Sunday, November 30, 2014

RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SD Negeri.......................................
Kelas / Semester        : 4/1
Tema                          : 1/ Indahnya Kebersamaan
 Sub Tema                  : 3/ Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran ke       : 1
Alokasi waktu            : 1 x Pertemuan ( 6 x 35 menit )

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan) rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.5                Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5                Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

SBdP
3.5              Memahami cerita terkait situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah.
4.17          Menceritakan cerita terkait situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah

IPS
3.2              Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu-Buddha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
4.2              Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial,ekonomi, dan pendidikan.






C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.5.1        Menuliskan kembali bahan bacaan dengan menggunakan kata-kata sendiri dengan menemukan informasi penting dalam setiap paragraf.

SBdP
3.5.1        Berkreasi membuat cerita sederhana tentang situs-situs budaya dengan menggunakan bahasa daerah.

IPS
3.2.1        Menemukan perbedaan pada masa praaksara dan masa aksara.
4.2.1        Menuangkan fakta-fakta penting dari masa praaksara, masa Hindu-Buddha, dan masa Islam.

D.    TUJUAN
1.      Setelah membaca teks, siswa mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan menggunakan kata-katanya sendiri dengan benar.
2.      Dengan menggunakan bahasa daerah, siswa mampu menulis cerita sederhana tentang beberapa situs budaya dengan benar.
3.      Dengan membaca teks, siswa mampu menemukan perbedaan antara masa praaksara, masa Hindu Budha, dan masa Islam, kemudian menuliskan fakta-fakta pentingnya dalam bentuk tabel dengan benar.

E.     MATERI
1.      Teks mengenai kehidupan masyarakat pra aksara.
2.      Teks tentang tiga candi.
3.      Bacaan tentang ketiga candi dalam bahasa daerah.
4.      Kerajaan Islam di Indonesia.

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Strategi            : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Melakukan apersepsi kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa siswa.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10
Menit
Inti
1.      Siswa membaca teks mengenai kehidupan masyarakat praaksara. (Buku siswa hal. 73)
2.      Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang zaman praaksara.
3.      Siswa membaca teks tentang masyarakat praaksara dan membuat ringkasan dengan memuat pokok-pokok sesuai tertera pada buku siswa.
4.      Hasil ringkasan diperlihatkan kepada teman sebelah untuk saling dikomentari (apa yang kurang, apa yang kurang sesuai).
5.      Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang tiga candi yang tertera padabuku siswa.
Line Callout 3: CANDI
CANGKUANG
Line Callout 1: CANDI MUARO JAMBILine Callout 2 (Border and Accent Bar): CANDI BOROBUDUR  
Horizontal Scroll: Guru membaca teks tentang tiga candi dalam bahasa daerah.  





6.      Siswa menuliskan kembali bacaan tentang ketiga candi dalam bahasa daerah. Selanjutnya siswa membacakan hasilnya kepada teman dalam kelompok.
(Penilaian no. 2)

7.      Siswa membaca teks tentang sebuah kerajaan Islam di Indonesia. (Buku siswa hal. 77)
8.      Secara berkelompok, siswa membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya, kemudian menukarkan hasilnya dengan hasil pekerjaan kelompok lain. Siswa juga menjawab pertanyaan yang ada.
9.      Siswa membuat kesimpulan dari ketiga masa di Indonesia dalam bentuk tabel dengan memerhatikan beberapa hal penting. (Buku siswa hal. 78)
150 menit
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran har ini. (Buku siswa hal. 78)
2.      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahka ninformasi dari siswa lainnya.
4.      Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa Bersyukur Atas Keberagaman.
5.      Tugas: Siswa diberi kesempatan untuk menceritakan pengalamannya bercerita dalam bahasa daerah. Dan mintalah orang tuamu mengomentarinya.
6.      Salam dan doa penutup.

15    menit


H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         SumberMotivasi/InspirasiHidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/ Video/ slide/ gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.

I.         PENILAIAN
1.    Prosedur Penilaian
a.      Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2.    InstrumenPenilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.

b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.


1.        Kegiatan membut ringkasan kehidupan masyarakat praaksara di nilai daftar periksa.
( Bahasa Indonesia ).
No
Kriteria Pengukuran
Ya
Tidak
1
Ringkasan berisi informasi tentang bagaimana manusia praaksara mendapat makanan.



2
Ringlasan berisi informasi tentang cara hidup manusia praaksara.



3
Ringkasan berisi informasi tentang tempat hidup manusia praaksara.



4
Ringkasan berisi informasi tentang alat bantu untuk berburu dan mengumpulkan makanan.




2.         Kegiatan menulis cerita dalam bahasa daerah di nilai dengan daftar periksa. ( SBdP )
No
Kriteria Pengukuran
Ya
Tidak
1
Cerita berisi letak candi.



2
Cerita berisi agama asal candi berada.



3
Cerita memuat kerajaan yang membangun candi.



4
Cerita berisi kapan candi tersebut dibangun.




3.         Kegiatan membedakan masa praaksara, masa Hindu Buddha, dan masa Islam dinilai dengan daftar petiksa. ( IPS )
No
Kriteria Pengukuran
Ya
Tidak
1
Dapat menemukan perbedaan terkait kepercayaan/agama ketiga masa.



2
Dapat menemukan perbedaan terkait tempat tinggal ketiga masa.



3
Dapat menemukan perbedaan terkait pemerintahan ketiga masa.




4.    Penilaian Sikap ( Peduli, Percaya Diri, dan Rasa ingin Tahu ).

a.        Penilaian Sikap
Berilah tanda Checklis ( V ) pada kolom yang sesuai di bawah ini!
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Peduli
Percaya Diri
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….









………….









…………..








Ket :    BT  = Belum Terlihat              MT = Mulai Terlihat
            MB = Mulai Berkembang       M    = Membudaya
                                   
Pengayaan
Siswa mencari informasi dari perpustakaan tentang satu benda bersejarah yang ada di daerahnya.


..............,………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN…....




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP





No comments:

Post a Comment