Saturday, November 29, 2014

RPP Kelas 4 Tema 1 Sub tema 3 Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SD Negeri.......................................
Kelas / Semester        :  4 /1
Tema                          :  1/ Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                   :  3/ Bersyukur Atas Keberagaman
Pembelajaran ke       :  2
Alokasi waktu            :  1 x Pertemuan ( 6 x 35 menit )

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR
SBdP
3.2  Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.2  Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi-rendah nada

IPA
3.5  Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
4.3  Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi

BAHASA INDONESIA
3.1  Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1  Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

MATEMATIKA
3.2  Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan.
4.1  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.

C.    INDIKATOR
SBdP
4.5.1   Menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan gerakan tangan yang menunjukkan panjang-pendek dan tinggi-rendah nada/bunyi.

IPA
4.4.1   Membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah dalam bentuk percobaan membunyikan botol-botol kaca.

Bahasa Indonesia
4.1.1   pengalaman tentang percobaan tinggi rendahnya bunyi dalam bentuk tulisan.

Matematika
3.2.1        Melakukan penaksiran terhadap banyak benda yang disajikan dalam gambar dan menemukan hasilnya.

D.    TUJUAN
1.      Dengan menggunakan gerakan tangan, siswa mampu menunjukkan kemampuannya
2.      menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan panjang pendek dan tinggi rendah bunyi/nada yang benar.
3.      Dengan melakukan percobaan, siswa mampu membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah ketika membunyikan botol-botol kaca.
4.      Dengan menjawab pertanyaan, siswa mampu menceritakan pengalaman tentang percobaan tinggi rendahnya bunyi dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kosakata baku.
5.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu menemukan jawaban dari soal penaksiran terhadap banyak benda dengan benar.

E.     MATERI
1.      8 botol kaca dengan ukuran yang sama, 1 buah sendok, air, 2 botol untuk diisi biji-bijian, biji-bijian sebanyak 55 butir.
2.      Lagu “Yamko Rambe Yamko” yang berasal dari Papua yang dilengkapi dengan tangga nada.
3.      Istilah menaksir/penaksiran.
4.      Gambar dodol khas Indonesia menaksir.






F.     PENDEKATAN & METODE
1.         Pendekatan   : Scientific
2.         Strategi         : Cooperative Learning
3.         Teknik           : Example Non Example
4.         Metode         : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah


G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan

1.      Guru mengucapkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa siswa.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
1.      Siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” yang berasal dari Papua yang dilengkapi dengan tangga nada yang terdapat pada buku siswa. (Buku siswa hal. 79)
2.      Guru memberi contoh cara menyanyikannya. Kegiatan akan menjadi lebih menarik jika saat bernyanyi dapat diiringi gitar atau alat musik lainnya.
3.      Selesai bernyanyi bersama, guru meminta siswa kembali menyanyikan hanya baris ke-2 dan ke-3 agar siswa dapat membedakan antara nada rendah di baris ke-2 dan nada tinggi di baris ke-3.
4.      Siswa kembali menyanyikan nada tinggi dan rendah dengan gerakan tangan.

5.      Guru sesekali membimbing dengan gerakan tangan yang sebelumnya dicontohkan.
6.      Siswa melakukan percobaan membunyikan botol dengan irama “Yamko Rambe Yamko”
 
7.      Siswa menceritakan pengalaman tersebut melalui tulisan dengan bantuan beberapa pertanyaan tertulis. (Penilaian no. 3)

8.      Siswa bermain tebak jumlah biji dalam botol sesuai instruksi guru.
9.      Guru mengenalkan istilah menaksir/penaksiran.
10.  Guru dan siswa memeriksa kebenaran jumlah biji dalam kedua botol.
11.  Siswa mengerjakan soal-soal penaksiran. (Buku siswa hal. 81)
12.  Siswa mengamati gambar dodol khas Indonesia dan menaksir banyaknya.  (Buku siswa hal. 82)
13.  Siswa mengomunikasikan hasil kepada teman di sebelahnya.

185menit
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. (Buku siswa hal. 83)
2.      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, sertahal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.      Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa Bersyukur Atas Keberagaman.
5.      Tugas : Kerjasama dengan orang tua
·         Siswa mendata taksiran kerupuk atau makanan khas daerah di rumahnya dan mengaplikasikan sikap jujur saat menemukan hasil.
6.      Minta siswa menceritakan hasilnya kepada teman di sekolah.
7.      Salam dan doa penutup.

15 menit


H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/ Inspirasi Hidup : http://rokhmaninstitute.blogspot.com/ Video/ slide/ gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.


I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

b.      PenilaianHasilBelajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.

b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.






1.          Daftar periksa kegiatan menyanyi. ( SBdP )
          Berilah tanda Checklis ( V ) pada kolom yang sesuai di bawah ini!
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa mampu menyanyikan lagu “ Yamko Rambe Yamko “ dengan gerakan tangan yang menunjukkan panjang pendek bunyi.


Siswa mampu menyanyikan lagu “ Yamko Rambe Yamko “ dengan gerakan tangan yang menunjukkan tinggi rendah bunyi.



2.          Daftar periksa membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah. ( IPA )
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa mampu mebedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah ketika membunyikan botol-botol kaca.


Siswa mampu membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah dalam bentuk tulisan.



3.          Daftar periksa menceritakan pengalaman. ( Bahasa Indonesia )
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa mampu menceritakan pengalaman tentang percobaan tinggi rendahnya bunyi dengan menggunakan botol-botol kaca.


Siswa mampu menceritakan pengalamannya tersebut berdasarkan pertanyaan-pertanyaan penuntun.



4.          Penilaian Sikap ( ras ingin tahu, percaya diri dan cermat ).
                
                 Berilah tanda Checklis ( V ) pada kolom yang sesuai di bawah ini!
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Rasa Ingin Tahu
Percaya Diri
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….









………….









…………..









Ket :    BT  = Belum Terlihat
            MT = Mulai Terlihat
            MB = Mulai Berkembang
            M    = Membudaya
                                               





Pengayaan
Siswa memilih satu lagu daerah asalnya dan mengaplikasikan gerak tangan sesuai panjang pendek dan tinggi rendah nada.

Remedial
Siswa yang belum dapat mengerjakan latihan penaksiran sebanyak 50% dengan benar, berlatih lagi menaksir banyak benda dengan menggunakan biji-bijian yang sebelumnya digunakan, dilakukan secara berpasangan.




..............,………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN…....




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP




No comments:

Post a Comment