RENCANA
PELAKSANAAN P EMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SD N
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
I (SATU) / 1(satu)
|
|
Tema / Topik
|
:
|
DIRIKU
|
|
Sub Tema
|
:
|
1.Aku dan Teman Baru
|
|
Pertemuan Ke- /Pembelajaran ke-
|
:
|
5 (lima)
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 (SATU ) HARI
|
|
A.
|
Kompetensi
Inti
- Menrima dan menjalankanajaran
agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku
jujur,disiplin,tanggungjawab,santun,peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,teman,dan keluarga.
- Memahami pengetahuan
faktualdengan cara mengamati (mendengar,melihat,membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk hidup ciptaan tuhan
dan kegiatannya,dan benda benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
- Menyajikan pengetahuan
faktual dalam nahasa yang jelas dan logis ,dalam karya yang
efektif,dalam gerakkan yang mencerminkan anak sehat,dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
|
B
|
Kompetensi
Dasar
Matematika :
3.4.
Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan
mundur sampai 20
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99
sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan 2 buah bilangan asli lainnya
dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator
3.4.1
Mengidentifikasi besaran bilangan dengan menghitung maju
3.4.2
Mengidentifikasi besaran bilangan dengan menghitung mundur
4.1,1
Mengurutkan bilangan dengan urutan maju 1 sampai 5
4.1.2
Mengurutkan bilangan dengan urutan mundur 5-1
B.Indonesia :
3.1 Mengenal teks diskriptif tentang anggota
tubuh dan panca indra,wujud dan sifat benda,serta peristawa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam baha indonesia lisan dan tulisan yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman .
4.1’
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan
panca indra,wujud
dan sifat benda serta peristiwa siang dan malam
secara
mandiri dalam bahasa indonseia lisan dan tulis yang dapat
ditulis
dengan kosakata berbahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
-
Menebalkan angka 1 – 5 sesuai benda
PJOK :
3.1
Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan
,arah,ruang gerak,hubungan,dan usaha dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional .
4.1 Mempraktikan pola gerak dasar lokomotor yang
dilandasi konsep
gerak
(sepeerti konsep tubuh.ruang,hubungan dan usaha).
Indikator
3.1.1Melakukan
gerakan lokomotor sesuai dengan arahan guru’
4.1 .1Melakukan
gerakan lokomotor berlari berpasangan
|
|
|
|
|
C.
|
Tujuan pembelajaran :
- Setelah mendengar arahan dari
guru siswa dapat mempraktikan gerakan lari dengan benar.
- Dengan memperhatikan contoh
dari guru,siswa siswa dapat mempraktikan lari berpasangan sambil
berpegangan dengan benar.
- Dengan permainan kartu
angka,siswa dapat mengurutkan bilangan 1 – 5 dengan benar.
|
|
D.
|
Materi Pembelajaran :
-
Mengurutkan bilangan bersama 1 – 5 dengan benar2.
Bermain sambil mengurutkan bilangan 1 - 5
-
Menebalkan angka 1 – 5
-
Mengurutkan dari yang terkecil
-
Bermain bersama teman ( kegiatan praktik )
-
Berlari berpasangan dengan teman.
|
|
E.
F.
|
Pendekatan dan Metode pembelajaran
Pendekatan ScientificStrategi Cooperative Learning
Metode Tanya jawab, Diskusi
,Tugas.Demonstrasi,Eksperimen
Media (Alat) dan Sumber Belajar MEDIA
; Kalung angka dari karton bertuliskan nomor 1 – 5 sesuai
kebutuhan.Sumber Belajar = - Buku siswa dan buku guru tema 1 sub tema 1
hal 18 s.d. 22
-
Lingkungan Sekolah (perpustakaan)
-
Diri anak
|
|
G.
|
Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan : 10 menit
- Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
- Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
- Menanyakan tugas piket agar
bersih dan nyaman dalam belajar
- Menginformasikan tema ”yang
akan dipelajarai yaitu tentang Diriku,sub tema Aku dan Teman Baru .”
Kegiatan INTI : 150 menit
- Guru mengajak siswa keluar
kelas,seluruh siswa diminta berbaris dengan rapi sesuai dengan urutan
tinggi badan.
- Siswa diminta melakukan
pemanasan sebelum melakukan olah raga.
- Siswa diminta berlari
keliling lapangan’
- Siswa diminta untuk mencari
pasangan yang telah ditentukan oleh guru sebelumnya’
- Siswa diminta untuk saling
berpegangan tangan’
- Siswa diminta berlari
mengelilingi lapangan sambil berpegangan tangan.
- Setiap pasangan tidak boleh
menyenggol pasangan lainnya.
- Kegiatan ditutup dengan
menanyakan pengalaman siswa saat mengikuti kegiatan.
9. Siswa
diajak untuk menghitung dari 1 – 5 lalu menghitung mundur dari 5 sampai 1”.
- Siswa diminta untuk membentuk
kelompok sejumlah 5 orang,tidak boleh lebih.
- Guru membagikan kalung angka
yang sudah dibuat .
- Setiap kelompok mendapatakan
satu set kalung bernomor bilangan satu sampai lima
- Masing-masing siswa mendapat
satu kalung lalu memakainya. Kalung angka diberikan secara acak kepada
setiap anggota kelompok.
- Siswa dimta berbaris
berurutan dikelompoknya setelah aba-aba dari
guru.
- Lalu Guru memberi aba-aba
agar setiap kelompok bersiap-siap.
- Ulangi kegiatan yang sama
tetapi sebelumnya bertukar kalung denga nomor lainnya untuk
mendapatkan pengalaman yang lebih banyak.
17. Siswa
diminta kembali kekelas setelah mengikuti bembelajaran diluar kelas.
- Siswa diminta untuk masuk ke
kelas
- Guru memberikan contoh cara
menebalkan angka satu asaampai lima yaitu dari tanda panah berwarna
merah.
- Siswa diminta untuk
mengerjakan latihan menebalkan angka
- Siswa mengerjakan penebalan
angka pada halaman buku siswa
- Guru dan siswa bersama-sama
membuat kesimpulan tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung
selama satu hari
- Hasil kegiatan dari pekerjaan
siswa ditempel dipapan pajangan.Dilanjutkan dengan menasehari siswa agar
membiasakan budaya antri sesuai dengan nomor urut kehadiran,punya rasa
tanggung jawab dan percaya diri.
Penutup : 15 menit
- Bersama siswa membuat
kesimpulan pada kegiatan sewhari.
- Melakukan tanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
- Melakukan penilaian hasil
belajar
- Mengajak semua siswa berdoa
menurut agama dan keyakinan masing- masing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H. Penilaian
1.
Pengamatan
sikap
NO
|
NAMA
|
Percaya
diri
|
Disiplin
|
Bekerja
sama
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
1
|
Doni
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
2
|
Udin
|
√
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian
pengetahuan
Instrumen
penilaian : ter tertulis ( isian )
Pertanyaan
:
1.
Siapa
yang membagikan kalung ?
2.
Setiap
kelompok mendapat 1 set kalung bernomor bilangan nomor berapa ?
Jawaban
:
1.
Bapak
/ ibu guru
2. bernomor bilangan 1 - 5
3.Penilaian
ketrampilan
a.
Penilaian
: Unjuk kerja
Nama
: dodo
NO
|
KRITERIA
|
BAIK
SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU
BIMBINGAN
|
1
|
Semangat
dan kekompakan
|
|
√
|
|
|
2
|
Ketaatan
pada aturan main
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Penilaian
: Unjuk kerja
Nama
: dodo
NO
|
KRITERIA
|
BAIK
SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU
BIMBINGAN
|
1
|
Semangat
dan kekompakan
|
|
√
|
|
|
2
|
Ketaatan
pada aturan main
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
NAMA
|
Skore
|
Skore
penilaian
|
Pengetahuan
|
Ketrampilan
|
Skore
1 - 100
|
Skore
1 – 4
|
1
|
Dodo
|
80
|
78
|
|
|
2
|
Didi
|
78
|
79
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala SDN..................................
NIP,
|
Guru kelas
NIP,
|
No comments:
Post a Comment