RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tema
|
:
|
DIRIKU
|
|
Sub Tema
|
:
|
AKU DAN TEMAN BARU
|
|
Pembelajaran
|
:
|
6 (ENAM)
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 (SATU ) HARI ( 07.00 sd 09.30 )
|
|
A. KOMPETISI
INTI
- Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
- Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca)
dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan
disekolah.
- Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
Matematika :
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun
ruang,menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah,
sekolah, atau tempat bermain.
4.7 Membentuk dan
menggambar bangun baru,dari bangun – bangun
datar yang sudah ada.
Indikator
- Menunjukkan benda-benda di sekitar yang
berbentuk dasar segi empat.
- Menunjukkan benda- benda di sekitar yang
berbentuk dasar lingkaran.
- Menggambar berdasarkan bentuk lingkaran dan
segi empat.
Bahasa
Indonesia :
3.4 Mengenal teks cerita diri atau personal
tentang keberadaan keluarga dengan bantuan,guru
atau teman dalam bahasa indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosa
kata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.4. Menyampaikan teks cerita diri atau personal
tentang keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosa kata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Indikator
-
Menceritakan hasil gambar yang di buatnya,di depan
kelas.
-
Menyampaikan hasil pengamatan sesuai bentuk benda.
SBDP
:
3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi.
1.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis , warna
, dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan
di lingkungan sekitar.
Indikator
-
Menentukan bentuk baru yang akan digambar.
-
Menggambar bentuk baru dari bangun datar segi empat
dan lingkaran.
C. Tujuan
pembelajaran :
- Dengan
kegiatan mengamati , siswa dapat mengidentifikasi benda- benda berbentuk
lingkaran dengan benar.
- Setelah
mengamati lingkungan sekitar siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan,
benda- benda berbentuk lingkaran dengan lancar.
- Dengan
penugasan dari guru, siswa dapat membuat gambar dari bentuk- bentuk segi
empat dan lingkaran .
- Dengan
kegiatan menggambar , siswa dapat menceritakan hasil gambar yang di
buat dengan lancar.
D.
Materi
Pembelajaran :
1.
Benda-benda berbentuk lingkaran.
2.
Gambar segi empat dan lingkaran
3.
Menceritakan gambar
E. Pendekatan dan Metode pembelajaran
-
Pendekatan Scientific, Strategi Cooperative Learning,
Metode Tanya jawab, Diskusi
F. Media (Alat) dan Sumber Belajar
MEDIA :
Contoh-
contoh benda yang berbentuk segi empat, lingkaran.Gambar-
gambar bangun segi empat, lingkaran.
Alat : Spidol untuk menggambar.
Sumber Belajar :
-
Buku siswa dan buku guru
-
Lingkungan Sekolah (perpustakaan)
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan : 15 menit
- Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing- masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
- Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
- Menginformasikan
tema ”Diriku” dan sub tema ” Aku dan Teman Baru”
Kegiatan Inti: 145 menit.
- Guru
menjelaskan kepada siswa bahwa mereka akan mempelajari bentuk lingkaran.
- Siswa
di minta menunjukkan berbagai bentuk lingkaran yang ada pada gambar di
halaman buku siswa.
- Siswa
di minta memberikan contoh benda- benda berbentuk lingkaran .
- Siswa
di bentuk kelompok.
- Masing-
masing kelompok mengamati benda- benda berbentuk lingkaran di kelas maupun
luar kelas.
- Masing-
masing kelompok menyampaikan hasil pengamatan di depan kelas.
- Setelah
selesai, guru melakukan konfirmasi dan penguatan konsep.
- Guru
mengingatkan siswa tentang bangun lingkaran dan bangun segi empat
- Siswa
di minta membuat gambar dari bentuk lingkaran dan segi empat secara
berkelompok.
- Setelah
selesai, siswa menceritakan gambar kepada kelompok lain.
- Setiap
kelompok di beri kesempatan untuk menyampaikan hasil karyanya, dengan
menceritakan bagaimana mereka menentukan gambar apa, yang akan di buat dan
penjelasan mengenai gambar apa, yaitu maksud dan arti.
- Kelompok
lain di beri kesempatan untuk memberikan pendapat terhadap hasil kerja
temannya.
- Kelompok
lain di beri apresiasi mengucapkan terima kasih.
- Setiap
kelompok di beri kesempatan untuk saling membandingkan hasil kerjanya
Penutup : 10 menit
1.
Bersama siswa membuat kesimpulan pada kegiatan
sehari
2.
Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
4.
Mengajak semua siswa berdoa
H. Penilaian
1.
Pengamatan sikap
NO
|
NAMA
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Dede
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
2
|
Didi
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian pengetahuan
Instrumen penilaian : ter tertulis ( isian
)
Pertanyaan :
1.
Sebutkan benda disekitar kamu yang berbentuk
lingkaran ?
2.
Sebutkan benda disekitar kamu yang berbentuk
persegi ?
3.
Apa gambar yang di ceritakan di buku siswa ?
4.
Berapa sisi dari persegi ?
5.
Apakah bentuk dari papan tulis ?
Jawaban :
1.
Bola, ban sepeda, jam dinding
2.
Buku, jendela
3.
Mobil
4.
4 ( empat )
5.
Persegi
3.
Penilaian ketrampilan
a.
Penilaian : observasi
Lembar pengamatan ketaatan dalam peraturan
permainan
Nama : Dodo tanggal,
28 – 05 - 2014
NO
|
KRITERIA
|
TERLIHAT
|
BELUM TERLIHAT
|
1
|
Siswa mampu mengikuti instruksi guru.
|
√
|
|
2
|
Siswa terlibat aktif dalam kegiatan.
|
√
|
|
3
|
Siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan benda
–benda berbentuk lingkaran secara berkelompok.
|
√
|
|
4
|
Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya.
|
√
|
|
b.
Penilaian : Unjuk kerja
NO
|
KRITERIA
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
1
|
Kerja sama kelompok
|
|
√
|
|
|
2
|
Kualitas hasil
|
|
√
|
|
|
3
|
Kemampuan menceritakan gambar
|
√
|
|
|
|
a.
Penilaian : observasi
Lembar pengamatan ketaatan dalam peraturan
permainan
Nama
: Didi tanggal, 28 – 05 - 2014
NO
|
KRITERIA
|
TERLIHAT
|
BELUM TERLIHAT
|
1
|
Siswa mampu mengikuti instruksi guru.
|
√
|
|
2
|
Siswa terlibat aktif dalam kegiatan.
|
√
|
|
3
|
Siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan benda
–benda berbentuk lingkaran secara berkelompok.
|
√
|
|
4
|
Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya.
|
√
|
|
a.
Penilaian : Unjuk kerja
NO
|
KRITERIA
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
1
|
Kerja sama kelompok
|
|
√
|
|
|
2
|
Kualitas hasil
|
|
√
|
|
|
3
|
Kemampuan menceritakan gambar
|
|
√
|
|
|
NO
|
NAMA
|
Skore
|
Skore penilaian
|
||
Pengetahuan
|
Ketrampilan
|
Skore 1 - 100
|
Skore 1 – 4
|
||
1
|
Dodo
|
80
|
80
|
80
|
3.2
|
2
|
Didi
|
80
|
78
|
79
|
3.16
|
3
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala SDN..................................
NIP,
|
Guru kelas
NIP,
|
No comments:
Post a Comment