RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : IV (Empat)
/ 1
Tema : 2 / Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 1 / Macam-macam
Sumber Energi
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 x
pertemuan (6 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
A.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4
Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan
dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6
Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan
pemanfaatannya oleh masyarakat.
Bahasa
Indonesia
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesialisan dan tulisan dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
PPKn
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan
rumah, sekolah, dan masyarakat.
SBdP
3.5 Mengetahui berbagai
alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.14 Membuat karya
kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan
memanfaatkan bahan di lingkungan.
B.
INDIKATOR
IPA
3.4.1
Menjelaskan
tentang proses terjadinya salah satu sumber energy (minyak bumi).
4.6.1
Melaporkan
hasil analisa dan diskusi pemecahan masalah tentang pemanfaatanBBM sebagai
sumber energi untuk mempermudah kehidupan manusia.
Bahasa Indonesia
3.1.1 Mempresentasikan hasil diskusi dan analisa
teks laporan tentang bahan bakar minyak dengan menggunakan kosa kata baku.
PPKn
4.2.1 Merumuskan tentang pentingnya hemat BBM
dengan kegiatan membuat poster.
SBdP
4.14.1
Mendesain poster menggunakan kertas bekas
yang melibatkanketerampilan menggambar,
mewarnai, dan
menggunting.
C.
TUJUAN
1. Dengan kegiatan membuat poster, siswa mampu
menjelaskan tentang kewajiban untuk selalu hemat energi BBM disertai alasan
dengan benar.
2. Dengan kegiatan membaca teks dan diskusi,
siswa mampu mendeskripsikan proses terjadinya energi BBM melalui tulisan
menggunakan kalimat sendiri sesuai urutan berdasarkan waktu dan menjelaskan
manfaat BBM dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3. Dengan kegiatan presentasi, siswa mampu
menerangkan tentang manfaat minyak bumi dan cara penghematannya menggunakan
kosa kata baku.
4. Dengan kegiatan membuat poster, siswa mampu
meningkatkan keterampilan menggambar, dan mewarnai.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Teks “Minyak Bumi”.
2.
Proses terjadinya minyak Bumi.
3.
Poster
sederhana berisi slogan.
E.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
dan Ceramah
G.
MEDIA, ALAT, SUMBER
1. Media : Kertas,
gunting, pensil dan spidol warna.
2. Sumber :
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.
Buku Pengembangan Diri Anak.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing.
2.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
4.
Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompak dan lagu yang relevan.
5.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
7. Siswa mengamati gambar dan menjawab
pertanyaan.
8. Beberapa siswa diberi kesempatan untuk
menyampaikan jawabannya.
9. Siswa membaca teks “Minyak Bumi” dengan
teliti.
10. Siswa mengamati dan memahami terjadinya
minyak bumi melalui teks berbentuk garis waktu/lini masa.
11. Siswa menceritakan kembali proses
terjadinya minyak Bumi dengan menggunakan kalimat sendiri.
12. Guru berkeliling saat siswa
menulis, memastikan siswa memahami tugasnya dan menyelesaikan tepat waktu.
13. Siswa diingatkan untuk menulis
dengan rapi, memilih kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku, dan merangkai
kalimat secara runtun.
14. Siswa berdiskusi dan menjawab
pertanyaan.
15. Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok.
16. Pastikan dalam setiap kelompok terdiri tidak
lebihdari lima siswa. Saat siswa berdiskusi, guru berkeliling dan memotivasi
setiap siswa untuk aktif mengeluarkan pendapatnya.
17. Ingatkan siswa untuk bergantian
berbicara dan tidak mendominasi pembicaraan.
18. Saat berdiskusi guru melakukan
penilaian keterampilan berdiskusi siswa menggunakan lembar observasi.
19. Setiap kelompok menyampaikan hasilnya
di depan kelas.
Kelompok lain menyimak dan memberikan penilaian menggunakan rubrik yang
disediakan.
20. Guru menjelaskan cara menggunakan
rubrik sebelum proses penilaian dilakukan.
21. Siswa berkreasi membuat poster
sederhana berisi slogan, siapkan satu lembar kertas ukuran HVS atau A3, bebaskan siswa untuk
membuat poster slogan
mereka dalam berbagai bentuk: lingkaran, persegi, segitiga, dan lain-lain.
22. Siswa membuat kalimat sederhana
berisi ajakan untuk hemat energi. Siswa dapat mendesain tiap huruf yang dipakai
menggunakan kertas bekas. Ingatkan siswa untuk membuatnya dengan rapi,
disertai gambar dan warna.
23. Siswa memasang poster tersebut di sekitar
sekolah.
24. Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada
buku siswa.
|
185
Menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa menuliskan refleksi dari
kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang
paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai? Hal baik apa yang dapat kamu
terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya”.
2. Guru menyampaikan pesan moral
untuk Selalu Berhemat Energi.
3. Tugas: Carilah informasi tentang
berbagai penggunaan BBM (premium, solar, minyak tanah) di sekitar rumahmu.
Catat informasi yang kamu dapat untuk dibandingkan dengan temanmu.
4. Salam
dan do’a
penutup.
Pengayaan
Siswa membaca artikel dari buku,
koran, majalah, atau dari sumber lain tentang kelangkaanBBM saat ini. Guru
bisa menyiapkan artikel tersebut.
|
15
Menit
|
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain sikap :
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian
pengetahuan : tes tertulis
c.
Penilaian
Ketrampilan : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk
- Instrumen Penilaian
1. Rubric
unjuk kerja Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Bagus
Sekali
|
Cukup
|
Berlatih
lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman
yang sedang berbicara
(3)
|
Mendengarkan teman yang
berbicara namun masih sesekali masih perlu diingatkan
(2)
|
Masih
perlu diingatkan untuk mendengar teman yang sedang berbicara
(1)
|
Komunikasi nonverbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan meneraapkan
komunikasi nonverbal dengan tepat
(3) V
|
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi
nonverbal yang ditunjukkan teman. (2)
|
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk
komunikasi nonverbal yang ditunjukan teman.
(1)
|
Partisipasi (menyampaikan
ide, perasaan, pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. Selalu mendukungdan memimpin lainnya saat diskusi.
(3) V
|
Berbicara dan menerangkan
secara rinci, merospon sesuai dengan topic.
(2)
|
Jarang berbicara selama
proses diskusi berlangsung.
(1)
|
Catatan : Centang
(v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total
nilai x 10= 2+3+1/9 x 10 =
6/9 x 10 = 6
9
Konversi Nilai
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
…….
|
A
|
Sangat
baik
|
…….
|
B
|
Baik
|
…….
|
C
|
Cukup
|
…….
|
D
|
Kurang
|
2. Daftar
periksa IPA
Criteria
|
keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Dapat menuliskan proses terjadinya minyak
bumi dengan benar sesuai urutan berdasarkan teks
|
|
|
Dapat
menjawab pertanyaan tentang minyak bumi;
1.
Ya, minyak bumi termasuk satu bentuk energy,
karena membuat mesin kendaran bermotor bekerja.
2.
Ya, karena berasal dari fosil yang tertimbun
selama jutaan tahun. Jika digunakan secara boros, dalam waktu singkat akan
cepat habis.
3.
BBM menjadi langka, karena;
-
Boros pemakaiannya
-
Kendaraan bermotor tidak dirawat.
4.
Penggunaan BBM harus di hemat, dengan cara;
-
Gunakan sepeda atau berjalan kaki jika pergi
ketempat yang dekat.
-
Rajin merawat kendaraan bermotor, supaya
hemat pemakaian BBMnya.
|
|
|
3. Rubric
unjuk kerja PPKn dan SBdP
Criteria
|
Bagus sekali
|
bagus
|
cukup
|
Perlu berlatih lagi
|
Isi
|
Poster
yang dibuat berisi tentang slogan, kalimat ajakan untuk menghemat energi
disertai dengan alasan.
(4)
|
poster
yang dibuat berisi tentang slogan, kalimat ajakan untuk hemat energy tetapi
tidak disertai dengan alasan.
(3)
|
poster
yang dibuat berisi tentang slogan, kalimat ajakan untuk hemat energy disertai
alasan, tetapi antara kalimat ajakan dan alasan kurang berhubungan.
(2)
|
Poster
yang dibuat tidak berisi slogan maupun alasan.
(1)
|
Gambar
|
Siswa
dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat serta ukuran yang
seimbang dengan bidang kertas.
(4)
|
Siswa
dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuatnya, namun ukuran
gambar masih belum sesuai dengan bidang kertas.
(3)
|
Siswa
belum dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat, walaupun
gambar ukuran sesuai dengan bidang kertas.
(2)
|
Siswa
belum dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat, serta
ukuran gambar belum sesuai dengan
bidang kertas.
(1)
|
Kerapian
|
Siswa
dapat menulis dan mewarnai gmbar dengan rapi serta menarik dan dapat menjaga
kertas kerja.
(2)
|
Siswa
dapat menulis dengan rapi dan mewarnai gmbar tidak melebihi garis gambar,
namun dalam menjaga kebersihan kertas
kerja belum maksimal (kotor dan coretan)
(1,5)
|
Siswa
dapat menulis dengan rapi namun dalam mewarnai belum rapi dan kebersihan
kertas kerja belum terjaga.
(1)
|
Siswa
belum dapat menulis dengan rapi dan dalam mewarnainyapun masi melebehi garis
gambar serta kebersihan kertas kerja belum terjaga.
(0,5)
|
Catatan
; centang (v) pada bagian yang memenuhi criteria
Penilaian
total nilai/10 x 10. Contoh 4 + 3 + 1.5/10 x 10 = 8,5
Konversi Nilai
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
…….
|
A
|
Sangat
baik
|
…….
|
B
|
Baik
|
…….
|
C
|
Cukup
|
…….
|
D
|
Kurang
|
4. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubahan tingkah laku
|
|||||||||||
Kerja sama
|
Saling menghargai
|
Percaya diri
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
|
………….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
………….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
Siswa
membaca artikel dari buku, koran, majalah, atau dari sumber lain tentang
kelangkaanBBM saat ini. Guru bisa menyiapkan artikel tersebut.
…………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment