Friday, November 28, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 2 Pembelajaran 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan     : 
Kelas / Semester        :  4 (empat)/ 1
Tema                          : 2/ Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                   : 2/ Pemanfaatan Energi
Pembelajaran            : 6
Alokasi Waktu           : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, da nmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

IPA
3.4      Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6           Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

IP S
3.5       Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5       Menceritakan  manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.


C.    INDIKATOR

IPA
3.4.1 Membedakan sifat perpindahan panas.


IPS
4.5.1 Menjelaskan pengalaman bekerjasama dengan teman.

D.    TUJUAN
1.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu membedakan sifat perpindahan panas (konveksi, konduksi, dan radiasi) dengan benar.
2.        Setelah melakukan kegiatan bekerja sama dalam melakukan percobaan, siswa menuliskan pengalamannya dan hal-hal yang telah dipelajari dari kegiatan tersebut dengan detail dan benar.

E.     MATERI
1.      Buku teks, kertas, benang, dan lilin.
2.      Gambar energi.
3.      Cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan aman.

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Strategi            : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah



G.     SUMBER DAN  MEDIA
  1. Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
  2. Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  3. Buku Pengembangan Diri Anak.
  4. Sumber Motivasi/ Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/Video/slide/buklet/pamflet/gambartentang
Pemanfaatan Energi.

H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan






1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.


10
menit
Kegiatan
Inti
1.      Siswa mengamati gambar dan berdiskusi tentang konduksi, konveksi, dan radiasi.
2.      Siswa melakukan percobaan tentang konduksi, konveksi, dan radiasi dan membuat kesimpulan hasil percobaan.
Rounded Rectangle: Kalor dapat berpindah dari tempat yang bersuhu tinggi ke tempat bersuhu rendah. Perpindahan kalor dapat terjadi melalui tiga cara, yaitu konveksi, radiasi, dan konduksi.
1. Konveksi, yaitu perpindahan kalor yang terjadi melalui aliran zat atau disertai perpindahan zat perantaranya.
Contoh:
a. Adanya gerakan naik turun kacang hijau dalam air mendidih.
b. Terjadinya angin darat dan angin laut.
82 Buku Guru Kelas IV SD/MI
2. Radiasi, yaitu perpindahan kalor tanpa zat perantara. Contoh terjadinya radiasi sebagai berikut:
a. Tubuh terasa hangat jika berada di sekitar api unggun.
b. Tangan yang didekatkan pada lampu menyala akan terasa hangat.
c. Panas matahari dapat dirasakan di bumi.
3. Konduksi, yaitu perpindahan kalor melalui zat perantara, tetapi zat perantara tersebut tidak ikut berpindah (bergerak). Contoh konduksi sebagai berikut:
a. Ujung logam yang terasa panas saat ujung lainnya dipanaskan.
b. Telur akan cepat matang saat digoreng di atas wajan aluminium.
c. Mentega akan meleleh saat diletakkan di atas wajan yang dipanaskan.
 























3.      Siswa membuat refleksi sikap saat melakukan percobaan.
4.       Siswa mengerjakan evaluasi.
5.       Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
6.      Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan taksonomi perenungan di halaman 150.
7.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang berbagai hal yang ingin ia ketahui lebih lanjut.




185
menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :
a.       Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
b.      Kegiatan apa yang paling kalian sukai?
c.       Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai?
d.      Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari?
e.       Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya!
2.      Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan energy dengan bijak.
3.      Tugas: Mengisi tabel penggunaan energi di rumah.
4.      Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
5.      Salam dan doa penutup.






15
menit

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain sikap                    : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian pengetahuan      : tes tertulis
c.       Penilaian Ketrampilan       : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk

  1. InstrumenPenilaian
a.       Penilaian Sikap
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Rasa ingin tahu
objektif
teliti
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….













………….













…………..













b.      Evaluasi  dinilai dengan angka

c.       Daftar  Periksa  IPA

Kriteria
Sudah
Belum
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang radiasi dengan benar


Siswa dapat membuat kesimpulan tentang konduksi dengan benar


Siswa dapat membuat kesimpulan tentang konveksi dengan benar



d.      Daftar  Periksa  IPS

Kriteria
Sudah
Belum
Dalam cerita sudah tertulis tentang refleksi sikap saat melakukan percobaan


Dalam cerita sudah tertulis tentang  hal­hal yang perlu diperhatikan saat melakukan percobaan


Dalam cerita sudah tertulis 4 sikap yang  perlu ditunjukkan saat bekerja sama dengan teman







Mengetahui
KepalaSekolah,



………………………………
NIP. …………………………
……....,……………..
Guru Kelas 4



…………………………..



No comments:

Post a Comment