RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SD
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
I (SATU) / 1(satu)
|
|
Tema
|
:
|
1.DIRIKU
|
|
Sub Tema
|
:
|
AKU danTEMAN BARU
|
|
Pembelajaran
|
:
|
3
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 HARI
|
|
A.
|
Kompetensi Inti (KI)
|
||
- Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
- Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca)
dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan
disekolah.
- Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
Matematika :
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2Menunjukkan
perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas
berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan
kelompok terkecil sampai besar
3.2 Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain
3.5 Mengenal
bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah atau tempat bermain
3.12
Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi
rendahnya tinggi badan , dan urutan kelompok
berdasarkan jumlah anggotanya
4.1
Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan
atau pengurangan dua buah
bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.7
Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun
datar yang sudah ada
4.8 Mengelompokkan teman sekelas
berdasarkan tinggi badannya
indikator
3.2.1Mengidentifikasikan banyak
benda
3.5.1Mengidentifikasi bangun
segi empat
3.12.1Menentukan benda yang lebih
banyak
4.1.1Menghitung banyak benda 1-5
4.8.1Menentukan benda yang
sedikit
4.7.1Menggambar dari bentuk segi
empat
B.Indonesia
:
1.1 Menerima
anugrah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas
penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2 Memiliki
rasa percaya dri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi benda-benda
disekitar
4.1.1 Mendeskripsikan benda-benda secara
lisan
SBDB :
1.1 Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal
cara dan hasil gambar ekspresi
4.1 Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar.
- Indikator
3.1.1Mengidentifikasi gambar sebagai
salah satu karya seni ekspresi
4.1.1Menggambar bentuk baru dari
bangun segi empat
C. .Tujuan pembelajaran :
- Dengan
mengamati gambar siswa dapat menghitung banyak benda 1-5 dengan benar
- Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih banyak dengan
tepat.
- Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih sedikit
- Dengan
mengamati benda, siswa dapat menunjukkan benda yang banyaknya sesuai
dengan jumlah gambar di buku siswa.
- Setelah
mengamati contoh segi empat, siswa dapat mengidentifikasi bentuk segi
empat dengan tepat
- Setelah
mengidentifikasi bentuk segi empat, siswa dapat membuat gambar baru
dari bentuk tersebut dengan kreatif
- Dengan
kegiatan menggambar, siswa dapat menceritakan gambar yang dibuatnya dengan
menggunakan bahasa sendiri
D. Materi Pembelajaran
1. Menghitung benda 1-5 dengan benar
2. Menceritakan jumlah anggota keluarga di rumah
3. Membuat gambar dari bentuk segi empat
E. Pendekatan dan Metode pembelajaran :
Pendekatan Scientific
Strategi Cooperative Learning
Metode Tanya jawab, Diskusi dan tugas
F. Media (Alat) dan Sumber Belajar
- Media
:
-
Kotak bekas pasta gigi, sabun, kotak korek api, dll
(yang mempunyai bentuk dasar segi empat)
- Sumber
Belajar :
-
Buku siswa dan buku guru
G. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :10 menit
- Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
- Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
- Menginformasikan
tema ”Diriku” dan sub tema ”Aku dan Teman Baru”
Kegiatan INTI : 150 menit
Langkah – langkah kegiatan :
- Guru
mrnyampaikan bahwa hari ini akan belajar berhitung bersama teman
- Siswa
mengamati gambar pada buku siswa
- Siswa
menghitung jumlah siswa pada gambar
- Guru
menanyakan berapa banyak anak laki-laki dan anak perempuan
- Siswa
berlatih pada halaman berikutnya
- Siswa
menghitung jumlah siswa di setiap kelompoknya dan mewarnai kotak yang
jumlah anaknya lebih banyak
- Siswa
mengamati benda di sekitar kelas dan mencari benda yang banyaknya sama
dengan gambar siswa yang ada di buku siswa.
- Siswa
menyampaikan hasil pengamatan kepada temannya
- Siswa
diminta membandingkan dengan hasil pengamatan temannya .
- Adakah
kelompok lain yang mengamati benda yang sama?
- Adakah
kelompok yang mengamati benda yang sama, tapi jumlahnya berbeda?
Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak?(Mengenal bentuk segi empat)
- Siswa
diarahkan untuk melihat bentuk-bentuk yang ada di sekitar kelas
(pintu, jendela, papantulis, dan lain-lain)
- Siswa
diminta menjelaskan bentuk masing-masing benda tersebut sesuai dengan
pemahamannya.
- Guru
menunjukkan beberapa kotak bekas kemasan
- Siswa diminta membongkar kotak untuk dapat
menemukan bahwa bentuk dasar penyusun kotak adalah bangun datar.
- Guru
memperkenalkan bangun segi empat.
- Siswa diminta untuk membuat gambar dari
bentuk segiempat sesuai imajinasi mereka kemudian me warnai gambar
tersebut.
- Siswa
bergantian menceritakan gambar kepada temannya.
Penutup : 15 menit
- Bersama
siswa membuat kesimpulan terkait dengan pembelajaran
- Melakukan
tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui
ketercapaian materi)
- Melakukan
penilaian hasil belajar
- Mengajak
semua siswa berdo’a
H.
Penilaian
1. Pengamatan
sikap
NO
|
NAMA
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
..........
|
||||||||||||
2
|
..........
|
||||||||||||
3
|
..........
|
||||||||||||
4
|
dst
|
2. Penilaian
pengetahuan
Instrumen penilaian : ter tertulis
( isian )
Pertanyaan :
1. Buatlah
bangun persegi panjang ?
2. Berapa
jumlah sisi dalam bangun persegi panjang ?
Jawaban :
1.
2.
Ada 4
3.Penilaian ketrampilan
a. Penilaian
: Unjuk kerja
Rubrik menggambar bentuk dari
persegi dan persegi panjang
NO
|
KRITERIA
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
1
|
Ketepatan
mengisi angka sesuai banyaknya siswa pada gambar “ ayo berlatih”
|
5-6
gambar diisi dengan tepat
|
3-4
gambar diisi dengan tepat
|
1-2
gambar diisi dengan tepat
|
Belum
mampu mengisi angka
|
2
|
Ketepatan
mewarnai kotak lebih banyak
|
Mewarnai
3 kotak dengan tepat
|
Mewarnai
2 kotak dengan tepat
|
Mewarnai
1 kotak dengan tepat
|
Belum
mampu mewarnai
|
b. Penilaian
Unjuk kerja
Rubrik menggambar dari bentuk segi
empat
NO
|
KRITERIA
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
||
1
|
Hasil gambar
|
Bentuk
dasar terlihat
Ada
tambahan variasi gambar
|
Bentuk
dasar terlihat dan tidak ada tambahan variasi gambar atau sebaliknya
|
Bentuk
dasar tidak terlihat dan tidak ada tambahan variasi gambar
|
Belum
mampu membuat gambar dari bentuk persegi dan persegi panjang
|
||
2
|
Jumlah
warna yang digunakan
|
Menggunakan
4 atau lebih warna
|
Menggunakan
3 atau lebih warna
|
Menggunakan
2 atau lebih warna
|
Menggunakan
1 warna
|
||
Mengetahui
Kepala
SDN..................................
NIP,
|
Guru kelas
NIP,
|
No comments:
Post a Comment