Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan    : ..................................................................................
Kelas/Semester          : 1/1
Tema/Subtema          : 2.KEGEMARANKU / 1.GEMAR BEROLAHRAGA
Pembelajaran            : 4
Alokasi Waktu           : 5 X 35 menit



A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :

3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi degan kosakata bahasa daerah untuk membantu  pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi teks deskriptif tentang anggota tubuh
3.3.1 Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota tubuh
4.1.1 Mengidentifikasi teks terima kasih
4.3.1 Mempraktikkan kegiatan terima kasih sesuai teks


PJOK
Kompetensi Dasar :

3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi gerak lari sebagai gerak lokomotor
4.1.1  Melakukan gerak lokomotor (berlari)

PPKn
Kompetensi Dasar :

3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Indikator :
3.2.1 Menyebutkan sikap-sikap baik dalam permainan olahraga
4.2.1 Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan olahraga

SBDP
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7 Menyajikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi syair sebuah lagu
4.7.1   Menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku”

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan mengamati teks siswa dapat menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota tubuh dengan santun.
2. Dengan menyimak guru membaca teks, siswa dapat membaca nyaring teks dengan percaya diri.
3. Dengan melakukan kegiatan praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan apa yang dirasakan setelah praktik olahraga dengan percaya diri.
4. Dengan menjelaskan apa yang dirasakan setelah praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan perbedaan tubuh sebelum dan sesaat setelah berolahraga melalui gambar dengan tertib.
5. Dengan bertanya jawab, siswa mampu menjelaskan sikap tertib dan patuh pada aturan dengan santun.
6. Dengan menyimak teks, siswa dapat mengucapkan terima kasih dengan santun.
7. Dengan mengamati syair lagu “Terima Kasih Guruku” siswa mampu mengidentifikasi pentingnya berterima kasih dengan santun.
8. Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa mampu menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku” dengan percaya diri.
9. Dengan mendengarkan petunjuk guru siswa dapat menyebutkan cara berlari dengan santun.
10. Dengan menyebutkan cara berlari, siswa dapat praktik berlari dengan tertib.





D.  Materi Pembelajaran
1.      Mengenal organ dalam tubuh (Buku Siswa Halaman 17)
2.      Manfaat olahraga (Buku Siswa Halaman 18-19)
3.      Sikap yang baik dalam berolahraga (Buku SiswaHalaman 20)
4.      Lagu “Terima Kasihku” (Buku Siswa Halaman 21)

E.  Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.    Metode              : Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
2.    Pendekatan        : Saintific (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan)

F.   Media, alat dan sumber pelajaran
1.    Media                : Lagu terima kasihku
2.    Alat                    : Sepatu dan baju olahraga
3.    Sumber Belajar  : Buku siswa Tema 2 Kegemaranku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Halaman 17-21..Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
2.    Guru mengecek kehadiran siswa
3.    Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.    Guru mengingatkan kembali pembelajaran pada hari sebelumnya
15 menit
Kegiatan Inti
1. Siswa bertanya jawab dengan bantuan guru tentang kesukaan berolahraga, manfaat berolahraga dan yang dirasakan siswa setelah berolahraga.
2. Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pengalamannya.
3. Siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang diungkapkan dengan bimbingan guru.
4. Guru membacakan teks di buku siswa.
5. Siswa membaca nyaring teks.
6. Siswa menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota tubuh berdasarkan teks yang dibaca.
7. Siswa menyimak penjelasan guru bagaimana olahraga membuat tubuh kita sehat. Dengan berolahraga, jantung dan paru-paru kita bertambah kuat.
8. Untuk mengaitkan penjelasan ini dengan hal yang konkret, siswa diminta untuk melakukan percobaan sederhana dengan berlari.
9. Guru menjelaskan aturan berlari mengelilingi lapangan. Berlari dengan tertib dan tidak perlu tergesa-gesa. Siswa diminta mengenakan sepatu dan baju olahraga.
10. Siswa diminta untuk mengamati nafasnya masing-masing dengan cara memegang dada sebelah kiri.


11. Lalu, siswa diminta untuk memegang dada di sebelah kiri tempat jantung berada.
12. Siswa diminta menceritakan yang mereka rasakan.
13. Guru membawa siswa ke luar kelas.
14. Siswa berlari keliling lapangan sebanyak dua putaran (bisa lebih bergantung dari luasnya lapangan sekolah).
15. Setelah selesai, siswa diminta untuk memegang ddanya kembali dan mengamati perbedaannya dengan sebelum melakukan kegiatan berlari.
16. Siswa juga mengamati embusan napasnya sendiri.
17. Siswa diminta untuk menceritakan perbandingan hasil pengamatan sebelum dan setelah melakukan kegiatan berlari secara bergantian.
18. Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan bimbingan guru.
19. Siswa menyimpulkan kaitan antara berolahraga dengan melatih jantung dan paru-paru kita supaya kuat. Jantung memiliki fungsi yang penting, yaitu memompa darah.
20. Siswa mengidentifikasi ciri-ciri usai berolahraga melalui gambar.
21. Usai memperagakan latihan, siswa menyimak guru yang membacakan teks pendek yang ada di buku siswa.
22. Siswa bertanya jawab sikap-sikap apa yang diperlukan saat bermain bulu tangkis bersama (antara lain sportif, menghargai lawan, santun, mengikuti aturan).
23. Siswa mendiskusikan jawaban-jawabannya dengan didampingi guru.
24. Siswa mendengarkan penjelasan lanjutan tentang pentingnya menaati peraturan, menjaga sopan santun, dan menghormati orang lain dalam kehidupan seharihari.
25. Siswa menyimak bahwa salah satu bentuk menghargai orang lain dan bersikap sopan adalah dengan cara berterima kasih. Terima kasih bisa diungkapkan kepada manusia dan Tuhan. Terima kasih kepada Tuhan untuk mengungkapkan rasa syukur atas anugerah yang diberikannya kepada kita. Terima kasih kepada manusia disampaikan karena mereka sudah memberi kebaikan untuk kita.
26. Guru menjelaskan saat yang tepat untuk mengucapkan terima kasih di antaranya:
27. Saat orang lain telah membantu.
28. Saat orang lain mengucapkan selamat atas prestasi yang telah kita capai.
29. Saat orang lain memuji kita (intinya saat orang lain berbuat baik pada kita).
30. Guru memberikan contoh situasi kepada siswa, misalnya salah satu siswa membantu saat siswa lain jatuh dari sepeda.
31. Siswa mendengarkan penjelasan cara mempraktikkan berterima kasih.
32. Siswa berpasangan untuk bermain peran.
33. Siswa pertama membantu sesuatu/memberikan pujian/ kebaikan lainnya. Siswa kedua mengucapkan terima kasih.
34. Kegiatan selanjutnya bertukar peran, siswa kedua melakukan sesuatu untuk siswa pertama, siswa pertama mengucapkan terima kasih.
35. Kegiatan dilakukan beberapa kali dengan pasangan yang berbeda-beda.
36. Siswa diajak menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku mengikuti guru.
37. Selanjutnya siswa diminta mengamati gambar yang ada pada buku siswa dan diminta untuk memilih gambar yang menunjukkan sikap baik.
150 menit
Penutup
1.    Guru mengarahkan siswa untuk melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan
10 Menit


H.Penilaian

1.Teknik Penilaian
a.Penilaian Sikap                       : Tertib, Percaya diri, dan santun
b.Penilaian Pengetahuan            : Tes Tertulis
c.Penilaian Keterampilan           : Kerja/praktik



2.Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap

NO
Nama
Percaya diri
Tertib
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4















b.   Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis (lembar kerja di buku siswa)

c. Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan Berlari dan Menceritakan Hasil Pengamatan

No
Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1
Partisipasi siswa mengikuti instruksi
guru untuk berlatih
....
....
2
Kemampuan siswa menceritakan
hasil pengamatan
....
....
3
Mengikuti kegiatan berlari dengan
antusias
....
....



Mengetahui                                                                        .................................................
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas



................................................                                                ..............................................
      NIP.......................................                                                NIP. ....................................


No comments:

Post a Comment