Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : 
Kelas / Semester          :  4 /1
Tema                           : 2. Selalu Berhemat Energi
Sub Te ma                   : 1. Macam-macam Sumber Energi
Pembelajaranke           : 3
  Alokasi waktu             : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI
1.         Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.2      Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan danperkembangan tubuh.
4.1      Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional.

IPA
3.4      Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6      Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

Bahasa Indonesia
3.4      Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4      Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Matematika
3.11    Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian.
4.1      Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.

SBdP
3.3      Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5            Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.

C.    INDIKATOR

PJOK
3.2.1     Melakukan gerakan lari dasar lurus dan variasinya.

IPA
3.4.1     Menjelaskan melalui tulisan berbentuk laporan tentang peranan sumber energi matahari dalam kehidupan melalui kegiatan percobaan, pengamatan, analisa data dan menarik kesimpulan.
4.6.1     Melaporkan hasil pengamatan tentang pengaruh energi matahari bagi kehidupan manusia.

BAHASA INDONESIA
4.4.1     Menyajikan isi teks cerita petualangan tentang Ali si biji energi.

MATEMATIKA
3.11.1  Menerapkan konsep persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian.
4.1.1     Menyatakan persamaan antara sepasang kalimat matematika.

SBdP
4.5.1     Menyanyikan dan membaca not angka lagu menanam jagung disertai gerakan anggota badan sesuai tinggi rendah nada.

D.    TUJUAN
1.      Dengan kegiatan percobaan dan pengamatan uji panas matahari, siswa mampumengidentifikasi pengaruh manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari setelah kegiatan pencatatan data hasil percobaan, analisa dan menarik kesimpulan.
2.      Dengan kegiatan berlatih mengerjakan soal-soal, siswa mampu menerapkan konsep persamaan ekspresi sepasang kalimat matematika menggunakan operasi hitung penambahan, pengurangan, dan perkalian dengan benar.
3.      Dengan kegiatan membaca teks petualangan tentang Ali si Biji Energi, siswa mampu menggali informasi tentang manfaat energi matahari.
4.      Dengan kegiatan membaca teks petualangan tentang Ali si Biji Energi, siswa mampu menyajikan dalam bentuk peta pikiran dengan memilih dan memilah kosakata baku.
5.      Dengan kegiatan variasi lari dan jalan melalui lintasan lurus, zig-zag, dan berbelok-belok, siswa mampu mempraktikkan kombinasi gerak dasar lari dan jalan dengan teknik yang benar.
6.      Dengan kegiatan gerak dan lagu, siswa mampu menyanyikan dan membaca not angka lagu Menanam Jagung dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Gerak dasar lari dengan beberapa variasi.
2.      Energi Panas Matahari
Kesimpulan dari hasil pengamatan :
a. Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat kering.
b.Tisu di panas matahari lebih cepat kering.
c. Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas matahari.
d.       Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak terkena panas matahari sehingga penguapan air pada benda-benda tersebut lebih lama.
e. Panas matahari mengeringkan benda-benda basah.

F.     PENDEKATAN & METODE

1.      Pendekatan            : Scientific
2.      Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    MEDIA, ALAT, SUMBER
1.      Media dan alat      : Kertas Koran, tisu, sapu tangan.
2.      Sumber                  :
a.       Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
b.      BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
c.       BukuPengembanganDiriAnak.



H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
menit
Kegiatan
Inti
Gerak Dasar Lari
1.      Mengawali pembelajaran PJOK, siswa diajak untuk berdoa serta mempersiapkan diri dengan melakukan pemanasan.
2.      Siswa diajak melakukan gerak dasar lari dengan beberapa variasi seperti gambardi buku siswa.
a. Gerak lurus;
b. Gerak zig-zag;
c. Gerak berbelok-belok.
3.      Siswa melakukan lomba lari rintangan dengan mempraktikkan gerak dasar lari danvariasinya. Perlengkapan yang dapat digunakan seperti kardus, bilah kayu, dan banbekas.
4.      Siswa mengakhiri kegiatan olahraga dengan saling bersalam-salaman untuk menunjukkan sikap sportif.
Energi Panas Matahari
5.      Komunikasikan siswa bahwa mereka akan melakukan kegiatan untuk membuktikan pengaruh panas matahari dalam kehidupan.
6.      iswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dengan anggota paling banyak lima orang, setiap kelompok akan melakukan dua jenis percobaan bersama-sama.
7.      Siswa melakukan percobaan sesuai instruksi.
8.      Guru berkeliling memastikan semua siswa memahami instruksi dan melakukan langkahpercobaan dengan benar.
Kegiatan Alternatif ketika tidak ada cahaya matahari.
9.      Jika hari hujan, siswa dapat melakukan kegiatan observasi gambar-gambar tentang manfaat panas matahari bagi kehidupan di bumi.
10.  Siswa menuliskan paling sedikit lima kesimpulan dari hasil pengamatan :
a.    Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat kering.
b.   Tisu di panas matahari lebih cepat kering.
c.    Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas matahari.
d.   Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak terkena panas matahari sehingga enguapan air pada benda-benda tersebut lebih lama.
e.    Panas matahari mengeringkan benda-benda basah.
11.  Siswa menyajikan/menuliskan kegiatan percobaan mereka dalam bentuk laporan.
12.  Komunikasikan pada siswa tentang cara mengisi laporan, Siswa membaca teks tentang Ali Si Biji Energi.
13.   Siswa menulis manfaat energi panas matahari bagi makhluk hidup dalam bentuk peta pikiran.Bahan bacaaan tentang manfaat energi matahari. (terlampir)
14.  Siswa menyelesaikan latihan sepasang kalimat Matematika berdasarkan contoh yang telah diberikan.
15.  Saat siswa mengerjakan, guru berkeliling, memeriksa pekerjaan mereka, pastikan siswa paham dan mengerjakan tugas tepat waktu. Guru memotivasi siswa untuk bersemangat mengerjakan latihan.
16.  Siswa menyanyikan lagu “Menanam Jagung” dengan gerak tangan dan badan sesuaidengan tinggi rendah nada notasi yang benar.
17.  Siswa membaca not angka lagu Menanam Jagung.
18.  Siswa menulis manfaat energi panas matahari dan akibatnya apabila energi itu tidak ada.
185
Menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini? Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa? Kesulitan apa yang kalian temuai? Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
2.      Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa
Bersyukur Atas Keberagaman.
3.      Tugas: Siswa bercerita kepada orang tua tentang pengalamannya hari ini, serta mendiskusikan apa saja yang perlu ia tingkatkan dan apa yang perlu ia pertahankan.
4.      Siswa juga dapat menuliskan cerita tersebut dan meminta orang tuanya memberi komentar.
5.      Salam dan doa penutup.
    15
menit


I.       PENILAIAN
  1. ProsedurPenilaian
a.    Penilain sikap: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak  dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.   Penilaian pengetahuan   : tes tertulis
c.    Penilaian Ketrampilan    : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.

  1. InstrumenPenilaian

1.      Rubric unjuk kerja IPA
Criteria
Bagus sekali
Bagus
Cukup
Berlatih lagi
Kelengkapan data tabel hasil percobaan
Data terisi lengkap dan sesuai dengan hasil percoban
(4)
Data tidak terisi lengkap tetapi sesuai hasil percobaan
(3)
Data terisi lengkap tetapi tidak sesuai dengan hasil percoban
(2)
Data tidak terisi sama sekali


(1)

Kesimpulan
Menuliskan paling sedikit 4 kesimpulan yang benar berdasarkan hasil percobaan
(4)
Menuliskan paling sedikit 3 kesimpulan yang benar berdasarkan hasil percobaan
(3)
Menuliskan paling sedikit 2 kesimpulan yang benar berdasarkan hasil percobaan
(2)
Menuliskan hanya 1 kesimpulan yang benar berdasarkan hasil percobaan
(1)
Sikap belajar
Menunjukkan sikap tertib, mengikuti instruksi, dan mengerjakan setiap tahapan dengan benar.
(4)
Menunjukkan sikap tertib, mengikuti instruksi, tetapi kurang tepat dalam mengerjakan beberapa tahapan dengan benar.
(3)
Menunjukkan sikap tertib, mengikuti instruksi, tetapi tahapan dalam  mengerjakan tahapan tidak benar.
(2)
Tidak tertib dan tidak mengikuti instruksi.



(1)
Penilain = 4+4+4 x 10 = 12/12 x 10 = 10
                    12




Konversi  Nilai

Predikat
Klasifikasi
…….
A
Sangat baik
…….
B
Baik
…….
C
Cukup
…….
D
Kurang

2.      Penilaian pengetahuan MATEMATIKA

No
Kalimat Matematika
B/S
Alasan
1.
3 X 1 + 2 = 2 X 1 + 3


2.
8 X 4 – 5 = 8 + 4 X 5


3.
5 X 7 – 5 = 10 + 5 X 4


4.
10 – 2 X 3 = 3 X 10 – 2


5.
6 + 4 –X 3 = 8 X 5 -10









3.      Daftar periksa SBdP
Criteria
keterangan
Sudah
Belum
Suara jelas terdengar


Berani dan percaya diri


Mampu bernyanyi dan membaca teks


Mampu bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada



4.      Daftar periksa Bahasa Indonesia
Criteria
keterangan
Sudah
belum
Sudah menuliskan manfaat matahari dari teks yang ada


Sudah menuliskan manfaat matahari dari kehidupan sehari-hari.



5.      Daftar periksa PJOK

Criteria
keterangan
sudah
belum
Lari/jalan kedepan


Lari/jalan kebelakang


Lari angkat paha


Lari/jalan silang kesamping


Lari langkah kuda


Lari/ jalan membawa benda


Lari / jalan lintasan berkelok


Lari/ jalan naik turun tangga



6.      Penilaian sikap
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Rasa ingin tahu
Tekun
Teliti
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….













………….













…………..















Pengayaan
Siswa melakukan percobaan menanam biji kacang hijau atau biji lainnya di dua tempat yang berbed, di tempat terang yang terkena sinar matahari dan di tempat gelap. Siswa diminta untuk mengamati perbedaan dan membuat kesimpulan.





…………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP



No comments:

Post a Comment