RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SDN..........................
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
I (SATU) / 1(satu)
|
|
Tema
|
:
|
Diriku
|
|
Sub Tema
|
:
|
Aku dan Teman Baru / I (satu)
|
|
Pembelajan Ke-
|
:
|
1 (PERTAMA)
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 (SATU ) HARI
|
|
A. Kompetensi INTI ( KI )
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
- Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca)
dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan
disekolah.
- Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
PKn :
1.1 Menerima keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan beragama sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai
dan moral Pancasila
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan disekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah
dan di sekolah
Indikator
3.2.1
Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
4.2.1
Menjalankan peraturan padapermainan di sekolah
PJOK :
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.1 Menunjukkan
perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan
3.3
Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.3 Mempraktikan pola gerak dasar
manipilatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang
gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional
Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi gerakan
melempar bola sebagai gerak manipulatif
4.3.1 Melakaukan gerakan melempar
bola
4.3.2Melakukan gerakan menangkap
bola
Bahasa Indonesia :
1.1 Menerima
anugrah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas
penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2 Memiliki
rasa percaya dri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal
teks cerita diri/personal tentang keluarga sacara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
4.4
Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi cara-cara
memperkenalkan diri
4.4.1 Memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama lengkap
4.4.2 Memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan
4.4.3 Menyebutkan nama temanya
SBDP :
1.1 Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal
cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,warna dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator
3.1 1 Mengidentifikasi cara menghias
kartu nama
4.1.1 Memberi hiasan pada kartu nama
C.Tujuan pembelajaran :
- Melalui
permaninan lempar bola, siswa dapat
memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar
- Dengan
melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
- Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
D.Materi ajar :
PKn
: Berprilaku tertib mentaati Peraturan Permainan
B. Indonesia : Menyebutkan nama teman baru
PJOK
: Lempar dan tangkap bola
SBDP
: - Bernyanyi “ Siapa Namamu”.
- Menghias kartu nama
E. Pendekatan dan Metode pembelajaran :
- Pendekatan
Scientific
- Strategi Cooperative
Learning
- Metode Tanya
jawab, Diskusi dan Bermain peran
F. Media (Alat) dan Sumber Belajar
Media :
1. Bola plastik
atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
- Karton/kertas/kardus
bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing-masing siswa
- Pensil
warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah
disediakan
- Tali/peniti/alat
lain untuk memasangkan kartu nama
Sumber Belajar :
-
Buku siswa Hal 2-5
F. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan : 15 menit
- Pada
awal pelajaran, guru mengucapkan selamat datang kepada siswa.
- Guru
meminta siswa mengamati buku siswa dari halaman 1-3.
- Guru
menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku
siswa halaman 3.
Kegiatan INTI : 145 menit
Langkah-langkah kegiatan:
4
Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah
permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta
melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5
Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan
diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak….nama panjang….biasa dipanggil Ibu/
Bapak…. kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola
dengan keras)
6
Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan
nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada teman lain.
Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama
panggilan.
7
Demikian seterusnya hingga seluruh siswa
memperkenalkan diri.
8
Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa
untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa
menggunakan lagu yang ada di buku siswa.Lirik lagu
“Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku ………….
(sebutkan nama anak)
9
Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi
sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa
tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan
teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan
seterusnya.
10 Kegiatan
ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal,
karena tak kenal maka tak sayang, upayakan guru memberikan penguatan tentang
pentingnya saling mengenal.
Penutup : 15 menit
11 Bersama
siswa membuat kesimpulan pada kegiatan
sehari-hari
12 Melakukan
tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian
materi)
13 Melakukan
penilaian hasil belajar
14 Mengajak
semua siswa berdoa
H. Penilaian
1. Pengamatan
sikap
NO
|
NAMA
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
.............
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
.............
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
.............
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
pengetahuan
Instrumen penilaian : tes tertulis
( isian )
Pertanyaan :
1. Apakah
kita hidup butuh teman ?
2. Bagaimana
cara berkenalan dengan teman ?
3. Siapakan
nama teman – temanmu ?
Jawaban :
1. Iya,
kita hidup butuh teman
2. - Berkenalan sambil bernyanyi
-
Berkenalan dengan kartu nama
3. Udin,
dan lain – lain
3.Penilaian ketrampilan
a. Penilaian
: Unjuk kerja
Memperkenalkan diri lewat permainan
NO
|
KRITERIA
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
1
|
Kemampuan
memperkenalkan diri
|
Siswa
mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan
|
Siswa
mampu menyebutkan nama panjang
|
Siswa
hanya mampu menyebutkan nama panggilan
|
Siswa
belum mampu memperkenalkan diri
|
2
|
Kemampuan
menjalankan peraturan permainan
|
Siswa
mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
|
Siswa
mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang
|
Siswa
mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali
arahan ulang
|
Siswa
belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan
|
3
|
Kemampuan melakukan
gerakan melempar dan menangkap
|
Siswa
mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset)
|
Siswa
melempar dan menangkap bola, tetapi 1-2 kali meleset
|
Siswa
melempar dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset
|
Siswa
belum mampu melempar dan menangkap bola
|
b. Penilaian
: Unjuk kerja
Membuat kartu nama
No
|
Kriteria
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
1
|
Komponen kartu nama
|
Memenuhi 3 komponen(gambar atau foto
diri, hiasan, dan bentuk yang unik)
|
Memenuhi 2 dari 3 komponen
|
Hanya memenuhi 1 dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3 komponen
|
2
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan 4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
NO
|
NAMA
|
Skore
|
Skore penilaian
|
||
Pengetahuan
|
Ketrampilan
|
Skore 1 - 100
|
Skore 1 – 4
|
||
1
|
.................
|
|
|
|
|
2
|
.................
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala
SDN..................................
NIP,
|
Guru kelas
NIP,
|
No comments:
Post a Comment