RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : ..................................................................................
Kelas/Semester : 1/1
Tema/Subtema : 2.KEGEMARANKU / 1.GEMAR BEROLAHRAGA
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 5 X 35 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar :
3.1. Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
3.3 Mengenal
teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi degan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
4.3 Menyampaikan
teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
3.1.1
Mengidentifikasi teks deskriptif tentang anggota tubuh
3.3.1
Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota tubuh
4.1.1
Mengidentifikasi teks terima kasih
4.3.1
Mempraktikkan kegiatan terima kasih sesuai teks
PJOK
Kompetensi Dasar
:
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar
lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang
gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar
lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang
gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
Indikator
:
3.1.1
Mengidentifikasi gerak lari sebagai gerak lokomotor
4.1.1
Melakukan gerak lokomotor (berlari)
PPKn
Kompetensi Dasar
:
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator :
3.2.1
Menyebutkan sikap-sikap baik dalam permainan olahraga
4.2.1
Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan olahraga
SBDP
Kompetensi Dasar
:
3.1 Mengenal
cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7 Menyajikan lagu
anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi
syair sebuah lagu
4.7.1
Menyanyikan
lagu “Terima Kasih Guruku”
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan
mengamati teks siswa dapat menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota
tubuh dengan santun.
2. Dengan
menyimak guru membaca teks, siswa dapat membaca nyaring teks dengan percaya
diri.
3. Dengan
melakukan kegiatan praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan apa yang dirasakan
setelah praktik olahraga dengan percaya diri.
4. Dengan menjelaskan
apa yang dirasakan setelah praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan perbedaan
tubuh sebelum dan sesaat setelah berolahraga melalui gambar dengan tertib.
5. Dengan
bertanya jawab, siswa mampu menjelaskan sikap tertib dan patuh pada aturan
dengan santun.
6. Dengan
menyimak teks, siswa dapat mengucapkan terima kasih dengan santun.
7. Dengan
mengamati syair lagu “Terima Kasih Guruku” siswa mampu mengidentifikasi pentingnya
berterima kasih dengan santun.
8. Dengan
memperhatikan contoh dari guru, siswa mampu menyanyikan lagu “Terima Kasih
Guruku” dengan percaya diri.
9. Dengan
mendengarkan petunjuk guru siswa dapat menyebutkan cara berlari dengan santun.
10.
Dengan menyebutkan cara berlari, siswa dapat praktik berlari dengan tertib.
D. Materi Pembelajaran
1.
Mengenal
organ dalam tubuh (Buku Siswa Halaman 17)
2.
Manfaat
olahraga (Buku Siswa Halaman 18-19)
3.
Sikap
yang baik dalam berolahraga (Buku SiswaHalaman 20)
4.
Lagu
“Terima Kasihku” (Buku Siswa Halaman 21)
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Metode : Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
2.
Pendekatan : Saintific (mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan)
F.
Media, alat dan
sumber pelajaran
1.
Media : Lagu terima kasihku
2.
Alat : Sepatu dan baju olahraga
3.
Sumber
Belajar : Buku siswa Tema 2 Kegemaranku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Halaman 17-21..Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah
seorang siswa memimpin doa
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
3.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat
dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.
Guru mengingatkan kembali pembelajaran pada hari
sebelumnya
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa bertanya jawab dengan bantuan guru tentang kesukaan berolahraga,
manfaat berolahraga dan yang dirasakan siswa setelah berolahraga.
2.
Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pengalamannya.
3.
Siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang diungkapkan dengan bimbingan guru.
4.
Guru membacakan teks di buku siswa.
5.
Siswa membaca nyaring teks.
6.
Siswa menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota tubuh berdasarkan teks
yang dibaca.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru bagaimana olahraga membuat tubuh kita sehat.
Dengan berolahraga, jantung dan paru-paru kita bertambah kuat.
8.
Untuk mengaitkan penjelasan ini dengan hal yang konkret, siswa diminta untuk
melakukan percobaan sederhana dengan berlari.
9.
Guru menjelaskan aturan berlari mengelilingi lapangan. Berlari dengan tertib
dan tidak perlu tergesa-gesa. Siswa diminta mengenakan sepatu dan baju
olahraga.
10.
Siswa diminta untuk mengamati nafasnya masing-masing dengan cara memegang
dada sebelah kiri.
11.
Lalu, siswa diminta untuk memegang dada di sebelah kiri tempat jantung
berada.
12.
Siswa diminta menceritakan yang mereka rasakan.
13.
Guru membawa siswa ke luar kelas.
14.
Siswa berlari keliling lapangan sebanyak dua putaran (bisa lebih bergantung
dari luasnya lapangan sekolah).
15.
Setelah selesai, siswa diminta untuk memegang ddanya kembali dan mengamati
perbedaannya dengan sebelum melakukan kegiatan berlari.
16.
Siswa juga mengamati embusan napasnya sendiri.
17.
Siswa diminta untuk menceritakan perbandingan hasil pengamatan sebelum dan
setelah melakukan kegiatan berlari secara bergantian.
18.
Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan bimbingan guru.
19.
Siswa menyimpulkan kaitan antara berolahraga dengan melatih jantung dan
paru-paru kita supaya kuat. Jantung memiliki fungsi yang penting, yaitu
memompa darah.
20.
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri usai berolahraga melalui gambar.
21.
Usai memperagakan latihan, siswa menyimak guru yang membacakan teks pendek
yang ada di buku siswa.
22.
Siswa bertanya jawab sikap-sikap apa yang diperlukan saat bermain bulu
tangkis bersama (antara lain sportif, menghargai lawan, santun, mengikuti
aturan).
23.
Siswa mendiskusikan jawaban-jawabannya dengan didampingi guru.
24.
Siswa mendengarkan penjelasan lanjutan tentang pentingnya menaati peraturan,
menjaga sopan santun, dan menghormati orang lain dalam kehidupan seharihari.
25.
Siswa menyimak bahwa salah satu bentuk menghargai orang lain dan bersikap
sopan adalah dengan cara berterima kasih. Terima kasih bisa diungkapkan
kepada manusia dan Tuhan. Terima kasih kepada Tuhan untuk mengungkapkan rasa
syukur atas anugerah yang diberikannya kepada kita. Terima kasih kepada
manusia disampaikan karena mereka sudah memberi kebaikan untuk kita.
26.
Guru menjelaskan saat yang tepat untuk mengucapkan terima kasih di antaranya:
27.
Saat orang lain telah membantu.
28.
Saat orang lain mengucapkan selamat atas prestasi yang telah kita capai.
29.
Saat orang lain memuji kita (intinya saat orang lain berbuat baik pada kita).
30.
Guru memberikan contoh situasi kepada siswa, misalnya salah satu siswa
membantu saat siswa lain jatuh dari sepeda.
31.
Siswa mendengarkan penjelasan cara mempraktikkan berterima kasih.
32.
Siswa berpasangan untuk bermain peran.
33.
Siswa pertama membantu sesuatu/memberikan pujian/ kebaikan lainnya. Siswa kedua
mengucapkan terima kasih.
34.
Kegiatan selanjutnya bertukar peran, siswa kedua melakukan sesuatu untuk
siswa pertama, siswa pertama mengucapkan terima kasih.
35.
Kegiatan dilakukan beberapa kali dengan pasangan yang berbeda-beda.
36.
Siswa diajak menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku mengikuti guru.
37.
Selanjutnya siswa diminta mengamati gambar yang ada pada buku siswa dan
diminta untuk memilih gambar yang menunjukkan sikap baik.
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan refleksi
dari kegiatan yang sudah dilakukan
|
10 Menit
|
H.Penilaian
1.Teknik Penilaian
a.Penilaian
Sikap : Tertib,
Percaya diri, dan santun
b.Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.Penilaian Keterampilan : Kerja/praktik
2.Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
NO
|
Nama
|
Percaya
diri
|
Tertib
|
Santun
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis
(lembar kerja di buku siswa)
c. Penilaian Keterampilan
Lembar
Pengamatan Kegiatan Berlari dan Menceritakan Hasil Pengamatan
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1
|
Partisipasi
siswa mengikuti instruksi
guru untuk
berlatih
|
....
|
....
|
2
|
Kemampuan
siswa menceritakan
hasil
pengamatan
|
....
|
....
|
3
|
Mengikuti
kegiatan berlari dengan
antusias
|
....
|
....
|
Mengetahui
.................................................
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
................................................
..............................................
NIP....................................... NIP. ....................................
No comments:
Post a Comment