Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       :
Kelas / Semester           :  IV (Empat)  / 1
Tema                             :  2 / Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                      : 1 / Macam-macam Sumber Energi
Pembelajaran ke            : 5
Alokasi waktu              : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

A.    KOMPETENSI DASAR

IPA
3.4    Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6    Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

Bahasa Indonesia
3.1    Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesialisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.





PPKn
3.2    Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

SBdP
3.5 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.14 Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.

B.     INDIKATOR

IPA
3.4.1  Menjelaskan tentang proses terjadinya salah satu sumber energy (minyak bumi).
4.6.1  Melaporkan hasil analisa dan diskusi pemecahan masalah tentang pemanfaatanBBM sebagai sumber energi untuk mempermudah kehidupan manusia.

Bahasa Indonesia
3.1.1  Mempresentasikan hasil diskusi dan analisa teks laporan tentang bahan bakar minyak dengan menggunakan kosa kata baku.

PPKn
4.2.1     Merumuskan tentang pentingnya hemat BBM dengan kegiatan membuat poster.

SBdP
4.14.1  Mendesain poster menggunakan kertas bekas yang melibatkanketerampilan menggambar, mewarnai, dan menggunting.

C.     TUJUAN
1.      Dengan kegiatan membuat poster, siswa mampu menjelaskan tentang kewajiban untuk selalu hemat energi BBM disertai alasan dengan benar.
2.      Dengan kegiatan membaca teks dan diskusi, siswa mampu mendeskripsikan proses terjadinya energi BBM melalui tulisan menggunakan kalimat sendiri sesuai urutan berdasarkan waktu dan menjelaskan manfaat BBM dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.      Dengan kegiatan presentasi, siswa mampu menerangkan tentang manfaat minyak bumi dan cara penghematannya menggunakan kosa kata baku.
4.      Dengan kegiatan membuat poster, siswa mampu meningkatkan keterampilan menggambar, dan mewarnai.


D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Teks “Minyak Bumi”.
2.      Proses terjadinya minyak Bumi.
3.      Poster sederhana berisi slogan.

E.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan      : Scientific
2.      Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    MEDIA, ALAT, SUMBER
1.      Media              : Kertas, gunting, pensil dan spidol warna.
2.      Sumber            :
a.    Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.   Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.    Buku Pengembangan Diri Anak.


H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.       Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    Menit
Kegiatan
Inti
7.      Siswa mengamati gambar dan menjawab pertanyaan.
8.      Beberapa siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan jawabannya.
9.      Siswa membaca teks “Minyak Bumi” dengan teliti.
10.  Siswa mengamati dan memahami terjadinya minyak bumi melalui teks berbentuk garis waktu/lini masa.
11.  Siswa menceritakan kembali proses terjadinya minyak Bumi dengan menggunakan kalimat sendiri.
12.  Guru berkeliling saat siswa menulis, memastikan siswa memahami tugasnya dan menyelesaikan tepat waktu.
13.  Siswa diingatkan untuk menulis dengan rapi, memilih kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku, dan merangkai kalimat secara runtun.
14.  Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan.
15.  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
16.   Pastikan dalam setiap kelompok terdiri tidak lebihdari lima siswa. Saat siswa berdiskusi, guru berkeliling dan memotivasi setiap siswa untuk aktif mengeluarkan pendapatnya.
17.  Ingatkan siswa untuk bergantian berbicara dan tidak mendominasi pembicaraan.
18.  Saat berdiskusi guru melakukan penilaian keterampilan berdiskusi siswa menggunakan lembar observasi.
19.  Setiap kelompok menyampaikan hasilnya di depan kelas. Kelompok lain menyimak dan memberikan penilaian menggunakan rubrik yang disediakan.
20.  Guru menjelaskan cara menggunakan rubrik sebelum proses penilaian dilakukan.
21.  Siswa berkreasi membuat poster sederhana berisi slogan, siapkan satu lembar kertas ukuran HVS atau A3, bebaskan siswa untuk membuat poster slogan mereka dalam berbagai bentuk: lingkaran, persegi, segitiga, dan lain-lain.
22.  Siswa membuat kalimat sederhana berisi ajakan untuk hemat energi. Siswa dapat mendesain tiap huruf yang dipakai menggunakan kertas bekas. Ingatkan siswa untuk membuatnya dengan rapi, disertai gambar dan warna.
23.  Siswa memasang poster tersebut di sekitar sekolah.
24.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
    185
    Menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai? Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya”.
2.      Guru menyampaikan pesan moral untuk Selalu Berhemat Energi.
3.      Tugas: Carilah informasi tentang berbagai penggunaan BBM (premium, solar, minyak tanah) di sekitar rumahmu. Catat informasi yang kamu dapat untuk dibandingkan dengan temanmu.
4.      Salam dan doa penutup.
Pengayaan
Siswa membaca artikel dari buku, koran, majalah, atau dari sumber lain tentang kelangkaanBBM saat ini. Guru bisa menyiapkan artikel tersebut.
    15
    Menit




I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain sikap                    : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian pengetahuan      : tes tertulis
c.       Penilaian Ketrampilan       : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk

  1. Instrumen Penilaian

1.      Rubric unjuk kerja Bahasa Indonesia
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan 
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

(3)
Mendengarkan teman yang berbicara namun masih sesekali masih perlu diingatkan
(2)
Masih perlu diingatkan untuk mendengar teman yang sedang berbicara
(1)

Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan meneraapkan komunikasi nonverbal dengan tepat
(3) V
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman. (2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukan teman.
(1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukungdan memimpin lainnya saat diskusi.
(3) V
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merospon sesuai dengan topic.
(2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.
 (1)
                                                                                                                                   

Catatan  : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian    :   total nilai           x 10= 2+3+1/9 x 10 = 6/9 x 10 = 6
                              9
Konversi  Nilai

Predikat
Klasifikasi
…….
A
Sangat baik
…….
B
Baik
…….
C
Cukup
…….
D
Kurang



2.      Daftar periksa IPA
Criteria
keterangan
Sudah
Belum
Dapat menuliskan proses terjadinya minyak bumi dengan benar sesuai urutan berdasarkan teks


Dapat menjawab pertanyaan tentang minyak bumi;
1.      Ya, minyak bumi termasuk satu bentuk energy, karena membuat mesin kendaran bermotor bekerja.
2.      Ya, karena berasal dari fosil yang tertimbun selama jutaan tahun. Jika digunakan secara boros, dalam waktu singkat akan cepat habis.
3.      BBM menjadi langka, karena;
-          Boros pemakaiannya
-          Kendaraan bermotor tidak dirawat.
4.      Penggunaan BBM harus di hemat, dengan cara;
-          Gunakan sepeda atau berjalan kaki jika pergi ketempat yang dekat.
-          Rajin merawat kendaraan bermotor, supaya hemat pemakaian BBMnya.






3.      Rubric unjuk kerja PPKn dan SBdP
Criteria
Bagus sekali
bagus
cukup
Perlu berlatih lagi
Isi
Poster yang dibuat berisi tentang slogan, kalimat ajakan untuk menghemat energi disertai dengan alasan.



(4)
poster yang dibuat berisi tentang slogan, kalimat ajakan untuk hemat energy tetapi tidak disertai dengan alasan.



(3)
poster yang dibuat berisi tentang slogan, kalimat ajakan untuk hemat energy disertai alasan, tetapi antara kalimat ajakan dan alasan kurang berhubungan.
(2)
Poster yang dibuat tidak berisi slogan maupun alasan.






(1)
Gambar
Siswa dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat serta ukuran yang seimbang dengan bidang kertas.

(4)
Siswa dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuatnya, namun ukuran gambar masih belum sesuai dengan bidang kertas.
(3)
Siswa belum dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat, walaupun gambar ukuran sesuai dengan bidang kertas.
(2)
Siswa belum dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat, serta ukuran gambar  belum sesuai dengan bidang kertas.
(1)

Kerapian
Siswa dapat menulis dan mewarnai gmbar dengan rapi serta menarik dan dapat menjaga kertas kerja.
(2)
Siswa dapat menulis dengan rapi dan mewarnai gmbar tidak melebihi garis gambar, namun  dalam menjaga kebersihan kertas kerja belum maksimal (kotor dan coretan)
(1,5)
Siswa dapat menulis dengan rapi namun dalam mewarnai belum rapi dan kebersihan kertas kerja belum terjaga.
(1)
Siswa belum dapat menulis dengan rapi dan dalam mewarnainyapun masi melebehi garis gambar serta kebersihan kertas kerja belum terjaga.
(0,5)
Catatan ; centang (v) pada bagian yang memenuhi criteria
Penilaian total nilai/10 x 10. Contoh 4 + 3 + 1.5/10 x 10 = 8,5
Konversi  Nilai

Predikat
Klasifikasi
…….
A
Sangat baik
…….
B
Baik
…….
C
Cukup
…….
D
Kurang

4.      Penilaian Sikap
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Kerja sama
Saling menghargai
Percaya diri
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….













………….













…………..
















Pengayaan
Siswa membaca artikel dari buku, koran, majalah, atau dari sumber lain tentang kelangkaanBBM saat ini. Guru bisa menyiapkan artikel tersebut.
                                                                                                                                    …………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP



No comments:

Post a Comment