RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri …....................................
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : 1/ Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 3/ Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 x Pertemuan ( 6 x 35 menit )
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajika npengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.1
Menggali informasi dari teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
MATEMATIKA
3.2
Menerapkan penaksiran dalam melakukan
penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil
perhitungan.
4.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat
sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif
permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan
persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain serta memeriksa kebenarannya.
PPKn
3.4
Memahami arti bersatu dalam keberagaman
di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.2
Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman
di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
IPS
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
C. INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
4.1.1
Menceritakan pengalaman memakan suatu
makanan tradisional.
Matematika
4.1.1
Menyelesaikan masalah yang terkait
dengan penaksiran.
PPKn
4.3.1
Memberikan contoh kegiatan yang
menunjukkan sikap bekerja sama.
IPS
4.5.1
Menemukan contoh interaksi manusia
dengan lingkungan sosial.
D.
TUJUAN
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menuliskan pengalamannya tentang mencoba salah satu makanan tradisional dengan
menggunakan kosakata baku dengan benar.
2.
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
menemukan jawaban dari soal penaksiran terhadap banyak benda dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu
memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerja sama dalam bentuk
tulisan dengan benar.
4.
Siswa mampu menemukan contoh
hubungan/interaksi manusia dengan lingkungan sosial dalam bentuk tulisan hasil
diskusi dengan benar.
E.
MATERI
1.
Makanan
khas dari berbagai daerah di Nusantara.
2.
Soal
hitung penaksiran uang atau harga yang harus dibayar untuk membeli berbagai
makanan tradisional.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
DiskusidanCeramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Melakukan presensi kehadiran siswa.
3. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikis
siswa dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa siswa.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa mengenal beberapa makanan
khas dari berbagai daerah di Nusantara dari gambar yangada pada buku siswa. (Buku siswa hal. 84)
2. Guru meminta siswa berdiskusi di
dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa. (Buku siswa hal. 85)
3.
Siswa menceritakan pengalamannya mencoba salah satu
makanan tradisional yang ada pada buku siswa. (Penilaian no.1)
4. Siswa mengerjakan soal hitung
penaksiran uang atau harga yang harus dibayar untuk membeli berbagai makanan
tradisional.(Buku siswa hal. 85-86) (Penilaian
no. 2)
5. Siswa membaca cerita Siti dan
teman-temannya yang membantu Bu Mimin. (Buku
siswa hal. 87)
6. Siswa berdiskusi kelompok tentang
hal tersebut, dibantu dengan pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa. (Buku siswa hal. 87) (Penilaian
no.3)
|
185menit
|
Penutup
|
1.
Siswa melakukan
perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal
lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru
mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan
jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan
informasi dari siswa lainnya.
4. Guru menyampaikan pesan moral
untuk senantiasa Bersyukur Atas Keberagaman.
5. Tugas : Kerjasama
dengan orang tua
·
Siswa menaksir harga makanan tradisional Indonesia
yang ada pada buku siswa dengan melakukan kombinasi beberapa makanan. Contoh:
taksiran harga nasi kucing, lontong sayur, dan sega jamblang.
6.
Salam dan do’a
penutup.
|
15 menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/ Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/ Video /slide/gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
1.
Kegiatan
menulis pengalaman dinilai dengan daftar periksa. (Bahasa Indonesia)
Berilah
tanda checklis (V) pada kolom yang sesuai!
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Siswa mampu
menuliskan pengalamannya tentang mencoba salah satu makanan tradisional
dengan menggunakan kosakata baku.
|
2.
Lembar
kerja Matematika dinilai dengan angka. (Matematika)
3.
Kegiatan
diskusi dinilai dengan daftar periksa. (PPKn dan IPS)
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Siswa mampu
memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerja sama dalam bentuk
tulisan hasil diskusi.
|
||
2.
|
Siswa mampu menemukan
contoh hubungan/interaksi manusia dengan lingkungan sosial dalam bentuk
tulisan hasil diskusi.
|
4.
Penilaian
sikap (santun, toleran, peduli, bersatu, kerjasama, dan cermat).
Berilah tanda Checklis ( V ) pada
kolom yang sesuai di bawah ini!
No
|
Nama
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||
Santun
|
Toleransi
|
||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
………….
|
|||||||||
………….
|
|||||||||
…………..
|
Ket : BT = Belum Terlihat
MT = Mulai Terlihat
MB = Mulai Berkembang
Pengayaan
Siswa diberikan
soal penaksiran.
Remedial
Siswa yang belum dapat mengerjakan soal
penaksiran dengan benar sebanyak 50%, mengerjakan kembali soal-soal yang masih
salah.
………..,………………..2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN…....
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment