RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan :
Kelas / Semester : 4 (empat)/ 1
Tema : 2/ Selalu Berhemat Energi
Sub Tema :
2/ Pemanfaatan Energi
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, da nmenanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4
Membedakan berbagai bentuk energi
melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.6
Menyajikan laporan tentang sumberdaya
alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
IP S
3.5 Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
C.
INDIKATOR
IPA
3.4.1 Membedakan sifat perpindahan panas.
IPS
4.5.1 Menjelaskan pengalaman bekerjasama dengan teman.
D. TUJUAN
1.
Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu membedakan sifat perpindahan panas (konveksi,
konduksi, dan radiasi) dengan benar.
2.
Setelah
melakukan kegiatan bekerja sama dalam melakukan percobaan, siswa menuliskan
pengalamannya dan hal-hal yang telah dipelajari dari kegiatan tersebut dengan
detail dan benar.
E.
MATERI
1. Buku
teks, kertas, benang, dan lilin.
2. Gambar energi.
3.
Cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan aman.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
DiskusidanCeramah
G.
SUMBER DAN MEDIA
- Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
- Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
- Buku Pengembangan Diri Anak.
- Sumber Motivasi/ Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/Video/slide/buklet/pamflet/gambartentang
Pemanfaatan
Energi.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|||
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa.
3. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang
relevan.
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis
anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
|||
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa mengamati gambar dan
berdiskusi tentang konduksi, konveksi, dan radiasi.
2. Siswa melakukan percobaan tentang
konduksi, konveksi, dan radiasi dan membuat kesimpulan hasil percobaan.
3.
Siswa
membuat refleksi sikap saat melakukan percobaan.
4. Siswa mengerjakan evaluasi.
5. Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
6.
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan taksonomi perenungan di halaman
150.
7.
Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya tentang berbagai hal yang ingin ia ketahui lebih
lanjut.
|
185
menit
|
|||
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa menuliskan refleksi dari
kegiatan :
a. Apa yang kalian pelajari dari
kegiatan hari ini?
b. Kegiatan apa yang paling kalian
sukai?
c. Mengapa?Kesulitan apa yang kalian
temuai?
d.
Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan
sehari-hari?
e.
Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya!
2. Guru menyampaikan pesan moral
untuk memanfaatkan energy dengan bijak.
3. Tugas: Mengisi tabel penggunaan
energi di rumah.
4. Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
5. Salam
dan do’a
penutup.
|
15
menit
|
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain sikap :
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian
pengetahuan : tes tertulis
c.
Penilaian
Ketrampilan : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk
- InstrumenPenilaian
a. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubahan tingkah laku
|
|||||||||||
Rasa ingin tahu
|
objektif
|
teliti
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
………….
|
|||||||||||||
………….
|
|||||||||||||
…………..
|
b.
Evaluasi dinilai dengan angka
c.
Daftar Periksa IPA
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
Siswa dapat membuat
kesimpulan tentang radiasi dengan benar
|
||
Siswa dapat membuat
kesimpulan tentang konduksi dengan benar
|
||
Siswa dapat membuat
kesimpulan tentang konveksi dengan benar
|
d.
Daftar Periksa IPS
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
Dalam cerita sudah tertulis
tentang refleksi sikap saat melakukan percobaan
|
||
Dalam cerita sudah tertulis tentang halhal yang perlu diperhatikan
saat melakukan percobaan
|
||
Dalam cerita sudah tertulis 4 sikap yang perlu ditunjukkan saat bekerja sama dengan
teman
|
Mengetahui
KepalaSekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
……....,……………..
Guru Kelas 4
…………………………..
|
No comments:
Post a Comment