RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Negeri.......................................
Kelas / Semester : 4/1
Tema : 1/ Indahnya
Kebersamaan
Sub Tema : 3/ Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 x Pertemuan ( 6 x 35
menit )
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan) rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.5
Menggali informasi dari teks ulasan buku
tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.5
Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku
tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
SBdP
3.5
Memahami cerita terkait situs-situs
budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa
daerah.
4.17
Menceritakan cerita terkait situs-situs
budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa
daerah
IPS
3.2
Memahami manusia, perubahan dan
keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu-Buddha, Islam dalam aspek
pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
4.2
Merangkum hasil pengamatan dan
menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara,
Hindu Buddha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial,ekonomi, dan pendidikan.
C. INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
3.5.1
Menuliskan kembali bahan bacaan dengan
menggunakan kata-kata sendiri dengan menemukan informasi penting dalam setiap
paragraf.
SBdP
3.5.1
Berkreasi membuat cerita sederhana
tentang situs-situs budaya dengan menggunakan bahasa daerah.
IPS
3.2.1
Menemukan perbedaan pada masa praaksara
dan masa aksara.
4.2.1
Menuangkan fakta-fakta penting dari masa
praaksara, masa Hindu-Buddha, dan masa Islam.
D.
TUJUAN
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menceritakan kembali isi bacaan dengan menggunakan kata-katanya sendiri dengan
benar.
2.
Dengan menggunakan bahasa daerah, siswa
mampu menulis cerita sederhana tentang beberapa situs budaya dengan benar.
3.
Dengan membaca teks, siswa mampu
menemukan perbedaan antara masa praaksara, masa Hindu Budha, dan masa Islam,
kemudian menuliskan fakta-fakta pentingnya dalam bentuk tabel dengan benar.
E.
MATERI
1.
Teks
mengenai kehidupan masyarakat pra
aksara.
2.
Teks
tentang tiga candi.
3.
Bacaan
tentang ketiga candi dalam bahasa daerah.
4.
Kerajaan
Islam di Indonesia.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Melakukan apersepsi kehadiran siswa.
3. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikis siswa
dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa siswa.
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
Menit
|
Inti
|
1.
Siswa membaca teks mengenai kehidupan masyarakat
praaksara. (Buku siswa hal. 73)
2.
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan
tentang zaman praaksara.
3.
Siswa membaca teks tentang masyarakat praaksara dan
membuat ringkasan dengan memuat
pokok-pokok sesuai
tertera pada buku siswa.
4.
Hasil ringkasan diperlihatkan kepada teman sebelah
untuk saling dikomentari (apa yang kurang, apa yang kurang sesuai).
5.
Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang tiga
candi yang tertera padabuku siswa.
6.
Siswa menuliskan kembali bacaan tentang ketiga candi
dalam bahasa daerah. Selanjutnya siswa membacakan hasilnya kepada teman dalam
kelompok.
(Penilaian no. 2)
7.
Siswa membaca teks tentang sebuah kerajaan Islam di Indonesia. (Buku siswa hal. 77)
8.
Secara berkelompok, siswa membuat pertanyaan
sebanyak-banyaknya, kemudian menukarkan hasilnya dengan hasil pekerjaan
kelompok lain. Siswa juga menjawab pertanyaan yang ada.
9.
Siswa membuat kesimpulan dari ketiga masa di
Indonesia dalam bentuk tabel dengan memerhatikan beberapa hal penting. (Buku siswa hal. 78)
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran har ini. (Buku siswa hal. 78)
2.
Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahka ninformasi dari siswa lainnya.
4.
Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa
Bersyukur Atas Keberagaman.
5.
Tugas: Siswa diberi kesempatan untuk menceritakan
pengalamannya bercerita dalam bahasa daerah. Dan
mintalah orang tuamu mengomentarinya.
6.
Salam dan do’a
penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
SumberMotivasi/InspirasiHidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/ Video/ slide/ gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2.
InstrumenPenilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
1.
Kegiatan membut ringkasan kehidupan
masyarakat praaksara di nilai daftar periksa.
( Bahasa Indonesia ).
No
|
Kriteria Pengukuran
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Ringkasan berisi informasi tentang
bagaimana manusia praaksara mendapat makanan.
|
||
2
|
Ringlasan berisi informasi tentang
cara hidup manusia praaksara.
|
||
3
|
Ringkasan berisi informasi tentang
tempat hidup manusia praaksara.
|
||
4
|
Ringkasan berisi informasi tentang
alat bantu untuk berburu dan mengumpulkan makanan.
|
2.
Kegiatan menulis cerita dalam bahasa
daerah di nilai dengan daftar periksa. ( SBdP )
No
|
Kriteria Pengukuran
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Cerita berisi letak candi.
|
||
2
|
Cerita berisi agama asal candi berada.
|
||
3
|
Cerita memuat kerajaan yang membangun
candi.
|
||
4
|
Cerita berisi kapan candi tersebut
dibangun.
|
3.
Kegiatan membedakan masa praaksara, masa
Hindu Buddha, dan masa Islam dinilai dengan daftar petiksa. ( IPS )
No
|
Kriteria Pengukuran
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Dapat menemukan perbedaan terkait
kepercayaan/agama ketiga masa.
|
||
2
|
Dapat menemukan perbedaan terkait
tempat tinggal ketiga masa.
|
||
3
|
Dapat menemukan perbedaan terkait pemerintahan
ketiga masa.
|
4. Penilaian
Sikap ( Peduli, Percaya Diri, dan Rasa ingin Tahu ).
a.
Penilaian Sikap
Berilah
tanda Checklis ( V ) pada kolom yang sesuai di bawah ini!
No
|
Nama
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||
Peduli
|
Percaya Diri
|
||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
………….
|
|||||||||
………….
|
|||||||||
…………..
|
Ket : BT = Belum Terlihat MT
= Mulai Terlihat
MB
= Mulai Berkembang M = Membudaya
Pengayaan
Siswa mencari informasi dari
perpustakaan tentang satu benda bersejarah yang ada di daerahnya.
..............,………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN…....
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment