Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
:
SDN..........................
Kelas/Semester
:
I (SATU) / 1(satu)
Tema
:
Diriku
Sub Tema
:
Aku dan Teman Baru / I (satu)
Pembelajan Ke-
:
1 (PERTAMA)
Alokasi Waktu
:
1 (SATU ) HARI
Kumpulan rpp kurikulum 2013
A.  Kompetensi INTI ( KI )
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  1. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  2. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
  3. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
PKn    :
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.2  Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di 
        rumah dan disekolah
 4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Indikator
3.2.1         Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
4.2.1         Menjalankan peraturan padapermainan di sekolah

PJOK : 
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.1  Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
 4.3 Mempraktikan pola gerak dasar manipilatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
4.3.1 Melakaukan gerakan melempar bola
4.3.2Melakukan gerakan menangkap bola
Bahasa Indonesia    : 
1.1  Menerima anugrah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha  Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2  Memiliki rasa percaya dri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keluarga sacara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4   Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi cara-cara memperkenalkan diri
4.4.1 Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
4.4.2 Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
4.4.3 Menyebutkan nama temanya

SBDP   : 
1.1  Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1  Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1  Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

Indikator
            3.1 1 Mengidentifikasi cara menghias kartu nama
4.1.1 Memberi hiasan pada kartu nama

C.Tujuan pembelajaran :
  1. Melalui  permaninan lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar
  2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
  3. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
D.Materi ajar :
PKn                 :  Berprilaku tertib mentaati Peraturan Permainan
B. Indonesia  :  Menyebutkan nama teman baru
PJOK              :  Lempar dan tangkap bola
SBDP              :   -  Bernyanyi “ Siapa Namamu”.
-   Menghias kartu nama
E. Pendekatan dan Metode pembelajaran :
-       Pendekatan Scientific
-       Strategi Cooperative Learning
-       Metode Tanya jawab, Diskusi dan Bermain peran
F. Media (Alat) dan  Sumber Belajar
Media  : 
1.      Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
  1. Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing-masing siswa
  2. Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan
  3. Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama
Sumber Belajar :
-   Buku siswa Hal 2-5

F. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan : 15 menit
  1. Pada awal pelajaran, guru mengucapkan selamat datang kepada siswa.
  2. Guru meminta siswa mengamati buku siswa dari halaman 1-3.
  3. Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3.
Kegiatan INTI : 145 menit
Langkah-langkah kegiatan:
4      Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5      Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak….nama panjang….biasa dipanggil Ibu/ Bapak…. kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6      Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
7      Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
8      Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu     yang ada di buku siswa.Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku ………….
(sebutkan nama anak)
9      Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
10  Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal, karena tak kenal maka tak sayang, upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
Penutup : 15 menit
11  Bersama siswa membuat kesimpulan pada kegiatan  sehari-hari
12  Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
13  Melakukan penilaian hasil belajar
14  Mengajak semua siswa berdoa

H. Penilaian
1.      Pengamatan sikap
NO
NAMA
Percaya diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
.............












2
.............












3
.............












4
dst














2.      Penilaian pengetahuan
Instrumen penilaian : tes tertulis ( isian )

Pertanyaan :
1.      Apakah kita hidup butuh teman ?
2.      Bagaimana cara berkenalan dengan teman ?
3.      Siapakan nama teman – temanmu ?
Jawaban :
1.      Iya, kita hidup butuh teman
2.      -      Berkenalan sambil bernyanyi
-          Berkenalan dengan kartu nama
3.      Udin, dan lain – lain
3.Penilaian ketrampilan
a.       Penilaian : Unjuk kerja
Memperkenalkan diri lewat permainan
NO
KRITERIA
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
1
Kemampuan memperkenalkan diri
Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan
Siswa mampu menyebutkan nama panjang
Siswa hanya mampu menyebutkan nama panggilan
Siswa belum mampu memperkenalkan diri
2
Kemampuan menjalankan peraturan permainan
Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang
Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan
3
Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap
Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset)
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi 1-2 kali meleset
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset
Siswa belum mampu melempar dan menangkap bola

b.      Penilaian : Unjuk kerja
Membuat kartu nama
No
Kriteria
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
1
Komponen kartu nama
Memenuhi 3 komponen(gambar atau foto diri, hiasan, dan bentuk yang unik)
Memenuhi 2 dari 3 komponen
Hanya memenuhi 1 dari 3 komponen
Tidak memenuhi 3 komponen
2
Jumlah warna yang digunakan
Menggunakan 4 warna atau lebih
Menggunakan 3 warna
Menggunakan 2 warna
Menggunakan 1 warna

NO
NAMA
Skore
Skore penilaian
Pengetahuan
Ketrampilan
Skore 1 - 100
Skore 1 – 4
1
.................




2
.................




3
dst






Mengetahui
Kepala SDN..................................




          NIP,

Guru kelas




               NIP,


                                                                                                            

No comments:

Post a Comment