Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1 pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       :
Kelas / Semester           :  IV (Empat)  / 1
Tema                             :  2 / Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                      : 1 / Macam-macam Sumber Energi
Pembelajaran ke            : 1
Alokasi waktu              : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4    Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.7    Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
MATEMATIKA
3.1    Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian.
4.1    Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.

BAHASA INDONESIA
3.1    Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2        Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
C.    INDIKATOR
IPA
3.4.1   Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat benda- benda elektronik
4.7.1  Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber energy listrik bagi   kehidupan manusia.
MATEMATIKA
3.3.1     Mengaplikasikan pemahaman persamaan ekspresi matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.
BAHASA INDONESIA
4.1.1     Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang pemanfaatan bentuk energi listrik menggunakan bahasa Indonesia.
4.1.2     Menerangkan secara lisan dan tulisan tentang manfaat dan cara pemakaian benda-benda elektronik secara mandiri menggunakan bahasa Indonesia.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat benda-benda elektronik.
2.         Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber energi listrik bagi kehidupan manusia.
3.         Dengan kegiatan eksplorasi mengerjakan soal-soal latihan hitung campur, siswa mampu mengaplikasikan konsep persamaan ekspresi kalimat matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian secara benar.
4.         Dengan kegiatan eksplorasi, siswa mampu menyajikan teks laporan hasil pengamatan dalam bentuk tabel tentang manfaat benda-benda elektronik dan perubahan bentuk energi listrik dengan benar.
5.         Setelah kegiatan pengamatan terhadap benda-benda elektronik , siswa mampu menyajikan dan menerangkan teks arahan/petunjuk tentang cara pengunaan bendabenda elektronik dengan benar dalam bentuk buklet.
E.     MATERI AJAR
1.         Energi Listrik.
2.         Peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari.
3.         Kegunaan dan perubahan bentuk energi.
F.     PENDEKATAN & METODE
1.            Pendekatan            :  Scientific
2.            Metode                  :  Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, dan Ceramah.
G.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.            Media dan alat      : Kertas ukuran HVS/A3, Pensil warna, Spidol warna untuk buklet.
2.            Sumber                  :
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10
Menit
Kegiatan
Inti
1.      Di awal pembelajaran, siswa diajak mengamati lampu di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan memadamkan lampu tersebut lewat saklar yang ada.
2.      Guru mengajukan pertanyaan, (tuliskan jawaban siswa di papan tulis)
3.      Guru mengajukan pertanyaan terbuka: “Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari? Adakah manfaatnya?
4.      Siswa melakukan pengamatan pada benda-benda elektronik di sekitar sekolah, mengidentifikasi kegunaan dan perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil pengamatan dalam bentuk tabel.
5.      Siswa menarik kesimpulan tentang kegunaan benda serta hubungannya dengan arus listrik yang merupakan salah satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa pertanyaan:
6.      Guru mengkonfirmasikan kesimpulan dengan teori yang ada.
7.      Pada Kesimpulan yang diharapkan:
a.    Benda-benda elektronik memiliki kegunaan untuk mempermudah kehidupan manusia.
b.   Benda-benda elektronik dapat menjalankan fungsinya jika dialiri arus listrik.
c.    Arus listrik merupakan salah satu bentuk energi karena menyebabkan benda-bendaelektronik bekerja/berfungsi.
d.   Arus listrik bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mempermudah kehidupan manusia.
8.   Pemakaian energi listrik di rumah-rumah dihitung berdasarkan banyaknya daya yang dipakai dalam selang waktu tertentu, yang pada umumnya dihitung tiap bulan melalui rekening listrik yang dikeluarkan PLN.
Dalam hal ini PLN menggunakan ukuran kilo watt jam atau disingkat KWH.
Besarnya : 1 KWH = 1000 watt jam. Pemakaian energi listrik ini dihitung berdasarkan pemakaian daya, misalnya lampu, televisi, radio, mesin cuci dan sebagainya dalam selang waktu satu bulan.
Andaikan kita menggunakan daya tiap hari untuk lampu setara 50 watt, televisi, 150 watt,
mesin cuci 300 watt, maka dalam satu hari kita menggunakan daya tiap hari 500 watt, dalam
30 hari kita menggunakan energi listrik sebanyak 500 watt x 30 hari = 15000 watthari = 15
KWH. Apabila tarif energi listrik pemakaian tiap KWH Rp2000,-
Jumlah dana yang dibayarkan adalah 15 x Rp2000,- = Rp30.000,-
9.      Sebelum mengenal sepasang ekspresi kalimat Matematika, Siswa bereksplorasi untuk mengetahui cara menghitung operasi campuran dan mengerjakan soal latihan dengan memperhatikan sifat operasi hitung bilangan, yaitu:
a.    Operasi penjumlahan dan perkalian, lakukan operasi perkalian terlebih dahulu.
b.   Operasi pengurangan dan perkalian, lakukan operasi perkalian terlebih dahulu
10.  Guru membawa beberapa contoh buklet, informasikan bahwa teks tersebut bernama “buklet/pamflet” tunjukkan pada siswa dan minta siswa untuk mengamati buklet tersebut. 
11.  Siswa berkreasi membuat buklet yang berisi informasi tentang benda-benda elektronik yang mereka ketahui.
12.  Siswa bisa menggunakan data hasil pengamatan pada kegiatan pertama sebagai bahan informasi membuat buklet mereka.
13.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
185
Menit
Kegiatan
Penutup
1.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai? Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.Guru menyampaikan pesan moral untuk Selalu Berhemat Energi.
2.      Tugas: Siswa diberi tugas mencari kegunaan benda-benda elektronik yang ada di rumah. Menuliskan sumber energi dan perubahan energi yang terjadi saat benda bekerja.
3.      Salam dan doa penutup.

15     
Menit

I.       PENILAIAN
  1. Teknik Penilaian
a.       Penilain sikap                    : Menggunakan format pengamatan dilakukan   dalam 
  kegiatan pembelajaran  sejak dari kegiatan awal
  sampai dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian pengetahuan      : Tes tertulis
c.       Penilaian Ketrampilan       : PenilaianKinerja, Penilaian Produk
.

  1. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap

No
Nama
Perubahan tingkah laku
Rasa ingin tahu
Tekun
Teliti
Kreatif
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….

















………….

















…………..

















b.      Daftar periksa IPA tabel pengamatan benda-benda eletronik.
Kriteria
Keterangan
sudah
belum
Mencantumkan kegunaan benda elektronik


Mencantumkan perubahan bentuk energy



c.       Rubrik unjuk kerja Bahasa Indonesia dan IPA “buklet”

Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih lagi
Tercantum informasi tentang manfaat benda elektronik
Tercantum 4 informasi tentang benda elektronik

(4)
Tercantum 3 informasi tentang benda elektronik

(3)
Tercantum 2 informasi tentang benda elektronik
(2)
Tidak tercantum informasi tentang benda elektronik
(1)
Tercantum informasi tentang sumber energy yang digunakan dan bentuk perubahan energy.
Tercantum informasi tentang sumber dan perubahan bentuk energy.


(4)
Hanya mencamtumkan perubahan bentuk energi



(3)
Hanya mencamtumkan sumber energy




(2)
Tidak mencamtumkan keduanya.




(1)
Tercantum informasi tentang cara aman penggunaan benda elektronik.
Tercantum 3 informasi cara aman pnggunaan benda elektronik.



(4)
Tercantum 3 informasi cara aman pnggunaan benda elektronik.



(3)
Tercantum 1 informasi cara aman penggunaan benda elektronik


(2)
Tidak mencantumkan informasi cara aman penggunaan benda elektronik
(1)
Tercantum informasi tentang cara perawatab benda sehingga akan tahan lama.
Tercantum 3 informasi tentang cara perawatan benda sehingga tahan lama


(4)   
Tercantum 2 informasi tentang cara perawatan benda sehingga cukup  tahan lama

(3)
Tercantum 1 informasi tentang cara perawatan benda sehingga kurang tahan lama

(2)
Tidak tercantum informasi tentang cara perawatan benda sehingga tidak tahan lama

(1)
                                                                                                                                   
Catatan  : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian    :   total nilai           x 10
                              16
Konversi  Nilai

Predikat
Klasifikasi
…….
A
Sangat baik
…….
B
Baik
…….
C
Cukup
…….
D
Kurang


d.      Lembar penilaian pengetahuan Penilaian matematika dinilai dengan angka.

Pengayaan
Buklet yang dihasilkan siswa dapat dikomunikasikan kepada kakak atau adik kelas saat istirahat. Siswa harus menerangkan isi buklet tersebut.
Remedial
Berikan soal-soal tambahan pada siswa yang belum mahir melakukan hitung campur,yaitu siswa yang hanya mengerjakan 50% benar dari semua soal.Bagi siswa yang perlu meningkatkan pemahaman tentang energi dapat diberikan teks tambahan mengenai berbagai macam energi.



                                                                                                                                    …………,……………………2014

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP

No comments:

Post a Comment