Friday, November 28, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 2 Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       :
Kelas / Semester           :  IV (Empat)  / 1
Tema                             :  2 / Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                      : 2 / Pemanfaatan Energi
Pembelajaran ke            : 1
Alokasi waktu              : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR

IPA

3.4      Membedakan berbagai bentuk energy melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6           Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

PPKn

3.2      Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2           Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Bahasa Indonesia

3.1           Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentanggaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.



C.    INDIKATOR

IPA
3.4.1   Mengidentifikasi sumber dan perubahan energi dalam kegiatankegiatan yang ada dalam gambar.
4.6.1     Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas.

PPKn
4.2.1     Melaksanakan perilaku sikap hemat energy.

Bahasa Indonesia
3.1.1     Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan memperhatikan penulisan  dan penggunaan kosakata baku.

D.    TUJUAN
1.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi dengan benar.
2.      etelah melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan benar.
3.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan benar.
4.      Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dan berhemat dalam penggunaan energi dengan mandiri dan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan dan energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan sehari-hari.
2.       Percobaan tentang energi panas.
3.      Membuat kalimat (laporan) agar mudah dipahami oleh pembaca Cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan aman Sikap hemat energi.

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan            : Scientific
2.      Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah.

G.    MEDIA, ALAT, SUMBER
1.      Media             : Buku teks, kertas, benang, dan lilin.
2.      Sumber            :
a.    Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
b.   BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4 (BukuTematikTerpaduKurikulum 2013, Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
c.    BukuPengembanganDiriAnak.

H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.   Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.   Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
Menit
Kegiatan
Inti
1.           Siswa secara berpasangan mengamati gambar, siswa untuk mengeksplorasi gambar secara detail dan cermat dengan tujuan tertentu (mengamati kegiatan yang dilakukan dan sumber energinya).
2.           Siswa menulis dan mengomunikasikan hasil pengamatan gambar secara lisan di depan kelas.
3.           Siswa mengamati gambar kegiatan dan menuliskan energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan itu.
Alternatif Pembelajaran
4.      Guru mengajak siswa ke perpustakaan untuk melakukan studi kepustakaan dan mencari bentuk kegiatan, energy yang digunakan, dan sumber energinya.
5.      Guru menyediakan gambar yang menampilkan berbagai macam kegiatan yang menggunakan energy yang lebih bervariatif dengan mengambil gambar dari berbagai majalah, koran, atau media lain.
6.      Siswa melakukan percobaan, mengamati, dan menuliskan hasil percobaan tentang energi panas pada buku siswa.
7.      Siswa menuliskan hasil percobaan yang telah dilakukan.
8.      Guru membantu siswa menemukan hal-hal yang perlu diamati dengan memberikanpertanyaan-pertanyaan seperti:
a.    Bagaimana penulisan kata, lambang bilangan, dan tanda baca yang digunakan pada laporan tersebut?
b.   Bagaimana merangkaikan antarkalimat dalam tiap paragrafnya?
c.    Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah kalimat?
d.   Bagaimana membuat kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca?
9.       Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan adalah:
a.       Ketepatan penulisan huruf, kata, lambang bilangan, serta ketepatan penggunaan tanda baca.
b.      Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan suatu maksud sesuai situasi dan kondisi.
c.       Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingindisampaikan kepada pembacanya.
d.      Kalimat yang baik harus mengandung subjek dan predikat.
e.       Adanya keterpaduan antar paragraf.
10.  Siswa mendiskusikan hal-hal apa saja yang dapat dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
11.  Siswa mendiskusikan sikap apa saja yang harus ditunjukkan pada saat kegiatan percobaan dilakukan.
12.  Siswa menganalisis gambar yang ada pada buku tentang sikap hemat energi.
13.  Siswa berdiskusi tentang cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan amansecara berkelompok.
14.  Siswa mengemukan pendapatnya pada kegiatan diskusi kelas yang dibimbing guru.
15.  Saat kegiatan diskusi, guru memandu siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya dengan mengucapkan kata-kata pujian yang membangun/positif bila ada siswa yang berani mengungkapkan pendapatnya.
16.  Apabila siswa belum berani mengungkapkan pendapatnya, bisa dimulai dengan pendapat yang diberikan oleh guru dan meminta siswa untuk melanjutkannya.
17.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.

    185
Menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini? Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temui? Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
2.      Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan energy dengan bijak.
3.      Tugas: Mengisi tabel penggunaan energi di rumah.
4.      Salam dan doa penutup.

Ø  Remedial
Bagi siswa yang masih belum memahami materi dengan menyeluruh, dapat diberikankesempatan untuk mengulang materi tersebut 1 jam setelah pulang sekolah.
Ø  Pengayaan
Siswa dapat mencari lebih lanjut tentang penerapan energi panas.
    15
Menit



I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain sikap        : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejakdari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian pengetahuan      : Tes tertulis
c.       Penilaian Ketrampilan       : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk

  1. InstrumenPenilaian

1.      Daftar periksa IPA
Criteria

keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan bentuk energy dengan benar


Menuliska sumber energy dengan benar



2.      Rubric unjuk kerja IPA dan Bahasa Indonesia


Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih lagi
Tujuan
Tujuan percobaan sangat jelas.


(2)
Tujuan percobaan cukup jelas.


(1,5)
Tujuan percobaan kurang jelas.

(1)

Tujuan percobaan tidak jelas.

(0,5)

Perlengkapan dan bahan
Seluruh perlengkapan dan bahan ditulis lengkap
(2)
Sebagian besar perlengkapan dan bahan ditulis
(1,5)
Sebagian kecil perlengkapan dan bahan ditulis.
(1)
perlengkapan dan bahan tidak ditulis

(0,5)
Langkah kerja.
Seluruh langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.
(4)
Sebagian besar langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.
(3)
Hanya sebagian kecil langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.
(2)
Semua langkah kerja percobaan tidak ditulis secara runtut.
 (1)
Kesimpulan
Kesimpulan dinyatakan dengan sangat jelas dan didukung data yang akurat

(4)    
Kesimpulan dinyatakan cukup jelas, namun terdapat beberapa data pendukung yang tidak akurat.
(3)
Kesimpulan kurang jelas dan sebagian data pendukung tidak akurat.

(2)
Kesimpulan tidak jelas dan tidak didukung data yang akurat

(1)

Catatan: centang (v) pada bagian yang memenuhi criteria.
Penilaian : total nilai/9 x 10, contoh penilaian : 1,5 + 1 +4 +3/9 x10 = 12/9 x10 =8,5

Konversi  Nilai

Predikat
Klasifikasi
…….
A
Sangat baik
…….
B
Baik
…….
C
Cukup
…….
D
Kurang
           


3.      Daftar periksa IPA, Bahasa Indonesia dan PPKn
Mata Pelajaran
Criteria
Sudah
Belum

IPA
Menuliskan contoh kegiatan yang ada pada gambar 


Menghubungkan kegiatan dan sumber energy yang digunakan


Bahasa Indonesia dan PPKn
Menuliskan cerita tentang penggunaan energy secara aman dan hemat dirumah.


Menuliskan ide-ide tentang cara menggunakan alat-alat listrik dengan aman.



4.      Penilaian Sikap

No
Nama
                                                         Perubahan tingkah laku
1.       

Rasa ingin tahu
Obyektif
Teliti
Hati-hati
Bertanggung jawab
Menghargai
2.       
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
3.       
























4.       
























5.       
























6.       

























Pengayaan
Siswa dapat mencari lebih lanjut tentang penerapan energi panas.





                                                                                    …………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP


No comments:

Post a Comment