Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan     : ..................................................................................
Kelas/Semester           : 1/1
Tema/Subtema           : 2. KEGEMARANKU / 1.GEMAR BEROLAHRAGA
Pembelajaran             : 2
Alokasi Waktu           : 5 X 35 menit

 klik disini

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Bahasa Indonesiaes
Kompetensi Dasar :
3.2   Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
 kesehatan dan kebugaran tubuh dengan  bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia   lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2   Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan
dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator :
3.2.1 Membaca teks petunjuk pemeliharaan kesehatan tubuh
3.2.2 Menyebutkan cara memelihara kesehatan tubuh
4.2.1 Mempraktikkan teks arahan merawat kesehatan tubuh

PPKn
Kompetensi Dasar :
3.2  Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan di sekolah
4.2    Melaksanakan tata tertib di rumah dan Sekolah

Indikator :
3.2.1 Mengidentifikasi perbuatan tertib di rumah
4.2.1 Membedakan perbuatan tertib dan yang tidak tertib


PJOK
Kompetensi Dasar :
3.2  Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggotatubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.2  Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Indikator :
3.2.1 Mengamati gerak dasar non-lokomotor
4.2.1 Memperagakan gerak dasar non lokomotor

Matematika
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan,dan membuat pola yang berulang

Indikator :
3.3.1 Mengidentifikasi pola bilangan menggunakan gambar sederhana
4.4.1 Membuat pola bilangan dengan menggunakan gambar

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan kegiatan diskusi siswa mampu menjelaskan manfaat sikap tertib dengan santun.
2. Dengan menujukkan gambar siswa mampu membedakan antara sikap tertib dan tidak tertib dengan santun.
3. Dengan kegiatan diskusi di kelas, siswa dapat menunjukkan sikap tertib dengan santun.
4. Dengan mengamati gambar macam-macam alat olahraga, siswa dapat menyebutkan  jenis-jenis peralatan olahraga dengan percaya diri.
5. Dengan mengamati guru melakukan gerakan senam, siswa dapat melakukan senam dengan tertib.
6. Dengan mengamati gambar siswa dapat mengidentifikasi pola gambar dengan tepat.
7. Dengan berlatih memprediksi pola bilangan melalui gambar, siswa dapat berlatih menciptakan polanya sendiri dengan teliti.

D.  Materi Pembelajaran
1.         Tata tertib ( Buku Siswa Halaman 8-9)
2.         Memelihara Kesehatan Tubuh (Buku Siswa Halaman  10 )

E.  Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.    Metode              : Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based  Learning)
2.    Pendekatan        : Saintific (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan)

F.   Media, alat dan sumber pelajaran
1.    Media                : Kartu kata alat olah raga dan kartu gambar alat olahraga
2.    Alat                    : Alat-alat olahraga
3.    Sumber Belajar  : Buku siswa Tema 2 Kegemaranku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Halaman 8-12. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
2.    Guru mengecek kehadiran siswa
3.    Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.    Guru mengingatkan kembali pembelajaran pada hari sebelumnya
15 menit
Kegiatan Inti
1. Guru menyampaikan bahwa siswa akan melakukan diskusi tentang sikap tertib di rumah .
2. Guru mengingatkan selama diskusi siswa boleh mengemukakan pendapat, mendengarkan ketika teman berbicara, tidak memotong pembicaraan, berbicara dengan suara yang terdengar, tidak berbisik dan berteriak.
3. Kemudian siswa mulai berdiskusi tentang manfaat sikap tertib di rumah. Jika mungkin seorang siswa memimpin
diskusi dengan bantuan guru.
4. Pertanyaan yang mungkin muncul antara lain : Apa saja contoh sikap tertib di rumah? Arahkan diskusi tentang aturan usai berolahraga atau bermain di luar rumah. Minta siswa menceritakan kebiasannya usai berolahraga atau  bermain di luar rumah.
5. Guru mengamati sikap siswa selama bertanya jawab, apakah mengikuti dengan tertib, diam saja, mendominasi pembicaraan, dan lain-lain.
6. Setelah bertanya jawab siswa mendengarkan guru membacakan teks.
7. Usai mendengarkan guru membacakan teks, siswa membaca nyaring teks dengan bimbingan guru.
8. Siswa menceritakan kembali isi teks dengan bahasanya sendiri.
9. Siswa melakukan diskusi tentang pentingnya bersikap tertib di sekolah dengan arahan guru. Apa saja contoh
sikap tertib di sekolah? Bagaimana rasanya  jika datang kesekolah  tepat waktu? Bagaimana jika terlambat? (guru
bisa mengarahkan berdasarkan permasalahan yang ada).
10. Upayakan semua siswa belajar mengemukakan pendapatnya dalam diskusi untuk melatih berpendapat
dan memunculkan rasa percaya diri. Amati keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat.

11. Selesai berdiskusi siswa mengidentifikasi sikap tertib melalui gambar yang tertera di buku siswa.
12. Usai mengidentifikasi perilaku tertib, siswa membaca nyaring teks petunjuk merawat tubuh.
13. Usai berlatih membaca, siswa menyebutkan kembali informasi yang didapat dari teks.
14. Kemudian siswa berlatih menerapkan gerakan-gerakan senam yang dapat menyehatkan tubuh melalui kegiatan olahraga. Kegiatan dapat dilakukan di halaman sekolah.
15. Usai berolahraga siswa mengamati pola bilangan bergambar yang tertera di buku siswa.
16. Siswa berbagi pendapat tentang hasil pengamatannya.
17. Siswa belajar melengkapi pola bilangan melalui gambar.
18. Guru mengulas pola bilangan dengan membuat contoh di papan tulis dengan melibatkan siswa untuk mengisi tempat-tempat kosong.
19. Kemudian siswa berlatih membuat pola bilangan melalui pola bilangan melalui gambar berdasarkan keinginannya sendiri.
150 menit
Penutup
1.    Guru mengarahkan siswa untuk melakukan refleksi dari kegiatan yanng sudah dilakukan
2.    Kegiatan ditutup dengan mengucapakan syukur ataskesehatan yang diberi.
10    Menit


H.       Penilaian

1.Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap                   : Tertib, Percaya diri, dan santun
b.    Penilaian Pengetahuan        : Tes Tertulis
c.    Penilaian Keterampilan       : Kerja/praktik


2.Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap

NO
Nama
Percaya diri
Tertib
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4














b.    Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis (lembar kerja di buku siswa)

c. Penilaian Keterampilan

Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan Kuda Bisik

NO.
Kriteria
Terlihat ()
Belum terlihat ()
1
Kemampuan mengemukakan
Pendapat
....
....
2
Mendengarkan ketika teman
Berbicara
....
....
3
Berbicara dengan suara
Terdengar
....
....


Lembar Pengamatan Gerakan Senam

No
Kriteria
Terlihat ()
Belum terlihat ()
1
Menggerakkan Kepala
....
....
2
Menggerakkan Bahu
....
....
3
Menggerakkan Tangan
....
....
4
Menggerakkan Kaki
....
....



Mengetahui                                                                        .................................................
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas



................................................                                                ..............................................
      NIP.......................................                                                NIP. ....................................

No comments:

Post a Comment