Saturday, November 29, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 2 Pembelajaran 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SDNegeri ......................................
Kelas / Semester        :  4 /1
Tema                          :  1/ Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                   :  3/ Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran ke       :  5
Alokasiwaktu             :  1 x Pertemuan ( 6 x 35 menit )

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan) rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR

PJOK
3.9  Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.3  Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.

IPA
3.5  Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.
4.4  Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi.

BAHASA INDONESIA
3.1  Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1  Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.


C.    INDIKATOR

PJOK
4.3.1        Mendemonstrasikan keterampilan memukul, melempar dan menangkap bola, serta keterampilan berlari dalam permainan kasti

IPA
3.5.1        Membedakan bunyi pantul (gema dan gaung)
4.4.1        Menarik kesimpulan hasil percobaan  sifat bunyi, bahwa bunyi dapat dipantulkan dan diserap

Bahasa Indonesia
4.1.1        Menulis laporan kegiatan percobaan tentang sifat bunyi yang dapat dipantulkan dan diserap dengan menggunakan kosakata baku

D.    TUJUAN
1.      Dengan bermain kasti, siswa mampu mengaplikasikan keterampilan memukul, melempar,dan menangkap bola, serta keterampilan berlari dengan benar.
2.      Setelah melakukan percobaan dan membaca teks, siswa mampu membedakan bunyipantul (gema dan gaung) dengan benar.
3.      Dengan menggunakan kosakata baku, siswa mampu menuliskan hasil percobaan tentang sifat bunyi yang dapat dipantulkan dan diserap dengan benar.

E.     MATERI
1.      Bola kecil, pemukul kayu, piring kaca, piring plastik, piring kaleng, gabus, dua tabung kertas, beberapa buku, arloji yang berdetak.
2.      Keterampilan melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti.
3.      Informasi tentang permainan kasti, seperti cara bermain, jenis bola dan pemukul yang digunakan, ukuran lapangan, dan sebagainya.
4.      Informasi tentang gendang.
5.      Sifat bunyi.
6.      Pemantulan dan Penyerapan Bunyi.

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Strategi            : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Melakukan presensi kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa siswa.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
1.      Siswa pergi ke lapangan untuk melakukan kegiatan olahraga.
2.      Siswa memeragakan aktivitas lempar tangkap bola kecil berdasarkan contoh yang diberikan guru.
3.      Siswa mempraktikkan keterampilan melempar dan menangkap bola ini dalam permainan kasti.
4.      Setelah mempraktikkan permainan kasti, siswa menjawab pertanyaan pada buku dan mendiskusikannya dengan teman.
5.      Siswa pergi ke perpustakaan untuk mencari informasi tentang permainan kasti, seperti cara bermain, jenis bola dan pemukul yang digunakan, ukuran lapangan, dan sebagainya.
6.      Siswa diajak keluar kelas untuk berteriak keras-keras di lapangan, kemudian berteriak di kamar mandi.
7.      Siswa membandingkan perbedaan keduanya.
8.      Siswa membaca informasi tentang gendang yang ada pada buku siswa.
9.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
10.  Siswa melakukan percobaan tentang bunyi, untuk membuktikan sifat bunyi, yaitu bunyi dapat dipantulkan dan dapat diserap.
11.  Setelah percobaan, guru bertanya: kesimpulan apa yang dapat siswa ambil setelah percobaan? Siswa berdiskusi dalam kelompok.
12.  Guru berkeliling untuk membantu siswa mengingat percobaan tadi dan memberikan pertanyaan.
13.  Siswa menuliskan laporan percobaan di tabel yang tersedia dengan menggunakan kosakata baku.
14.  Siswa membaca teks tentang Pemantulan dan Penyerapan Bunyi yang ada pada buku siswa agar siswa lebih paham.

185menit
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.      Siswa diberikan kesempatan berbicara/ bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.      Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa Bersyukur Atas Keberagaman.
6.      Tugas: Siswa membuat peta pikiran tentang bunyi yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.
7.      Salam dan doa penutup.

15    menit


H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/ Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/ Video/slide/gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.






I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.

b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.

1.    Keterampilan bermain kasti dinilai dengan daftar periksa. (PJOK)
Berilah tanda checklis (V) pada kriteria yang mampu dilakukan siswa.

No
Kriteria
Sikap/keterampilan

Ya
Tidak
1
Sikap
Pantang menyerah





Berusaha





Berani



2
Permainan kasti
Memukul bola            





Menangkap bola        





Melempar bola hingga mengenai lawan/sasaran





Berlari








2.    Laporan percobaan sifat bunyi dinilai dengan rubrik. (Bahasa Indonesia)

Rubrik 1

Berilah tanda checklis (V) pada kriteria yang mampu dilakukan siswa.
Kriteria
Bagus sekali
Bagus
Cukup
Perlu Berlatih
Tujuan
Tujuan percobaan sangat jelas.

(2)
Tujuan percobaan cukup jelas.

(1,5)
Tujuan percobaan kurang jelas.

(1)
Tujuan percobaan tidak jelas.

(0,5)
Perlengkapan dan bahan
Seluruh perlengkapan dan bahan ditulis lengkap.

(2)
Sebagian besar perlengkapan dan bahan ditulis.

(1,5)
Sebagian kecil perlengkapan dan bahan ditulis.

(1)
Perlengkapan dan bahan tidak ditulis.


(0,5)
Langkah kerja
Seluruh langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.



(2)
Sebagian besar langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.



(1,5)
Hanya sebagian langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.



(1)
Semua langkah kerja percobaan tidak ditulis secara runtut.



(0,5)
Kesimpulan
Kesimpulan dinyatakan dengan sangat jelas dan didukung data yang akurat.




(2)
Kesimpulan dinyatakan cukup jelas. Namun, terdapat beberapa data pendukung yang tidak akurat.

(1,5)
Kesimpulan kurang jelas dan sebagian data pendukung tidak akurat.





(1)
Kesimpulan tidak jelas dan tidak didukung data yang akurat.




(0,5)

Penilaian :total nilaix 10
                        12
Konversi  Nilai

Predikat
Klasifikasi
…….
A
Sangat baik
…….
B
Baik
…….
C
Cukup
…….
D
Kurang


Rubrik 2
Berilah tanda checklis (V) pada kriteria yang mampu dilakukan siswa.
Kriteria
Bagus

Cukup
Berlatih Lagi
Kerapian penulisan laporan percobaan.
Laporan ditulis dengan sangat rapi. 

             
              (3)
Laporan ditulis dengan cukup rapi. 


(2)
Laporan ditulis dengan tidak rapi. 


(1)
Penggunaan kosakata baku.
Semua kata menggunakan kosakata baku.
             
              (3)
Cukup banyak menggunakan kosakata baku.
             
              (2)
Kurang  menggunakan kosakata baku.
             
              (1)

Penilaian :total nilaix 10
                        6

Konversi  Nilai

Predikat
Klasifikasi
…….
A
Sangat baik
…….
B
Baik
…….
C
Cukup
…….
D
Kurang


3.    Kesimpulan percobaan sifat bunyi dinilai dengan daftar periksa. (IPA)

Kriteria
Ya
Tidak
Siswa mampu membedakan bunyi pantul (gema dan gaung) dengan benar.



Siswa mampu menemukan kesimpulan hasil percobaan sifat bunyi dalam bentuk laporan percobaan dengan benar.




4.    Penilaian sikap (disiplin, sportif, kerja sama, dan rasa ingin tahu)
Berilah tanda Checklis ( V ) pada kolom yang sesuai di bawah ini!

No
Nama
Perubahan tingkah laku
Teliti
Reflektif
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….









………….









…………..









            Ket :    BT  = Belum Terlihat
                        MT = Mulai Terlihat
                        MB = Mulai Berkembang
                        M    = Membudaya

Pengayaan
Siswa berdiskusi menemukan percobaan lain yang dapat membuktikan sifat bunyi yang dapat dipantulkan dan diserap, kemudian menceritakannya kepada siswa lain.

Remedial
Siswa kembali melakukan percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi agar lebih paham.Siswa menceritakan pengalaman dan kesimpulannya tentang percobaan tersebut kepada salah seorang temannya.



..............,………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN…....




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP


No comments:

Post a Comment