RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : ..................................................................................
Kelas/Semester : 1/1
Tema/Subtema : 2. KEGEMARANKU / 1.GEMAR BEROLAHRAGA
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 5 X 35 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Bahasa
Indonesiaes
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengenal teks
petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan
dan kebugaran tubuh secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
:
3.2.1 Membaca teks petunjuk pemeliharaan kesehatan tubuh
3.2.2 Menyebutkan cara memelihara kesehatan tubuh
4.2.1 Mempraktikkan teks arahan merawat kesehatan tubuh
PPKn
Kompetensi Dasar :
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
dan di sekolah
4.2
Melaksanakan
tata tertib di rumah dan Sekolah
Indikator :
3.2.1
Mengidentifikasi perbuatan tertib di rumah
4.2.1
Membedakan perbuatan tertib dan yang tidak tertib
PJOK
Kompetensi
Dasar :
3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor
sesuai dengan dimensi anggotatubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan,
dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor sesuai
dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
Indikator
:
3.2.1
Mengamati gerak dasar non-lokomotor
4.2.1
Memperagakan gerak dasar non lokomotor
Matematika
Kompetensi
Dasar :
3.3 Mengenal dan
memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda
konkrit
4.4
Mendeskripsikan, mengembangkan,dan membuat pola yang berulang
Indikator
:
3.3.1
Mengidentifikasi pola bilangan menggunakan gambar sederhana
4.4.1
Membuat pola bilangan dengan menggunakan gambar
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan kegiatan diskusi siswa mampu menjelaskan manfaat sikap tertib dengan santun.
2. Dengan
menujukkan gambar siswa mampu membedakan antara sikap tertib dan tidak tertib
dengan santun.
3.
Dengan kegiatan diskusi di kelas, siswa dapat menunjukkan sikap tertib dengan santun.
4. Dengan
mengamati gambar macam-macam alat olahraga, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis peralatan olahraga dengan percaya
diri.
5. Dengan
mengamati guru melakukan gerakan senam, siswa dapat melakukan senam dengan tertib.
6.
Dengan mengamati gambar siswa dapat mengidentifikasi pola gambar dengan tepat.
7. Dengan
berlatih memprediksi pola bilangan melalui gambar, siswa dapat berlatih menciptakan
polanya sendiri dengan teliti.
D. Materi Pembelajaran
1.
Tata
tertib ( Buku Siswa Halaman 8-9)
2.
Memelihara
Kesehatan Tubuh (Buku Siswa Halaman 10 )
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Metode : Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
2.
Pendekatan : Saintific (mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan)
F.
Media, alat dan
sumber pelajaran
1.
Media : Kartu kata alat olah raga dan
kartu gambar alat olahraga
2.
Alat : Alat-alat olahraga
3.
Sumber
Belajar : Buku siswa Tema 2 Kegemaranku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Halaman 8-12. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah
seorang siswa memimpin doa
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
3.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat
dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.
Guru mengingatkan kembali pembelajaran pada hari
sebelumnya
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru menyampaikan bahwa siswa akan melakukan diskusi tentang sikap tertib di
rumah .
2.
Guru mengingatkan selama diskusi siswa boleh mengemukakan pendapat,
mendengarkan ketika teman berbicara, tidak memotong pembicaraan, berbicara
dengan suara yang terdengar, tidak berbisik dan berteriak.
3.
Kemudian siswa mulai berdiskusi tentang manfaat sikap tertib di rumah. Jika
mungkin seorang siswa memimpin
diskusi dengan bantuan guru.
4.
Pertanyaan yang mungkin muncul antara lain : Apa saja contoh sikap tertib di
rumah? Arahkan diskusi tentang aturan usai berolahraga atau bermain di luar
rumah. Minta siswa menceritakan kebiasannya usai berolahraga atau bermain di luar rumah.
5.
Guru mengamati sikap siswa selama bertanya jawab, apakah mengikuti dengan
tertib, diam saja, mendominasi pembicaraan, dan lain-lain.
6.
Setelah bertanya jawab siswa mendengarkan guru membacakan teks.
7. Usai mendengarkan guru
membacakan teks, siswa membaca nyaring teks dengan bimbingan guru.
8. Siswa menceritakan
kembali isi teks dengan bahasanya sendiri.
9. Siswa melakukan diskusi
tentang pentingnya bersikap tertib di sekolah dengan arahan guru. Apa saja
contoh
sikap tertib di sekolah? Bagaimana rasanya jika datang kesekolah tepat waktu? Bagaimana jika terlambat? (guru
bisa mengarahkan berdasarkan permasalahan yang ada).
10.
Upayakan semua siswa belajar mengemukakan pendapatnya dalam diskusi untuk
melatih berpendapat
dan memunculkan rasa percaya diri. Amati keberanian siswa untuk
mengemukakan pendapat.
11.
Selesai berdiskusi siswa mengidentifikasi sikap tertib melalui gambar yang
tertera di buku siswa.
12.
Usai mengidentifikasi perilaku tertib, siswa membaca nyaring teks petunjuk
merawat tubuh.
13.
Usai berlatih membaca, siswa menyebutkan kembali informasi yang didapat dari
teks.
14.
Kemudian siswa berlatih menerapkan gerakan-gerakan senam yang dapat menyehatkan
tubuh melalui kegiatan olahraga. Kegiatan dapat dilakukan di halaman sekolah.
15.
Usai berolahraga siswa mengamati pola bilangan bergambar yang tertera di buku
siswa.
16.
Siswa berbagi pendapat tentang hasil pengamatannya.
17.
Siswa belajar melengkapi pola bilangan melalui gambar.
18.
Guru mengulas pola bilangan dengan membuat contoh di papan tulis dengan
melibatkan siswa untuk mengisi tempat-tempat kosong.
19.
Kemudian siswa berlatih membuat pola bilangan melalui pola bilangan melalui
gambar berdasarkan keinginannya sendiri.
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan refleksi
dari kegiatan yanng sudah dilakukan
2.
Kegiatan ditutup dengan mengucapakan syukur
ataskesehatan yang diberi.
|
10
Menit
|
H.
Penilaian
1.Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Sikap : Tertib, Percaya
diri, dan santun
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan : Kerja/praktik
2.Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
NO
|
Nama
|
Percaya
diri
|
Tertib
|
Santun
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis
(lembar kerja di buku siswa)
c. Penilaian Keterampilan
Lembar
Pengamatan Kegiatan Permainan Kuda Bisik
NO.
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum terlihat
(√)
|
1
|
Kemampuan
mengemukakan
Pendapat
|
....
|
....
|
2
|
Mendengarkan
ketika teman
Berbicara
|
....
|
....
|
3
|
Berbicara
dengan suara
Terdengar
|
....
|
....
|
Lembar
Pengamatan Gerakan Senam
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum terlihat (√)
|
1
|
Menggerakkan Kepala
|
....
|
....
|
2
|
Menggerakkan
Bahu
|
....
|
....
|
3
|
Menggerakkan Tangan
|
....
|
....
|
4
|
Menggerakkan
Kaki
|
....
|
....
|
Mengetahui
.................................................
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
................................................
..............................................
NIP....................................... NIP. ....................................
No comments:
Post a Comment