RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Negeri.......................................
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : 1/ Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 3/ Bersyukur Atas Keberagaman
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 x Pertemuan ( 6 x 35
menit )
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
SBdP
3.2 Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.2 Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi-rendah nada
IPA
3.5 Memahami
sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera
pendengaran
4.3 Menyajikan
hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
BAHASA INDONESIA
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
MATEMATIKA
3.2 Menerapkan
penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian
untuk memperkirakan hasil perhitungan.
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
C. INDIKATOR
SBdP
4.5.1 Menyanyikan
lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan gerakan tangan yang menunjukkan panjang-pendek
dan tinggi-rendah nada/bunyi.
IPA
4.4.1 Membedakan
bunyi tinggi dan bunyi rendah dalam bentuk percobaan membunyikan botol-botol
kaca.
Bahasa
Indonesia
4.1.1
pengalaman tentang percobaan tinggi
rendahnya bunyi dalam bentuk tulisan.
Matematika
3.2.1
Melakukan penaksiran terhadap banyak
benda yang disajikan dalam gambar dan menemukan hasilnya.
D.
TUJUAN
1. Dengan
menggunakan gerakan tangan, siswa mampu menunjukkan kemampuannya
2. menyanyikan
lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan panjang pendek dan tinggi rendah bunyi/nada
yang benar.
3. Dengan
melakukan percobaan, siswa mampu membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah
ketika membunyikan botol-botol kaca.
4. Dengan
menjawab pertanyaan, siswa mampu menceritakan pengalaman tentang percobaan
tinggi rendahnya bunyi dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kosakata baku.
5. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menemukan jawaban dari soal penaksiran terhadap
banyak benda dengan benar.
E.
MATERI
1.
8 botol kaca dengan ukuran yang sama, 1
buah sendok, air, 2 botol untuk diisi biji-bijian, biji-bijian sebanyak 55
butir.
2.
Lagu
“Yamko Rambe Yamko” yang berasal dari Papua yang dilengkapi dengan tangga nada.
3. Istilah menaksir/penaksiran.
4.
Gambar
dodol khas Indonesia menaksir.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative
Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
DiskusidanCeramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikis
siswa dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa siswa.
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa bersama-sama menyanyikan
lagu “Yamko Rambe Yamko” yang berasal dari Papua yang dilengkapi dengan
tangga nada yang terdapat pada buku siswa. (Buku
siswa hal. 79)
2. Guru memberi contoh cara
menyanyikannya. Kegiatan akan menjadi lebih menarik jika saat bernyanyi dapat
diiringi gitar atau alat musik lainnya.
3. Selesai bernyanyi bersama, guru
meminta siswa kembali menyanyikan hanya baris ke-2 dan ke-3 agar siswa dapat
membedakan antara nada rendah di baris ke-2 dan nada tinggi di baris ke-3.
4. Siswa kembali menyanyikan nada
tinggi dan rendah dengan gerakan tangan.
5. Guru sesekali membimbing dengan
gerakan tangan yang sebelumnya dicontohkan.
6. Siswa melakukan percobaan
membunyikan botol dengan irama “Yamko Rambe Yamko”
7. Siswa menceritakan pengalaman
tersebut melalui tulisan dengan bantuan beberapa pertanyaan tertulis. (Penilaian no. 3)
8. Siswa bermain tebak jumlah biji
dalam botol sesuai instruksi guru.
9. Guru mengenalkan istilah
menaksir/penaksiran.
10. Guru dan siswa memeriksa kebenaran
jumlah biji dalam kedua botol.
11. Siswa mengerjakan soal-soal
penaksiran. (Buku siswa hal. 81)
12. Siswa mengamati gambar dodol khas
Indonesia dan menaksir banyaknya. (Buku siswa hal. 82)
13. Siswa mengomunikasikan hasil
kepada teman di sebelahnya.
|
185menit
|
Penutup
|
1.
Siswa melakukan
perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. (Buku siswa hal. 83)
2.
Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, sertahal
lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru
mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan
jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan
informasi dari siswa lainnya.
4.
Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa
Bersyukur Atas Keberagaman.
5. Tugas :
Kerjasama dengan orang tua
·
Siswa mendata taksiran kerupuk atau makanan khas
daerah di rumahnya dan mengaplikasikan sikap jujur saat menemukan hasil.
6. Minta siswa menceritakan hasilnya
kepada teman di sekolah.
7. Salam
dan do’a
penutup.
|
15 menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/ Inspirasi Hidup : http://rokhmaninstitute.blogspot.com/ Video/ slide/ gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
PenilaianHasilBelajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
1.
Daftar
periksa kegiatan menyanyi. ( SBdP )
Berilah tanda Checklis ( V ) pada kolom yang sesuai di
bawah ini!
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa mampu
menyanyikan lagu “ Yamko Rambe Yamko “ dengan gerakan tangan yang menunjukkan
panjang pendek bunyi.
|
||
Siswa mampu
menyanyikan lagu “ Yamko Rambe Yamko “ dengan gerakan tangan yang menunjukkan
tinggi rendah bunyi.
|
2.
Daftar
periksa membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah. ( IPA )
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa mampu
mebedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah ketika membunyikan botol-botol kaca.
|
||
Siswa mampu membedakan
bunyi tinggi dan bunyi rendah dalam bentuk tulisan.
|
3.
Daftar
periksa menceritakan pengalaman. ( Bahasa Indonesia )
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa mampu
menceritakan pengalaman tentang percobaan tinggi rendahnya bunyi dengan
menggunakan botol-botol kaca.
|
||
Siswa mampu
menceritakan pengalamannya tersebut berdasarkan pertanyaan-pertanyaan
penuntun.
|
4.
Penilaian
Sikap ( ras ingin tahu, percaya diri dan cermat ).
Berilah tanda Checklis ( V ) pada
kolom yang sesuai di bawah ini!
No
|
Nama
|
Perubahan tingkah
laku
|
|||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Percaya Diri
|
||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
………….
|
|||||||||
………….
|
|||||||||
…………..
|
Ket : BT = Belum Terlihat
MT = Mulai Terlihat
MB = Mulai Berkembang
M
= Membudaya
Pengayaan
Siswa memilih
satu lagu daerah asalnya dan mengaplikasikan gerak tangan sesuai panjang pendek
dan tinggi rendah nada.
Remedial
Siswa yang belum
dapat mengerjakan latihan penaksiran sebanyak 50% dengan benar, berlatih lagi
menaksir banyak benda dengan menggunakan biji-bijian yang sebelumnya digunakan,
dilakukan secara berpasangan.
..............,………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN…....
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment