’a
penutup.
Remedial
Apabila siswa belum dapat
menguasai konsep, guru dapat membantu menguatkan kembali materi tersebut
dengan memberikan tambahan waktu belajar sepulang sekolah.
Pengayaan
Siswa yang telah menguasai konsep
dapat diminta untuk membuat soal sendiri dan bertukar soal dengan teman untuk
dijawab.
|
15
menit
|
I.
PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
a.
Penilain sikap : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejakdari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
b.
Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c.
Penilaian Ketrampilan :
Penilaian Kinerja, Penilaian Produk
2.
InstrumenPenilaian
1. Daftar
periksa IPA
Criteria
|
keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan bentuk energy dengan benar
|
|
|
Menuliska sumber energy
dengan benar
|
|
|
2. Rubric
unjuk kerja IPA dan Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Tujuan
|
Tujuan percobaan sangat jelas.
(2)
|
Tujuan percobaan cukup jelas.
(1,5)
|
Tujuan percobaan kurang jelas.
(1)
|
Tujuan percobaan tidak jelas.
(0,5)
|
Perlengkapan dan bahan
|
Seluruh perlengkapan dan bahan ditulis
lengkap
(2)
|
Sebagian besar perlengkapan
dan bahan ditulis
(1,5)
|
Sebagian kecil perlengkapan dan bahan
ditulis.
(1)
|
perlengkapan dan bahan tidak ditulis
(0,5)
|
Langkah kerja.
|
Seluruh langkah kerja percobaan ditulis
secara runtut.
(4)
|
Sebagian besar langkah kerja percobaan
ditulis secara runtut.
(3)
|
Hanya sebagian kecil langkah kerja percobaan
ditulis secara runtut.
(2)
|
Semua langkah kerja percobaan tidak ditulis
secara runtut.
(1)
|
Kesimpulan
|
Kesimpulan dinyatakan dengan sangat jelas dan
didukung data yang akurat
(4)
|
Kesimpulan dinyatakan cukup jelas, namun
terdapat beberapa data pendukung yang tidak akurat.
(3)
|
Kesimpulan kurang jelas dan sebagian data
pendukung tidak akurat.
(2)
|
Kesimpulan tidak jelas dan tidak didukung
data yang akurat
(1)
|
Catatan:
centang (v) pada bagian yang memenuhi criteria.
Penilaian
: total nilai/9 x 10, contoh penilaian : 1,5 + 1 +4 +3/9 x10 = 12/9 x10 =8,5
Konversi Nilai
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
…….
|
A
|
Sangat
baik
|
…….
|
B
|
Baik
|
…….
|
C
|
Cukup
|
…….
|
D
|
Kurang
|
3. Daftar
periksa IPA, Bahasa Indonesia dan PPKn
Mata Pelajaran
|
Criteria
|
Sudah
|
Belum
|
IPA
|
Menuliskan contoh kegiatan
yang ada pada gambar
|
|
|
Menghubungkan kegiatan dan
sumber energy yang digunakan
|
|
|
|
Bahasa Indonesia dan PPKn
|
Menuliskan cerita tentang
penggunaan energy secara aman dan hemat dirumah.
|
|
|
Menuliskan ide-ide tentang
cara menggunakan alat-alat listrik dengan aman.
|
|
|
4.
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||||||||||||||
1.
|
|
Rasa ingin tahu
|
Jujur
|
Teliti
|
Hati-hati
|
Bertanggung jawab
|
|||||||||||||||
2.
|
…
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
3.
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
Siswa
yang telah menguasai konsep dapat diminta untuk membuat soal sendiri dan
bertukar soal dengan teman untuk dijawab.
…………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment