Sunday, November 30, 2014

Rpp kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran ke 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SD Negeri....................................
Kelas / Semester        :  4 /1
Tema                          :  1/ Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                   :  3/ Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran ke       :  3
Alokasi waktu            : 1 x Pertemuan ( 6 x 35 menit )

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajika npengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.1       Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

MATEMATIKA
3.2       Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan.
4.1       Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.

PPKn
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.2       Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.


IPS
3.5       Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5       Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
4.1.1        Menceritakan pengalaman memakan suatu makanan tradisional.

Matematika
4.1.1        Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran.

PPKn
4.3.1        Memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerja sama.

IPS
4.5.1        Menemukan contoh interaksi manusia dengan lingkungan sosial.


D.    TUJUAN
1.      Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan pengalamannya tentang mencoba salah satu makanan tradisional dengan menggunakan kosakata baku dengan benar.
2.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu menemukan jawaban dari soal penaksiran terhadap banyak benda dengan benar.
3.      Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerja sama dalam bentuk tulisan dengan benar.
4.      Siswa mampu menemukan contoh hubungan/interaksi manusia dengan lingkungan sosial dalam bentuk tulisan hasil diskusi dengan benar.

E.     MATERI
1.      Makanan khas dari berbagai daerah di Nusantara.
2.      Soal hitung penaksiran uang atau harga yang harus dibayar untuk membeli berbagai makanan tradisional.

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Strategi            : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah




G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Melakukan presensi kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa siswa.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
1.      Siswa mengenal beberapa makanan khas dari berbagai daerah di Nusantara dari gambar yangada pada buku siswa. (Buku siswa hal. 84)
2.      Guru meminta siswa berdiskusi di dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa. (Buku siswa hal. 85)
3.      Siswa menceritakan pengalamannya mencoba salah satu makanan tradisional yang ada pada buku siswa. (Penilaian no.1)
4.      Siswa mengerjakan soal hitung penaksiran uang atau harga yang harus dibayar untuk membeli berbagai makanan tradisional.(Buku siswa hal. 85-86) (Penilaian no. 2)
5.      Siswa membaca cerita Siti dan teman-temannya yang membantu Bu Mimin. (Buku siswa hal. 87)
6.      Siswa berdiskusi kelompok tentang hal tersebut, dibantu dengan pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa. (Buku siswa hal. 87) (Penilaian no.3)
185menit
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.      Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa Bersyukur Atas Keberagaman.
5.      Tugas : Kerjasama dengan orang tua
·         Siswa menaksir harga makanan tradisional Indonesia yang ada pada buku siswa dengan melakukan kombinasi beberapa makanan. Contoh: taksiran harga nasi kucing, lontong sayur, dan sega jamblang.
6.      Salam dan doa penutup.


15 menit



                            
H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/ Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/ Video /slide/gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan.

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.


1.      Kegiatan menulis pengalaman dinilai dengan daftar periksa. (Bahasa Indonesia)
Berilah tanda checklis (V) pada kolom yang sesuai!
No
Kriteria
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu menuliskan pengalamannya tentang mencoba salah satu makanan tradisional dengan menggunakan kosakata baku.



2.    Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka. (Matematika)

3.    Kegiatan diskusi dinilai dengan daftar periksa. (PPKn dan IPS)
No
Kriteria
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerja sama dalam bentuk tulisan hasil diskusi.



2.
Siswa mampu menemukan contoh hubungan/interaksi manusia dengan lingkungan sosial dalam bentuk tulisan hasil diskusi.






4.    Penilaian sikap (santun, toleran, peduli, bersatu, kerjasama, dan cermat).
Berilah tanda Checklis ( V ) pada kolom yang sesuai di bawah ini!

No
Nama
Perubahan tingkah laku
Santun
Toleransi
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….









………….









…………..









            Ket :    BT  = Belum Terlihat
                        MT = Mulai Terlihat
                        MB = Mulai Berkembang
                        M    = Membudaya





Pengayaan
Siswa diberikan soal penaksiran.

Remedial
Siswa yang belum dapat mengerjakan soal penaksiran dengan benar sebanyak 50%, mengerjakan kembali soal-soal yang masih salah.



                                                                                                ………..,………………..2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN…....




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP
















No comments:

Post a Comment