Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan    : ..................................................................................
Kelas/Semester          : 1/1
Tema/Subtema          : 2.KEGEMARANKU / 1.GEMAR BEROLAHRAGA
Pembelajaran            : 3
Alokasi Waktu           : 5 X 35 menit



A.  Kompetensi Inti (KI)
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
1.1    Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1  Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator :
3.1.1 Mengamati teks deskriptif  tentang anggota tubuh
4.1.1 Mempraktikkan  teks deskriptif  tentang anggota tubuh

Matematika
Kompetensi Dasar :
3.2  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1  Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf

Indikator :
3.2.1 Menghitung benda hingga 20
3.2.2 Menyebutkan bilangan 1 sampai dengan 20
4.1.1 Mengidentifikasi banyak benda berdasarkan gambar


PPKn
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Indikator :
3.2.1 Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
4.2.1 Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti kegiatan permainan di sekolah

PJOK
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan  usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau  tradisional

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menyimak, siswa mampu menyebutkan bagian-bagian tubuh yang terdapat dalam teks melalui permainan kuda bisik dengan percaya diri.
2. Dengan bertanya jawab siswa dapat menjelaskan cara bermain bulu tangkis dengan percaya diri.
3. Dengan membaca nyaring, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan santun.
4. Dengan bertanya jawab siswa dapat mengidentifikasi aturan sederhana permainan sepak bola dengan santun.
5. Dengan bermain “kuda bisik” siswa dapat menunjukkan sikap tertib dengan disiplin.
6. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membilang 1-20.
7. Dengan kerja kelompok siswa mampu mengidentifikasi jumlah siswa berdasarkan olahraga kesukaan dengan tepat.

D.  Materi Pembelajaran
1.      Olahraga bulu tangkis (Buku Siswa Halaman 13)
2.      Sepak bola dan voli (Buku Siswa Halaman 14-15)

E.  Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.    Metode              : Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
2.    Pendekatan        : Saintific (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan)

F.   Media, alat dan sumber pelajaran
1.    Media                : Kartu bergambar  jenis olahraga dan alat olahraga
2.    Alat                    : Alat untuk bermain bulu tangkis
3.    Sumber Belajar  : Buku siswa Tema 2 Kegemaranku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Halaman 13. -16.Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan













G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
2.    Guru mengecek kehadiran siswa
3.    Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.    Guru mengingatkan kembali pembelajaran pada hari sebelumnya
15 menit
Kegiatan Inti
1. Siswa menyimak guru membacakan teks pendek tentang bagian tubuh yang digunakan saat berolahraga.
2. Siswa bertanya jawab seputar teks yang baru dibacakan.
3. Guru menjelaskan cara bermain bulutangkis secara sederhana.
4. Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru lalu menjawab pertanyaan.
5. Kemudian siswa menyebutkan kalimat tentang bagianbagian tubuh yang terdapat dalam teks.
6. Siswa mendengarkan aturan permainan “Kuda Bisik”.
7. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
• Siswa berbaris berbanjar ke belakang dalam kelompok masing-masing.
• Satu perwakilan siswa dari kelompok masingmasing berkumpul dan mendengarkan kalimat yang dibacakan guru. Misalnya, “bulutangkis menggerakkan tubuh”.
• Setelah mendengar aba-aba dari guru, setiap perwakilan siswa membisikkan kata-kata yang didengarnya dari guru kepada teman di barisan paling depan.
• Kemudian siswa di barisan paling depan
membisikkan kalimat tersebut kepada teman di belakangnya dan seterusnya sampai kepada siswa yang berada di barisan paling belakangGuru Kelas 1 SD
• Setelah selesai guru meminta siswa di bagian paling belakang menyampaikan kalimat yang didengarnya kepada guru.
• Guru mencatat dan mengecek kebenaran jawaban dan meneliti kesalahan penyampaian dengan meminta siswa mengulang apa yang telah dibisikkan pada teman.
8. Guru memberikan apresiasi hasil kerja dan ketertiban masing-masing kelompok.
9. Permainan diulang dengan guru membisikkan kalimatkalimat lain yang berhubungan dengan teks.
10. Perwakilan kelompok harus dipilih secara bergilir.
11. Setelah waktu permainan habis siswa diminta menyampaikan perasaan dan pendapatnya mengenai kegiatan tersebut.
12. Siswa melakukkan praktik permainan bulutangkis.
13. Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru.
14. Siswa bertanya jawab tentang isi teks.
15. Siswa mengidentifikasi aturan sederhana permainan bola melalui diskusi, misalnya satu tim sepak bola terdiri dari 11 pemainan.
16. Usai bermain bola siswa mendengarkan penjelasan guru tentang belajar menghitung bilangan 1-20.
• Guru memilih tiga siswa berdasarkan olahraga kegemarannya.
• Misalnya, siswa pertama gemar sepak bola, siswa kedua gemar bulu tangkis, dan siswa ketiga gemar pencak silat.
• Siswa lainnya diminta untuk bergabung dengan salah satu dari ketiga siswa tersebut.
• Siswa diminta menghitung jumlah anggota pada kelompoknya dengan bersuara.
• Guru menuliskannya di papan tulis, misalnya sepak bola = 11 siswa, bulu tangkis = 13 siswa, dan pencak silat = 16 siswa.
17. Permainan dapat diulang dengan kriteria yang berbeda, misalnya alat olahraga yang paling disukai atau warna baju sepak bola yang paling disukai, dan seterusnya.
18. Hal yang perlu diperhatikan adalah pembagian kelompok maksimal sebanyak tiga kelompok.
19. Lakukan permainan ini berulang kali sehingga siswa punya banyak pengalaman dalam menghitung bilangan lebih dari 10.
20. Untuk membantu siswa menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan, sebaiknya guru menuliskan lambang bilangan dari setiap jumlah anggota kelompok.
150 menit
Penutup
1.    Guru mengarahkan siswa untuk melakukan refleksi dari kegiatan yanng sudah dilakukan
2.    Kegiatan ini diakhiri dengan meminta siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
10 Menit






H.Penilaian

1.Teknik Penilaian
a.Penilaian Sikap                       : Tertib, Percaya diri, dan santun
b.Penilaian Pengetahuan            : Tes Tertulis
c.Penilaian Keterampilan           : Kerja/praktik

2.Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap

NO
Nama
Percaya diri
Tertib
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4














b.   Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis (lembar kerja di buku siswa)

c. Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan Kuda Bisik

No.
Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1
Kemampuan menyampaikan
kalimat yang dibisikkan dengan
tepat dari barisan kelompoknya
....
....
2
Siswa bersikap aktif dalam
permainan Kuda Bisik
....
....







Mengetahui                                                                        .................................................
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas



................................................                                                ..............................................
      NIP.......................................                                                NIP. ....................................



No comments:

Post a Comment