RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan :
Kelas / Semester : 4 (empat)/ 1
Tema : 2/ Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 2/ Pemanfaatan Energi
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan ank sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan danmendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
PJOK
3.8 Memahami konsep makanan bergizi dan jajanan sehat menjaga kesehatan tubuh.
4.3 Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.
Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu – Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
C. INDIKATOR
IPA
3.4.1 Menjelaskan sifat hantaran panas dan perbedaannya.
PJOK
3.8.1 Menjelaskan zat-zat makanan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
Bahasa Indonesia
3.5.1 Memberikan ulasan sederhana dari sebuah artikel tentang bahaya makanan berformalin
dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.5.2 Menemukan arti beberapa kata dari teks bacaan.
D. TUJUAN
1. Setelah kegiatan membaca teks dan membandingkan menu makanan, siswa mampu
menjelaskan tentang zat – zat makanan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
2. Setelah membaca artikel tentang bahaya makanan berformalin, siswa mampu memberikan ulasan sederhana dengan benar.
3. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyimpulkan sifat hantaran panas dan
kecepatan hantaran panas dengan benar.
4. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan perbedaan hantaran panas.
E. MATERI
1. Bekal makanan/minuman siswa.
2. Piramida makanan.
3. Zat pembangun, zat pengatur, dan zat tenaga.
4. Menu makanan.
5. Teks bacaan tentang bahaya makanan berpengawet (boraks dan makanan yang mengandung MSG).
6. Sifat hantaran panas secara konduksi pada benda padat.
F. PENDEKATAN & METODE
1. Pendekatan : Scientific
2. Strategi : Cooperative Learning
3. Teknik : Example Non Example
4. Metode : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah
G. MEDIA/ALAT BANTU DAN SUMBER BELAJAR:
• Bekal siswa
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
| |||
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
| |||
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa mengamati piramida makanan lalu mendiskusikan dengan teman sebangku tentang jenis makanan apa saja yang termasuk zat pembangun, zat pengatur, dan zat tenaga.
2. Siswa mengamati bekal makanan yang dibawa dan mengelompokkan zat yang terkandung pada makanan yang dibawa.
3. Siswa membandingkan menu makanan yang dia tulis dengan menu makanan yang ditulis temannya.
4. Siswa memilih teman pasangannya sendiri dalam kegiatan membandingkan.
5. Siswa membuat kesimpulan. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang berbagai hal yang ingin ia ketahui lebih lanjut.
6. Siswa membaca teks bacaan tentang bahaya makanan berpengawet (boraks dan makanan yang mengandung MSG).
7. Siwa membuat ringkasan tentang isi teks dengan kalimat sndiri dengan memperhatikan pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar.
8. Siswa memberikan komentar tentang isi teks.
9. Siswa memberikan pendapat tentang hal baik apa yang dapat dipelajari dari informasi yang didapat.
10. Siswa melakukan percobaan tentang sifat hantaran panas secara konduksi pada benda padat.
11. Siswa membuat kesimpulan dari percobaan.
12. Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
13. Guru menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan taksonomi perenungan.
|
185
menit
| |||
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :
a. Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
b. Kegiatan apa yang paling kalian sukai?
c. Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai?
d. Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari?
e. Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
2. Guru menyampaikan pesan moral untuk Selalu Berhemat Energi.
3. Tugas: Mengamati menu makanan yang ada di rumah dan mengelompokkan sesuai zat makanannya, serta zat aditif yang biasa digunakan.
a. Hitunglah KPK dari 12 dan 16
b. Melanjutkan tabel tentang aturan hemat energi di rumah.
4. Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
5. Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
I. SUMBER DAN MEDIA
- Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
- BukuPedoman Guru Tema 2Kelas 4danBukuSiswaTema 2Kelas 4 (BukuTematikTerpaduKurikulum 2013,Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
J. PENILAIAN
- Teknik Penilaian
a. Penilain sikap : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian pengetahuan : Tes tertulis
c. Penilaian Ketrampilan : PenilaianKinerja, Penilaian Produk
.
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubahan tingkah laku
| |||||||
Jujur
|
Santun
| ||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
| ||
………….
| |||||||||
................
|
.
b. Daftar Periksa Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Dapat menemukan semua informasi yang ada di teks bacaan.
| ||
Dapat menyampaikan pendapat tentang ulasan yang ada pada teks bacaan.
| ||
Dapat mengambil hal yang baik yang ada di teks.
| ||
Siswa dapat menuliskan komentar dan informasi dengan menggunakan tanda baca yang benar.
| ||
Siswa dapat menuliskan arti dari katakata sulit yang ada.
|
c. Daftar Periksa untuk PJOK.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa mampu membuat menu makanan yang terdiri dari zatpembangun, pengatur, dan zat tenaga
| ||
Siswa mampu menyebutkan contohcontoh yang termasuk zatpembangun, pengatur, dan zat tenaga
| ||
Siswa mampu membuat kesimpulan dari kegiatan membandingkan yang berhubungan dengan makanan sehat
|
d. Daftar Periksa IPA.
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang sifat benda berdasarkan hantaran panas secara konduksi dengan benar
| ||
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang perbedaan
sifat hantaran panas secara konduksi pada berbagai benda dengan benar
| ||
Siswa dapat menuliskan bendabenda yang mudahmenghantarkan panas
| ||
Siswa dapat menuliskan bendabenda yang sulitmenghantarkan panas
|
Pengayaan
Saat materi makanan sehat, guru dapat memberikan buku-buku lain atau minta siswa untuk membawa buku-buku yang dimiliki di rumah untuk dapat bertukar informasi. Dengan demikian, dapat menambah pengetahuan siswa tentang makanan sehat dan zat-zat yang terkandung di dalamnya.
Remedial
Bagi siswa yang belum paham materi dapat diberikan buku-buku tambahan agardapat menambah pengetahuan tentang jenis-jenis vitamin, makanan sehat, dan cara mengidentifikasi makanan yang mengandung MSG. Keesokan harinya guru memberikan penguatan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang materi.
Mengetahui
KepalaSekolah
………………………………
NIP. …………………………
|
………...,………………
Guru Kelas 4
…………………………..
|
No comments:
Post a Comment