RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : IV (Empat)
/ 1
Tema : 2 / Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 2 / Pemanfaatan Energi
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 x
pertemuan (6 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4
Membedakan berbagai bentuk energy
melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.6
Menyajikan laporan tentang sumberdaya
alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
PPKn
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Bahasa
Indonesia
3.1
Menggali informasi dari teks laporan
hasil pengamatan tentanggaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
C.
INDIKATOR
IPA
3.4.1 Mengidentifikasi sumber dan perubahan energi dalam kegiatankegiatan
yang ada dalam gambar.
4.6.1 Menyajikan laporan hasil percobaan yang
berhubungan dengan energi panas.
PPKn
4.2.1 Melaksanakan perilaku sikap hemat energy.
Bahasa
Indonesia
3.1.1
Menyajikan
laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan memperhatikan penulisan dan penggunaan kosakata baku.
D. TUJUAN
1.
Dengan
mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk
energi dengan benar.
2.
etelah
melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan
benar.
3.
Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang
berhubungan dengan energi panas dengan benar.
4.
Dengan
bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dan berhemat dalam
penggunaan energi dengan mandiri dan benar.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Kegiatan dan energi yang digunakan
serta perubahannya saat melakukan kegiatan sehari-hari.
2. Percobaan
tentang energi panas.
3. Membuat kalimat (laporan) agar mudah dipahami
oleh pembaca Cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan
aman Sikap hemat energi.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah.
G.
MEDIA, ALAT, SUMBER
1.
Media :
Buku
teks, kertas, benang, dan lilin.
2.
Sumber :
a. Dirianak, Lingkungankeluarga,
danLingkungansekolah.
b. BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4
danBukuSiswaTema 2 Kelas 4 (BukuTematikTerpaduKurikulum 2013, Jakarta:
KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
c. BukuPengembanganDiriAnak.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing.
2.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa secara berpasangan mengamati gambar, siswa
untuk mengeksplorasi gambar secara detail dan cermat dengan tujuan tertentu (mengamati
kegiatan yang dilakukan dan sumber energinya).
2.
Siswa menulis dan mengomunikasikan hasil pengamatan
gambar secara lisan di depan kelas.
3.
Siswa mengamati gambar kegiatan dan menuliskan
energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan itu.
Alternatif
Pembelajaran
4.
Guru mengajak siswa
ke perpustakaan untuk melakukan studi kepustakaan dan mencari bentuk
kegiatan, energy yang digunakan, dan sumber energinya.
5.
Guru menyediakan gambar yang menampilkan berbagai
macam kegiatan yang menggunakan energy yang lebih bervariatif dengan
mengambil gambar dari berbagai majalah, koran, atau media lain.
6.
Siswa melakukan percobaan, mengamati, dan menuliskan
hasil percobaan tentang energi panas pada buku siswa.
7.
Siswa menuliskan hasil percobaan yang telah dilakukan.
8.
Guru membantu siswa menemukan hal-hal yang perlu
diamati dengan memberikanpertanyaan-pertanyaan seperti:
a.
Bagaimana penulisan kata, lambang bilangan, dan
tanda baca yang digunakan pada laporan tersebut?
b.
Bagaimana merangkaikan antarkalimat dalam tiap paragrafnya?
c.
Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah
kalimat?
d.
Bagaimana membuat kalimat agar mudah dipahami oleh
pembaca?
9.
Hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam membuat laporan adalah:
a.
Ketepatan penulisan
huruf, kata, lambang bilangan, serta ketepatan penggunaan tanda baca.
b.
Ketepatan penggunaan
kata-kata untuk mengungkapkan suatu maksud sesuai situasi dan kondisi.
c.
Keefektifan kalimat untuk
mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingindisampaikan kepada
pembacanya.
d.
Kalimat yang baik harus
mengandung subjek dan predikat.
e.
Adanya keterpaduan antar paragraf.
10.
Siswa mendiskusikan hal-hal apa saja yang dapat
dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
11.
Siswa mendiskusikan sikap apa saja yang harus ditunjukkan pada
saat kegiatan percobaan dilakukan.
12.
Siswa menganalisis gambar yang ada pada buku tentang
sikap hemat energi.
13.
Siswa berdiskusi tentang cara aman menggunakan
alat-alat listrik dengan amansecara berkelompok.
14.
Siswa mengemukan pendapatnya pada kegiatan diskusi
kelas yang dibimbing guru.
15.
Saat kegiatan diskusi, guru memandu siswa agar
berani mengungkapkan
pendapatnya dengan mengucapkan
kata-kata pujian yang membangun/positif bila ada siswa yang berani mengungkapkan
pendapatnya.
16.
Apabila siswa belum berani mengungkapkan
pendapatnya, bisa dimulai dengan pendapat yang diberikan oleh guru dan
meminta siswa untuk melanjutkannya.
17.
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
|
185
Menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang
kalian pelajari dari kegiatan hari ini? Kegiatan
apa yang paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temui? Hal baik
apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan
mengapa kamu perlu menerapkannya.
2.
Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan
energy dengan bijak.
3.
Tugas: Mengisi tabel penggunaan energi di rumah.
4.
Salam dan do’a penutup.
Ø
Remedial
Bagi siswa yang masih belum memahami materi dengan
menyeluruh, dapat diberikankesempatan untuk mengulang materi tersebut 1 jam
setelah pulang sekolah.
Ø
Pengayaan
Siswa
dapat mencari lebih lanjut tentang penerapan energi panas.
|
15
Menit
|
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain sikap : Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejakdari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c.
Penilaian
Ketrampilan : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk
- InstrumenPenilaian
1. Daftar
periksa IPA
Criteria
|
keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan bentuk energy
dengan benar
|
|
|
Menuliska
sumber energy dengan benar
|
|
|
2. Rubric
unjuk kerja IPA dan Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Bagus
Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih
lagi
|
Tujuan
|
Tujuan percobaan sangat jelas.
(2)
|
Tujuan percobaan cukup jelas.
(1,5)
|
Tujuan percobaan kurang jelas.
(1)
|
Tujuan percobaan tidak jelas.
(0,5)
|
Perlengkapan
dan bahan
|
Seluruh perlengkapan dan bahan ditulis
lengkap
(2)
|
Sebagian besar perlengkapan dan bahan ditulis
(1,5)
|
Sebagian kecil perlengkapan dan bahan
ditulis.
(1)
|
perlengkapan dan bahan tidak ditulis
(0,5)
|
Langkah
kerja.
|
Seluruh langkah kerja percobaan ditulis
secara runtut.
(4)
|
Sebagian besar langkah kerja percobaan
ditulis secara runtut.
(3)
|
Hanya sebagian kecil langkah kerja percobaan
ditulis secara runtut.
(2)
|
Semua langkah kerja percobaan tidak ditulis
secara runtut.
(1)
|
Kesimpulan
|
Kesimpulan dinyatakan dengan sangat jelas dan
didukung data yang akurat
(4)
|
Kesimpulan dinyatakan cukup jelas, namun
terdapat beberapa data pendukung yang tidak akurat.
(3)
|
Kesimpulan kurang jelas dan sebagian data
pendukung tidak akurat.
(2)
|
Kesimpulan tidak jelas dan tidak didukung
data yang akurat
(1)
|
Catatan:
centang (v) pada bagian yang memenuhi criteria.
Penilaian
: total nilai/9 x 10, contoh penilaian : 1,5 + 1 +4 +3/9 x10 = 12/9 x10 =8,5
Konversi Nilai
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
…….
|
A
|
Sangat
baik
|
…….
|
B
|
Baik
|
…….
|
C
|
Cukup
|
…….
|
D
|
Kurang
|
3. Daftar
periksa IPA, Bahasa Indonesia dan PPKn
Mata
Pelajaran
|
Criteria
|
Sudah
|
Belum
|
IPA
|
Menuliskan
contoh kegiatan yang ada pada gambar
|
|
|
Menghubungkan
kegiatan dan sumber energy yang digunakan
|
|
|
|
Bahasa
Indonesia dan PPKn
|
Menuliskan
cerita tentang penggunaan energy secara aman dan hemat dirumah.
|
|
|
Menuliskan
ide-ide tentang cara menggunakan alat-alat listrik dengan aman.
|
|
|
4. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubahan
tingkah laku
|
||||||||||||||||||||||||
1.
|
|
Rasa ingin tahu
|
Obyektif
|
Teliti
|
Hati-hati
|
Bertanggung jawab
|
Menghargai
|
|||||||||||||||||||
2.
|
…
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
|
3.
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
…………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment