(RPP)
Satuan Pendidikan : SDNegeri
......................................
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : 1/ Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 3/ Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran ke : 5
Alokasiwaktu : 1 x Pertemuan ( 6 x
35 menit )
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan) rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.9 Memahami
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan
tubuh.
4.3 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional bola kecil.
IPA
3.5 Memahami
sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra
pendengaran.
4.4 Menyajikan
hasil percobaan atau observasi tentang bunyi.
BAHASA
INDONESIA
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
C. INDIKATOR
PJOK
4.3.1
Mendemonstrasikan keterampilan memukul,
melempar dan menangkap bola, serta keterampilan berlari dalam permainan kasti
IPA
3.5.1
Membedakan bunyi pantul (gema dan gaung)
4.4.1
Menarik kesimpulan hasil percobaan sifat bunyi, bahwa bunyi dapat dipantulkan
dan diserap
Bahasa
Indonesia
4.1.1
Menulis laporan kegiatan percobaan
tentang sifat bunyi yang dapat dipantulkan dan diserap dengan menggunakan
kosakata baku
D.
TUJUAN
1.
Dengan bermain kasti, siswa mampu
mengaplikasikan keterampilan memukul, melempar,dan menangkap bola, serta
keterampilan berlari dengan benar.
2.
Setelah melakukan percobaan dan membaca
teks, siswa mampu membedakan bunyipantul (gema dan gaung) dengan benar.
3.
Dengan menggunakan kosakata baku, siswa
mampu menuliskan hasil percobaan tentang sifat bunyi yang dapat dipantulkan dan
diserap dengan benar.
E.
MATERI
1.
Bola kecil, pemukul kayu, piring kaca,
piring plastik, piring kaleng, gabus, dua tabung kertas, beberapa buku, arloji
yang berdetak.
2. Keterampilan melempar dan menangkap
bola dalam permainan kasti.
3. Informasi tentang permainan kasti,
seperti cara bermain, jenis bola dan pemukul yang digunakan, ukuran lapangan,
dan sebagainya.
4.
Informasi
tentang gendang.
5.
Sifat
bunyi.
6.
Pemantulan dan Penyerapan Bunyi.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing.
2.
Melakukan presensi kehadiran siswa.
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan
lagu yang relevan.
4.
Guru
menyiapkan fisik dan psikis siswa dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa siswa.
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa
pergi ke lapangan untuk melakukan kegiatan olahraga.
2.
Siswa
memeragakan aktivitas lempar tangkap bola kecil berdasarkan contoh yang
diberikan guru.
3.
Siswa
mempraktikkan keterampilan melempar dan menangkap bola ini dalam permainan
kasti.
4.
Setelah
mempraktikkan permainan kasti, siswa menjawab pertanyaan pada buku dan
mendiskusikannya dengan teman.
5.
Siswa
pergi ke perpustakaan untuk mencari informasi tentang permainan kasti,
seperti cara bermain, jenis bola dan pemukul yang digunakan, ukuran lapangan,
dan sebagainya.
6.
Siswa
diajak keluar kelas untuk berteriak keras-keras di lapangan, kemudian
berteriak di kamar mandi.
7.
Siswa
membandingkan perbedaan keduanya.
8.
Siswa
membaca informasi tentang gendang yang ada pada buku siswa.
9.
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
10.
Siswa
melakukan percobaan tentang bunyi, untuk membuktikan sifat bunyi, yaitu bunyi
dapat dipantulkan dan dapat diserap.
11.
Setelah
percobaan, guru bertanya: kesimpulan apa yang dapat siswa ambil setelah
percobaan? Siswa berdiskusi dalam kelompok.
12.
Guru
berkeliling untuk membantu siswa mengingat percobaan tadi dan memberikan
pertanyaan.
13.
Siswa
menuliskan laporan percobaan di tabel yang tersedia dengan menggunakan
kosakata baku.
14. Siswa membaca teks tentang Pemantulan dan Penyerapan Bunyi
yang ada pada buku siswa agar siswa lebih paham.
|
185menit
|
Penutup
|
1. Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang
mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan
jawaban mereka.
4. Siswa diberikan kesempatan berbicara/ bertanya dan menambahkan informasi dari
siswa lainnya.
5.
Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa Bersyukur Atas Keberagaman.
6.
Tugas:
Siswa membuat peta pikiran tentang bunyi yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.
7.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/ Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/ Video/slide/gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
1. Keterampilan bermain kasti dinilai
dengan daftar periksa. (PJOK)
Berilah
tanda checklis (V) pada kriteria yang mampu dilakukan siswa.
No
|
Kriteria
|
Sikap/keterampilan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Sikap
|
Pantang menyerah
|
||
Berusaha
|
||||
Berani
|
||||
2
|
Permainan kasti
|
Memukul bola
|
||
Menangkap bola
|
||||
Melempar bola hingga mengenai
lawan/sasaran
|
||||
Berlari
|
2.
Laporan
percobaan sifat bunyi dinilai dengan rubrik. (Bahasa Indonesia)
Rubrik 1
Berilah tanda checklis (V) pada
kriteria yang mampu dilakukan siswa.
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Perlu Berlatih
|
Tujuan
|
Tujuan percobaan sangat jelas.
(2)
|
Tujuan percobaan cukup jelas.
(1,5)
|
Tujuan percobaan kurang jelas.
(1)
|
Tujuan percobaan tidak jelas.
(0,5)
|
Perlengkapan dan bahan
|
Seluruh perlengkapan dan bahan ditulis
lengkap.
(2)
|
Sebagian besar perlengkapan dan bahan
ditulis.
(1,5)
|
Sebagian kecil perlengkapan dan bahan
ditulis.
(1)
|
Perlengkapan dan bahan tidak ditulis.
(0,5)
|
Langkah kerja
|
Seluruh langkah kerja percobaan
ditulis secara runtut.
(2)
|
Sebagian besar langkah kerja percobaan
ditulis secara runtut.
(1,5)
|
Hanya sebagian langkah kerja percobaan
ditulis secara runtut.
(1)
|
Semua langkah kerja percobaan tidak
ditulis secara runtut.
(0,5)
|
Kesimpulan
|
Kesimpulan dinyatakan dengan sangat
jelas dan didukung data yang akurat.
(2)
|
Kesimpulan dinyatakan cukup jelas.
Namun, terdapat beberapa data pendukung yang tidak akurat.
(1,5)
|
Kesimpulan kurang jelas dan sebagian
data pendukung tidak akurat.
(1)
|
Kesimpulan tidak jelas dan tidak
didukung data yang akurat.
(0,5)
|
Penilaian
:total nilaix 10
12
Konversi Nilai
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
…….
|
A
|
Sangat
baik
|
…….
|
B
|
Baik
|
…….
|
C
|
Cukup
|
…….
|
D
|
Kurang
|
Rubrik 2
Berilah tanda checklis (V) pada
kriteria yang mampu dilakukan siswa.
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih Lagi
|
Kerapian penulisan laporan percobaan.
|
Laporan ditulis dengan sangat
rapi.
(3)
|
Laporan ditulis dengan cukup
rapi.
(2)
|
Laporan ditulis dengan tidak
rapi.
(1)
|
Penggunaan kosakata baku.
|
Semua kata menggunakan kosakata baku.
(3)
|
Cukup banyak menggunakan kosakata
baku.
(2)
|
Kurang
menggunakan kosakata baku.
(1)
|
Penilaian
:total nilaix 10
6
Konversi Nilai
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
…….
|
A
|
Sangat
baik
|
…….
|
B
|
Baik
|
…….
|
C
|
Cukup
|
…….
|
D
|
Kurang
|
3.
Kesimpulan
percobaan sifat bunyi dinilai dengan daftar periksa. (IPA)
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa mampu
membedakan bunyi pantul (gema dan gaung) dengan benar.
|
||
Siswa mampu
menemukan kesimpulan hasil percobaan sifat bunyi dalam bentuk laporan
percobaan dengan benar.
|
4.
Penilaian
sikap (disiplin, sportif, kerja sama, dan rasa ingin tahu)
Berilah tanda Checklis ( V ) pada
kolom yang sesuai di bawah ini!
No
|
Nama
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||
Teliti
|
Reflektif
|
||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
………….
|
|||||||||
………….
|
|||||||||
…………..
|
Ket : BT = Belum Terlihat
MT = Mulai Terlihat
MB = Mulai Berkembang
M = Membudaya
Pengayaan
Siswa berdiskusi menemukan percobaan
lain yang dapat membuktikan sifat bunyi yang dapat dipantulkan dan diserap,
kemudian menceritakannya kepada siswa lain.
Remedial
Siswa kembali melakukan percobaan
pemantulan dan penyerapan bunyi agar lebih paham.Siswa menceritakan pengalaman
dan kesimpulannya tentang percobaan tersebut kepada salah seorang temannya.
..............,………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN…....
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment