RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema : 2 / Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 1 / Macam-macam
Sumber Energi
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 x
pertemuan (6 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4 Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh
oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
MATEMATIKA
3.1 Menunjukkan
pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan,
pengurangan, dan perkalian.
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
BAHASA
INDONESIA
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.2
Menerangkan dan mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat
teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
C. INDIKATOR
IPA
3.4.1
Melaporkan hasil
pengamatan tentang manfaat benda- benda elektronik
4.7.1 Melaporkan
hasil pengamatan tentang manfaat sumber energy listrik bagi kehidupan
manusia.
MATEMATIKA
3.3.1 Mengaplikasikan
pemahaman persamaan ekspresi matematika dalam operasi hitung penjumlahan,
pengurangan, dan perkalian.
BAHASA
INDONESIA
4.1.1
Menyajikan laporan hasil pengamatan
tentang pemanfaatan bentuk energi listrik menggunakan bahasa Indonesia.
4.1.2
Menerangkan secara lisan dan tulisan
tentang manfaat dan cara pemakaian benda-benda elektronik
secara mandiri menggunakan bahasa Indonesia.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan
hasil pengamatan tentang manfaat benda-benda elektronik.
2.
Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan
hasil pengamatan tentang manfaat sumber energi listrik bagi kehidupan manusia.
3.
Dengan kegiatan eksplorasi mengerjakan
soal-soal latihan hitung campur, siswa mampu mengaplikasikan konsep persamaan
ekspresi kalimat matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan
perkalian secara benar.
4.
Dengan kegiatan eksplorasi, siswa mampu
menyajikan teks laporan hasil pengamatan dalam bentuk tabel tentang manfaat
benda-benda elektronik dan perubahan bentuk energi listrik dengan benar.
5.
Setelah kegiatan pengamatan terhadap
benda-benda elektronik , siswa mampu menyajikan dan menerangkan teks
arahan/petunjuk tentang cara pengunaan bendabenda elektronik dengan benar dalam
bentuk buklet.
E.
MATERI AJAR
1.
Energi Listrik.
2.
Peranan
arus listrik dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Kegunaan
dan perubahan bentuk energi.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, dan Ceramah.
G.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media dan alat :
Kertas ukuran HVS/A3, Pensil warna, Spidol warna untuk buklet.
2.
Sumber :
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.
BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa.
3. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan
lagu yang relevan.
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis
anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Di awal pembelajaran, siswa diajak
mengamati lampu di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan memadamkan lampu tersebut lewat
saklar yang ada.
2. Guru mengajukan pertanyaan,
(tuliskan jawaban siswa di papan tulis)
3. Guru mengajukan pertanyaan
terbuka: “Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari? Adakah
manfaatnya?”
4. Siswa melakukan pengamatan pada
benda-benda elektronik di sekitar sekolah, mengidentifikasi kegunaan dan
perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil pengamatan dalam bentuk tabel.
5. Siswa menarik kesimpulan tentang
kegunaan benda serta hubungannya dengan arus listrik yang merupakan salah
satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa pertanyaan:
6.
Guru
mengkonfirmasikan kesimpulan dengan teori yang ada.
7.
Pada
Kesimpulan yang diharapkan:
a.
Benda-benda elektronik memiliki kegunaan untuk
mempermudah kehidupan manusia.
b.
Benda-benda elektronik dapat menjalankan
fungsinya jika dialiri arus listrik.
c.
Arus listrik merupakan salah satu bentuk energi
karena menyebabkan benda-bendaelektronik bekerja/berfungsi.
d.
Arus listrik bermanfaat dalam kehidupan
sehari-hari, yaitu mempermudah kehidupan manusia.
8. Pemakaian energi listrik di
rumah-rumah dihitung berdasarkan banyaknya daya yang dipakai dalam selang waktu tertentu, yang
pada umumnya dihitung tiap bulan melalui rekening listrik yang dikeluarkan PLN.
Dalam hal ini PLN menggunakan ukuran kilo watt jam atau
disingkat KWH.
Besarnya : 1 KWH = 1000 watt jam. Pemakaian energi listrik
ini dihitung berdasarkan pemakaian daya, misalnya lampu, televisi, radio,
mesin cuci dan sebagainya dalam selang waktu satu bulan.
Andaikan kita menggunakan daya tiap hari untuk lampu
setara 50 watt, televisi, 150 watt,
mesin cuci 300 watt, maka dalam satu hari kita menggunakan
daya tiap hari 500 watt, dalam
30 hari kita menggunakan energi listrik sebanyak 500 watt
x 30 hari = 15000 watthari = 15
KWH. Apabila tarif energi listrik pemakaian tiap KWH
Rp2000,-
Jumlah dana yang dibayarkan adalah 15 x Rp2000,- =
Rp30.000,-
9.
Sebelum
mengenal sepasang ekspresi kalimat Matematika, Siswa bereksplorasi untuk mengetahui cara menghitung operasi
campuran dan mengerjakan soal latihan dengan memperhatikan sifat operasi hitung bilangan, yaitu:
a. Operasi penjumlahan dan perkalian,
lakukan operasi perkalian terlebih dahulu.
b. Operasi pengurangan dan perkalian,
lakukan operasi perkalian terlebih dahulu
10. Guru membawa beberapa contoh
buklet, informasikan bahwa teks tersebut bernama “buklet/pamflet” tunjukkan pada siswa dan minta
siswa untuk mengamati buklet tersebut.
11. Siswa berkreasi membuat buklet
yang berisi informasi tentang benda-benda elektronik yang mereka ketahui.
12. Siswa bisa menggunakan data hasil
pengamatan pada kegiatan pertama sebagai bahan informasi membuat buklet
mereka.
13. Siswa menjawab pertanyaan yang ada
pada buku siswa.
|
185
Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa menuliskan refleksi dari
kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang
paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai? Hal baik apa yang dapat kamu
terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu
menerapkannya.Guru menyampaikan pesan moral untuk Selalu Berhemat Energi.
2. Tugas: Siswa diberi tugas mencari
kegunaan benda-benda elektronik yang ada di rumah. Menuliskan sumber energi dan
perubahan energi yang terjadi saat benda bekerja.
3. Salam
dan do’a
penutup.
|
15
Menit
|
I.
PENILAIAN
- Teknik Penilaian
a.
Penilain sikap : Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan
akhir
b.
Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c.
Penilaian
Ketrampilan : PenilaianKinerja, Penilaian Produk
.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubahan tingkah laku
|
|||||||||||||||
Rasa ingin
tahu
|
Tekun
|
Teliti
|
Kreatif
|
||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
………….
|
|||||||||||||||||
………….
|
|||||||||||||||||
…………..
|
b.
Daftar periksa IPA tabel pengamatan
benda-benda eletronik.
Kriteria
|
Keterangan
|
|
sudah
|
belum
|
|
Mencantumkan
kegunaan benda elektronik
|
||
Mencantumkan
perubahan bentuk energy
|
c. Rubrik
unjuk kerja Bahasa Indonesia dan IPA “buklet”
Kriteria
|
Bagus
Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih
lagi
|
Tercantum informasi
tentang manfaat benda elektronik
|
Tercantum 4 informasi
tentang benda elektronik
(4)
|
Tercantum 3 informasi
tentang benda elektronik
(3)
|
Tercantum 2 informasi
tentang benda elektronik
(2)
|
Tidak tercantum
informasi tentang benda elektronik
(1)
|
Tercantum informasi
tentang sumber energy yang digunakan dan bentuk perubahan energy.
|
Tercantum informasi
tentang sumber dan perubahan bentuk energy.
(4)
|
Hanya mencamtumkan
perubahan bentuk energi
(3)
|
Hanya mencamtumkan
sumber energy
(2)
|
Tidak mencamtumkan
keduanya.
(1)
|
Tercantum informasi
tentang cara aman penggunaan benda elektronik.
|
Tercantum 3 informasi
cara aman pnggunaan benda elektronik.
(4)
|
Tercantum 3 informasi
cara aman pnggunaan benda elektronik.
(3)
|
Tercantum 1 informasi
cara aman penggunaan benda elektronik
(2)
|
Tidak mencantumkan
informasi cara aman penggunaan benda elektronik
(1)
|
Tercantum informasi
tentang cara perawatab benda sehingga akan tahan lama.
|
Tercantum 3 informasi
tentang cara perawatan benda sehingga tahan lama
(4)
|
Tercantum 2 informasi
tentang cara perawatan benda sehingga cukup
tahan lama
(3)
|
Tercantum 1 informasi
tentang cara perawatan benda sehingga kurang tahan lama
(2)
|
Tidak tercantum
informasi tentang cara perawatan benda sehingga tidak tahan lama
(1)
|
Catatan : Centang
(v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total
nilai x 10
16
Konversi Nilai
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
…….
|
A
|
Sangat
baik
|
…….
|
B
|
Baik
|
…….
|
C
|
Cukup
|
…….
|
D
|
Kurang
|
d. Lembar
penilaian pengetahuan Penilaian matematika dinilai dengan angka.
Pengayaan
Buklet yang
dihasilkan siswa dapat dikomunikasikan kepada kakak atau adik kelas saat istirahat. Siswa harus
menerangkan isi buklet tersebut.
Remedial
Berikan
soal-soal tambahan pada siswa yang belum mahir melakukan hitung campur,yaitu
siswa yang hanya mengerjakan 50% benar dari semua soal.Bagi siswa yang perlu
meningkatkan pemahaman tentang energi dapat diberikan teks tambahan mengenai
berbagai macam energi.
…………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment