RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
4 /1
Tema : 2. Selalu
Berhemat Energi
Sub Te ma :
1. Macam-macam
Sumber Energi
Pembelajaranke : 3
Alokasi waktu : 1 x pertemuan (6 x 35
menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.2 Memahami
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan danperkembangan
tubuh.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang
dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional.
IPA
3.4 Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.4
Menyajikan teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Matematika
3.11 Menunjukkan
pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan,
pengurangan, dan perkalian.
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
SBdP
3.3
Membedakan panjang-pendek bunyi, dan
tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan
badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
C.
INDIKATOR
PJOK
3.2.1 Melakukan
gerakan lari dasar lurus dan variasinya.
IPA
3.4.1
Menjelaskan melalui tulisan berbentuk
laporan tentang peranan sumber energi matahari dalam
kehidupan melalui kegiatan percobaan, pengamatan, analisa data dan menarik
kesimpulan.
4.6.1
Melaporkan hasil pengamatan tentang
pengaruh energi matahari bagi kehidupan manusia.
BAHASA
INDONESIA
4.4.1 Menyajikan
isi teks cerita petualangan tentang Ali si biji energi.
MATEMATIKA
3.11.1
Menerapkan konsep
persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan
perkalian.
4.1.1
Menyatakan persamaan antara sepasang
kalimat matematika.
SBdP
4.5.1
Menyanyikan dan membaca not angka lagu
menanam jagung disertai gerakan anggota badan sesuai tinggi rendah nada.
D.
TUJUAN
1.
Dengan kegiatan percobaan dan pengamatan
uji panas matahari, siswa mampumengidentifikasi pengaruh manfaat energi
matahari dalam kehidupan sehari-hari setelah kegiatan pencatatan data hasil
percobaan, analisa dan menarik kesimpulan.
2.
Dengan kegiatan berlatih mengerjakan
soal-soal, siswa mampu menerapkan konsep persamaan ekspresi sepasang kalimat
matematika menggunakan operasi hitung penambahan, pengurangan, dan perkalian
dengan benar.
3.
Dengan kegiatan membaca teks petualangan
tentang Ali si Biji Energi, siswa mampu menggali informasi tentang manfaat
energi matahari.
4.
Dengan kegiatan membaca teks petualangan
tentang Ali si Biji Energi, siswa mampu menyajikan dalam bentuk peta pikiran
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
5.
Dengan kegiatan variasi lari dan jalan
melalui lintasan lurus, zig-zag, dan berbelok-belok, siswa mampu mempraktikkan kombinasi
gerak dasar lari dan jalan dengan teknik yang benar.
6.
Dengan kegiatan gerak dan lagu, siswa
mampu menyanyikan dan membaca not angka lagu Menanam Jagung dengan gerak tangan
dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Gerak dasar lari dengan beberapa
variasi.
2. Energi Panas Matahari
Kesimpulan
dari hasil pengamatan :
a. Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas
matahari lebih cepat kering.
b.Tisu di panas matahari lebih cepat kering.
c. Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah
menguap karena panas matahari.
d. Tisu,
kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak terkena panas matahari sehingga penguapan air pada
benda-benda tersebut lebih lama.
e. Panas matahari mengeringkan benda-benda basah.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
G.
MEDIA, ALAT, SUMBER
1. Media dan alat :
Kertas
Koran, tisu, sapu tangan.
2. Sumber :
a. Dirianak, Lingkungankeluarga,
danLingkungansekolah.
b. BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta:KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
c. BukuPengembanganDiriAnak.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan
lagu yang relevan.
4.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Gerak Dasar Lari
1.
Mengawali
pembelajaran PJOK, siswa diajak untuk berdoa serta mempersiapkan diri dengan melakukan
pemanasan.
2.
Siswa
diajak melakukan gerak dasar lari dengan beberapa variasi seperti gambardi
buku siswa.
a. Gerak lurus;
b. Gerak zig-zag;
c. Gerak berbelok-belok.
3.
Siswa
melakukan lomba lari rintangan dengan mempraktikkan gerak dasar lari danvariasinya.
Perlengkapan yang dapat digunakan seperti kardus, bilah kayu, dan banbekas.
4.
Siswa
mengakhiri kegiatan olahraga dengan saling bersalam-salaman untuk menunjukkan
sikap sportif.
Energi Panas Matahari
5.
Komunikasikan
siswa bahwa mereka akan melakukan kegiatan untuk membuktikan pengaruh panas
matahari dalam kehidupan.
6.
iswa
dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dengan anggota paling banyak lima
orang, setiap kelompok akan melakukan dua jenis percobaan bersama-sama.
7.
Siswa
melakukan percobaan sesuai instruksi.
8.
Guru
berkeliling memastikan semua siswa memahami instruksi dan melakukan
langkahpercobaan dengan benar.
Kegiatan Alternatif ketika tidak
ada cahaya matahari.
9.
Jika
hari hujan, siswa dapat melakukan kegiatan observasi gambar-gambar tentang
manfaat panas matahari bagi kehidupan di bumi.
10.
Siswa
menuliskan paling sedikit lima kesimpulan dari hasil pengamatan :
a. Tisu, kertas, dan sapu tangan
yang dijemur di panas matahari lebih cepat kering.
b. Tisu di panas matahari lebih
cepat kering.
c. Air yang ada di tisu, kertas,
dan sapu tangan basah menguap karena panas matahari.
d. Tisu, kertas, dan
sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak terkena panas matahari sehingga enguapan air pada benda-benda
tersebut lebih
lama.
e. Panas matahari mengeringkan benda-benda
basah.
11. Siswa menyajikan/menuliskan kegiatan percobaan mereka
dalam bentuk laporan.
12. Komunikasikan pada siswa tentang cara mengisi laporan, Siswa
membaca teks tentang Ali Si Biji Energi.
13. Siswa menulis manfaat energi panas matahari bagi makhluk hidup
dalam bentuk peta pikiran.Bahan bacaaan tentang manfaat energi matahari.
(terlampir)
14. Siswa menyelesaikan latihan sepasang kalimat Matematika
berdasarkan contoh yang telah diberikan.
15. Saat siswa mengerjakan, guru berkeliling, memeriksa
pekerjaan mereka, pastikan siswa paham dan mengerjakan tugas tepat waktu.
Guru memotivasi siswa untuk bersemangat mengerjakan latihan.
16. Siswa menyanyikan lagu “Menanam Jagung” dengan gerak
tangan dan badan sesuaidengan tinggi rendah nada notasi yang benar.
17. Siswa membaca not angka lagu Menanam Jagung.
18. Siswa menulis manfaat energi panas matahari dan akibatnya
apabila energi itu tidak ada.
|
185
Menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa
menuliskan refleksi dari kegiatan : “Apa yang
kalian pelajari dari kegiatan hari ini? Kegiatan
apa yang paling kalian sukai? Mengapa? Kesulitan
apa yang kalian temuai? Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan
sehari-hari?” Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
2.
Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa
Bersyukur Atas Keberagaman.
3.
Tugas:
Siswa bercerita kepada orang tua tentang pengalamannya hari ini, serta
mendiskusikan apa saja yang perlu ia tingkatkan dan apa yang perlu ia
pertahankan.
4.
Siswa
juga dapat menuliskan cerita tersebut dan meminta orang tuanya memberi komentar.
5.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
I.
PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
a.
Penilain sikap: Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian
pengetahuan : tes tertulis
c.
Penilaian
Ketrampilan : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
- InstrumenPenilaian
1. Rubric
unjuk kerja IPA
Criteria
|
Bagus
sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih
lagi
|
Kelengkapan data tabel
hasil percobaan
|
Data terisi lengkap dan
sesuai dengan hasil percoban
(4)
|
Data tidak terisi lengkap
tetapi sesuai hasil percobaan
(3)
|
Data terisi lengkap tetapi
tidak sesuai dengan hasil percoban
(2)
|
Data
tidak terisi sama sekali
(1)
|
Kesimpulan
|
Menuliskan paling sedikit 4
kesimpulan yang benar berdasarkan hasil percobaan
(4)
|
Menuliskan paling sedikit 3
kesimpulan yang benar berdasarkan hasil percobaan
(3)
|
Menuliskan paling sedikit 2
kesimpulan yang benar berdasarkan hasil percobaan
(2)
|
Menuliskan
hanya 1 kesimpulan yang benar berdasarkan hasil percobaan
(1)
|
Sikap belajar
|
Menunjukkan sikap tertib,
mengikuti instruksi, dan mengerjakan setiap tahapan dengan benar.
(4)
|
Menunjukkan sikap tertib, mengikuti
instruksi, tetapi kurang tepat dalam mengerjakan beberapa tahapan dengan
benar.
(3)
|
Menunjukkan sikap tertib,
mengikuti instruksi, tetapi tahapan dalam
mengerjakan tahapan tidak benar.
(2)
|
Tidak
tertib dan tidak mengikuti instruksi.
(1)
|
12
Konversi Nilai
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
…….
|
A
|
Sangat
baik
|
…….
|
B
|
Baik
|
…….
|
C
|
Cukup
|
…….
|
D
|
Kurang
|
2. Penilaian
pengetahuan MATEMATIKA
No
|
Kalimat
Matematika
|
B/S
|
Alasan
|
1.
|
3 X 1 + 2 = 2 X 1 + 3
|
|
|
2.
|
8 X 4 – 5 = 8 + 4 X 5
|
|
|
3.
|
5 X 7 – 5 = 10 + 5 X 4
|
|
|
4.
|
10 – 2 X 3 = 3 X 10 – 2
|
|
|
5.
|
6 + 4 –X 3 = 8 X 5 -10
|
|
|
3. Daftar
periksa SBdP
Criteria
|
keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Suara
jelas terdengar
|
|
|
Berani
dan percaya diri
|
|
|
Mampu
bernyanyi dan membaca teks
|
|
|
Mampu bernyanyi sesuai
dengan tinggi rendah nada
|
|
|
4. Daftar
periksa Bahasa Indonesia
Criteria
|
keterangan
|
|
Sudah
|
belum
|
|
Sudah menuliskan manfaat
matahari dari teks yang ada
|
|
|
Sudah
menuliskan manfaat matahari dari kehidupan sehari-hari.
|
|
|
5. Daftar
periksa PJOK
Criteria
|
keterangan
|
|
sudah
|
belum
|
|
Lari/jalan
kedepan
|
|
|
Lari/jalan
kebelakang
|
|
|
Lari
angkat paha
|
|
|
Lari/jalan silang kesamping
|
|
|
Lari
langkah kuda
|
|
|
Lari/
jalan membawa benda
|
|
|
Lari / jalan lintasan
berkelok
|
|
|
Lari/
jalan naik turun tangga
|
|
|
6. Penilaian
sikap
No
|
Nama
|
Perubahan tingkah laku
|
|||||||||||
Rasa ingin
tahu
|
Tekun
|
Teliti
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
|
………….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
………….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
Siswa melakukan percobaan menanam biji kacang hijau
atau biji lainnya di dua tempat yang berbed, di tempat terang yang terkena
sinar matahari dan di tempat gelap. Siswa diminta untuk mengamati perbedaan dan
membuat kesimpulan.
…………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment