RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : ..................................................................................
Kelas/Semester : 1/1
Tema/Subtema : 2.KEGEMARANKU / 1.GEMAR BEROLAHRAGA
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 5 X 35 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
1.1
Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,
serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
3.1.1
Mengamati teks deskriptif tentang anggota
tubuh
4.1.1
Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota tubuh
Matematika
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan
benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang
ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
Indikator :
3.2.1
Menghitung benda hingga 20
3.2.2
Menyebutkan bilangan 1 sampai dengan 20
4.1.1
Mengidentifikasi banyak benda berdasarkan gambar
PPKn
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator :
3.2.1
Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
4.2.1
Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti kegiatan permainan di sekolah
PJOK
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengetahui
konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan,
arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional
4.1
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan menyimak, siswa mampu menyebutkan bagian-bagian tubuh yang terdapat dalam
teks melalui permainan kuda bisik dengan percaya diri.
2.
Dengan bertanya jawab siswa dapat menjelaskan cara bermain bulu tangkis dengan percaya
diri.
3.
Dengan membaca nyaring, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan santun.
4.
Dengan bertanya jawab siswa dapat mengidentifikasi aturan sederhana permainan sepak
bola dengan santun.
5.
Dengan bermain “kuda bisik” siswa dapat menunjukkan sikap tertib dengan
disiplin.
6.
Dengan mengamati gambar, siswa mampu membilang 1-20.
7.
Dengan kerja kelompok siswa mampu mengidentifikasi jumlah siswa berdasarkan olahraga
kesukaan dengan tepat.
D. Materi Pembelajaran
1.
Olahraga
bulu tangkis (Buku Siswa Halaman 13)
2.
Sepak
bola dan voli (Buku Siswa Halaman 14-15)
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Metode : Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
2.
Pendekatan : Saintific (mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan)
F.
Media, alat dan
sumber pelajaran
1.
Media : Kartu bergambar jenis olahraga dan alat olahraga
2.
Alat : Alat untuk bermain bulu
tangkis
3.
Sumber
Belajar : Buku siswa Tema 2 Kegemaranku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Halaman 13. -16.Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah
seorang siswa memimpin doa
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
3.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat
dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.
Guru mengingatkan kembali pembelajaran pada hari
sebelumnya
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa menyimak guru
membacakan teks pendek tentang bagian tubuh yang digunakan saat berolahraga.
2. Siswa bertanya jawab
seputar teks yang baru dibacakan.
3. Guru menjelaskan cara
bermain bulutangkis secara sederhana.
4. Siswa membaca nyaring
teks dengan bantuan guru lalu menjawab pertanyaan.
5. Kemudian siswa menyebutkan
kalimat tentang bagianbagian tubuh yang terdapat dalam teks.
6. Siswa mendengarkan
aturan permainan “Kuda Bisik”.
7. Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok.
• Siswa berbaris berbanjar
ke belakang dalam kelompok masing-masing.
• Satu perwakilan siswa
dari kelompok masingmasing berkumpul dan mendengarkan kalimat yang dibacakan
guru. Misalnya, “bulutangkis menggerakkan tubuh”.
• Setelah mendengar
aba-aba dari guru, setiap perwakilan siswa membisikkan kata-kata yang didengarnya
dari guru kepada teman di barisan paling depan.
• Kemudian siswa di
barisan paling depan
membisikkan kalimat tersebut kepada teman di belakangnya dan
seterusnya sampai kepada siswa yang berada di barisan paling belakangGuru
Kelas 1 SD
• Setelah selesai guru
meminta siswa di bagian paling belakang menyampaikan kalimat yang didengarnya
kepada guru.
• Guru mencatat dan
mengecek kebenaran jawaban dan meneliti kesalahan penyampaian dengan meminta
siswa mengulang apa yang telah dibisikkan pada teman.
8. Guru memberikan
apresiasi hasil kerja dan ketertiban masing-masing kelompok.
9. Permainan diulang
dengan guru membisikkan kalimatkalimat lain yang berhubungan dengan teks.
10. Perwakilan kelompok
harus dipilih secara bergilir.
11. Setelah waktu
permainan habis siswa diminta menyampaikan perasaan dan pendapatnya mengenai kegiatan
tersebut.
12.
Siswa melakukkan praktik permainan bulutangkis.
13.
Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru.
14.
Siswa bertanya jawab tentang isi teks.
15.
Siswa mengidentifikasi aturan sederhana permainan bola melalui diskusi, misalnya
satu tim sepak bola terdiri dari 11 pemainan.
16.
Usai bermain bola siswa mendengarkan penjelasan guru tentang belajar menghitung
bilangan 1-20.
• Guru memilih tiga siswa
berdasarkan olahraga kegemarannya.
• Misalnya, siswa pertama
gemar sepak bola, siswa kedua gemar bulu tangkis, dan siswa ketiga gemar
pencak silat.
• Siswa lainnya diminta
untuk bergabung dengan salah satu dari ketiga siswa tersebut.
• Siswa diminta menghitung
jumlah anggota pada kelompoknya dengan bersuara.
• Guru menuliskannya di
papan tulis, misalnya sepak bola = 11 siswa, bulu tangkis = 13 siswa, dan
pencak silat = 16 siswa.
17.
Permainan dapat diulang dengan kriteria yang berbeda, misalnya alat olahraga yang
paling disukai atau warna baju sepak bola yang paling disukai, dan seterusnya.
18.
Hal yang perlu diperhatikan adalah pembagian kelompok maksimal sebanyak tiga kelompok.
19.
Lakukan permainan ini berulang kali sehingga siswa punya banyak pengalaman dalam
menghitung bilangan lebih dari 10.
20.
Untuk membantu siswa menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan,
sebaiknya guru menuliskan lambang bilangan dari setiap jumlah anggota kelompok.
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan refleksi
dari kegiatan yanng sudah dilakukan
2.
Kegiatan ini diakhiri dengan meminta siswa
mengerjakan latihan di buku siswa.
|
10
Menit
|
H.Penilaian
1.Teknik Penilaian
a.Penilaian
Sikap : Tertib,
Percaya diri, dan santun
b.Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.Penilaian Keterampilan : Kerja/praktik
2.Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
NO
|
Nama
|
Percaya
diri
|
Tertib
|
Santun
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis
(lembar kerja di buku siswa)
c. Penilaian Keterampilan
Lembar
Pengamatan Kegiatan Permainan Kuda Bisik
No.
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1
|
Kemampuan
menyampaikan
kalimat yang
dibisikkan dengan
tepat dari
barisan kelompoknya
|
....
|
....
|
2
|
Siswa bersikap
aktif dalam
permainan Kuda
Bisik
|
....
|
....
|
Mengetahui
.................................................
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
................................................
..............................................
NIP....................................... NIP. ....................................
No comments:
Post a Comment