RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SD.......................................
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
I (SATU) / 1(satu)
|
|
Tema / Topik
|
:
|
1.DIRIKU
|
|
Sub Tema
|
:
|
AKU danTEMAN BARU
|
|
Pembelajaran
|
:
|
4
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 HARI
|
|
A.
|
Kompetensi Inti (KI)
|
||
- Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
- Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca)
dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan
disekolah.
- Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Bahasa Indonesia Menerima anugrah Tuhan Yang Maha
Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas
penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2 Memiliki
rasa percaya dri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1
Mengenal teks deskripti tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4
Mengenal teks cerita diri/personal tentang
keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam Bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
4.4 Menyampaikan teks cerita diri /personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasaIndonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.1.1
Mengidentifikasi teks yang berkaitan dengan karakteristik bend .
3.1.2 .Mengurutkan huruf a-b-c-d-e-f dengan
urutan yang benar
3.4.1
Menulis di udara,pasir,dan punggung
4.4.1 Mengenal huruf vokal a-i-u-e-o
4.4.2
Menebalkan garis sesuai petunjuk.
SBD
1.1Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1Menunjukkan rasa percaya diri
untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal
cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7 Menyajikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi
gambar sebagai salah satu karya seni ekspresi
4.7.1 Menyanyikan
lagu “ a,b,c “ dengan irama yang benar.
PJOK
1.1Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.1Menunjukkan perilaku percaya diri
dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar
lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah ruang
gerak,hubungan,dan uasaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.1 Mempraktikan pola gerak dasar
lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang menggunakan arah,ruang
gerak,hubungan,dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau
tradisional.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi gerak lokomotor pada
aktifitas berjalan.
4.1.1 Melakukan gerak lokomotor menggunakan
kaki dalam berjalan lurus
4.1.2 Melakukan gerak lokomotor menggunakan
kaki dalam berjalan zig zag
4.1.3 Melakukan gerak lokomotor menggunakan
kaki dalam berjalanlengkung
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat
menyanyikan
lagu “a-b-c” dengan benar.
2.
Setelah bernyanyi dan bermain, siswa dapat menyusun
huruf
dengan urutan yang benar.
3. Dengan
melihat contoh, siswa dapat menyusun nama
mereka
dari kartu-kartu huruf dengan tepat.
4.
Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana,
siswa
dapat berjalan membentuk garis lurus dengan
benar.
5.
Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana,
siswa
dapat berjalan membentuk garis zigzag dengan
benar.
6.
Setelah melakukan gerakan pada permainan
sederhana,
siswa dapat berjalan membentuk garis
lengkung
dengan benar.
7. Dengan
penjelasan dari guru, siswa dapat
mempraktikkan
posisi duduk yang benar pada saat
menulis
dengan tepat.
8. Dengan
penjelasan dari guru, siswa dapat
mempraktikkan
cara memegang pensil yang benar
pada saat
menulis dengan tepat.
9.
Setelah mempraktikkan sikap tubuh dan cara
memegang
pensil yang benar pada saat menulis siswa
dapat
menebalkan garis dengan benar.
D. .Materi Pembelajaran
Beberapa set kartu huruf (a-z) berbentuk
lingkaran
• Pensil
• Buku
siswa
• Potongan karton berukuran 7 x 20 cm
E.
Pendekatan dn Metode Pembelajaran
Pendekatan Scientific
Strategi Cooperative Learning
Metode Tanya jawab, Diskusi dan
tugas
F. Media (Alat) dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto keluarga
• Bola dan gawang
• Lem dan gunting
• Biji bijian
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan :10 menit
- Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
- Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
- Menginformasikan
tema ”Diriku” dan sub tema ”Aku dan Teman Baru”
Kegiatan INTI : 150 menit
Langkah-langkah kegiatan:
1. Tempelkan huruf a-z di papan tulis.
2. Siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c” sambil
menunjukkan huruf yang disebut.
3. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok.
4. Setiap kelompok diberikan satu set kartu huruf
(ada yang daru a-g, h-n, o-t, dan u-z), lalu diminta
mengurutkannya.
5. Setelah mengurutkan huruf, setiap kelompok diminta
menuliskan huruf-huruf tersebut di udara, sesuai arahan
guru.
18 Buku Guru Kelas 1 SD/MI
6. Setelah menulis di udara dilanjutkan dengan menulis di
punggung dan di pasir.
7. Setelah siswa menulis huruf di udara, di punggung dan
di pasir, mintalah mereka untuk memperhatikan hurufhuruf
yang terdapat pada namanya.
8. Guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya
menghargai teman dalam kegiatan kelompok.
9. Kemudian guru menyampaikan setelah siswa bermain
di dalam kelas, sekarang akan bermain di luar kelas dan
mengajak ke luar kelas.
10. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
11. Masing-masing kelompok dibagi dua, lalu berdiri
berpisah berhadap-hadapan dengan jumlah yang
seimbang.
12. Siswa no. 1 di sisi A diminta untuk berjalan lurus atau
berlari menuju titik. Masing-masing kelompok beradu
cepat.
13. Kegiatan kedua, guru meminta siswa berdiri di titik A
yang telah dibuat guru sebelumnya membentuk garis
zigzag menuju titik B.
14. Siswa nomor 1 diminta untuk berjalan menyusuri garis
zigzag sampai ke siswa no. 5. Lalu siswa-siswa lain
melangkah mundur satu garis. Selanjutnya siswa no. 2
yang berada di posisi 1 berjalan membuat garis zigzag
sampai ke posisi no. 5. Demikian seterusnya sampai
kesebelas siswa melakukannya.
15. Kegiatan ketiga guru menggambar garis lengkung
jika memungkinkan, dan siswa berada di titik puncak
garis. Jika tidak memungkinkan guru memberi tanda di
tengah-tengah masing-masing siswa. Minta siswa no. 1
berjalan menyusuri garis lengkung sampai ke siswa no.
5 dan seterusnya (dilakukan, seperti tahapan berjalan
zigzag).
16. Siswa kembali ke dalam kelas.
17. Guru menyampaikan sebelum menulis siswa perlu
mengetahui posisi tubuh yang benar pada saat
menulis dan memegang pensil yang benar. Lalu, guru
mencontohkan
dan meminta siswa mempraktikkannya.
18. Guru juga menyampaikan ujung pensil tidak terlalu
runcing dan tidak tumpul dengan memperlihatkan
contoh pensil yang diraut baik dan kurang baik.
19. Guru menyampaikan setelah bergerak sesuai garis lurus,
zigzag, dan lengkung, siswa akan menggambarkan
garis-garis tersebut di buku siswa dengan menggunakan
pensil.
Tema 1 Subtema: Aku dan Teman Baru 19
20. Lalu, siswa diminta melihat gambar di buku siswa dan
mengerjakan latihan menulis dengan menebalkan garis
dan nama teman di buku siswa.
21. Sebagai penutup, guru memberikan guntingan karton
yang sudah disiapkan dan meminta siswa menuliskan
nama panggilannya di karton tersebut.
22. Guru mengajak siswa untuk bersyukur kepada Tuhan,
karena diberi kaki untuk bergerak dan tangan untuk
menulis.
Penutup : 15 menit
- Bersama
siswa membuat kesimpulan terkait dengan pembelajaran
- Melakukan
tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui
ketercapaian materi)
- Melakukan
penilaian hasil belajar
- Mengajak
semua siswa berdoa
H. Penilaian
1. Pengamatan
sikap
NO
|
NAMA
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
.........
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
.........
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
.........
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis ( isian )
1. Tulislah
huruf a,b,c,d,e di bukumu?
2. Tulislah
kata aku?
3. Lengkapilah
t..m a n?
Kunci jawaban
1. Sesuai di
buku peserta didik
2. Sesuai di
buku peserta didik
3. Teman
3.
Penilaian Ketrampilan
a. Penilaian
: Unjuk kerja
Rubrik menyusun huruf berurutan
NO
|
KRITERIA
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
1
|
Ketepatan
susunan huruf
|
Kelompok
mampu menyusun 4 atau lebih dengan tepat
|
Kelompok
mampu menyusun 3dengan tepat
|
Kelompok
mampu menyusun 2 dengan tepat
|
Kelompok
belum mampu menyusun huruf
|
2
|
Ketapatan
waktu penyelesaian tugas
|
Selesai
sebelum waktu yang digunakana
|
Selesai
tepat waktu
|
Terlambat
maksimal 5 menit
|
Terlambat
lebih dari 5 menit
|
3.
|
Kerja sama
kelompok
|
Seluruh
anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Lebih
dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Kurang
dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Seluruh
anggota kelompok berpartisipasi pasif
|
b. Penilaian
: Unjuk kerja
Rubrik kegiatan menemukan huruf
vokal dalam kalimat
NO
|
KRITERIA
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
1
|
Ketepatan menemukan
huruf vokal dalam kalimat
|
Siswa
mampu menemukan huruf vokal dengan tepat dalam 4-5 kalimat
|
Siswa
mampu menemukan huruf vokal dengan tepat dalam 3 kalimat
|
Siswa
mampu menemukan huruf vokal dengan tepat dalam 2 kalimat
|
Siswa
mampu menemukan vokal dengan tepat dalam 1 kalimat
|
2
|
Ketepatan
waktu penyelesaian tugas
|
Selesai
sebelum waktu yang ditentukan
|
Selesai
tepat waktu
|
Terlambat
maksimal 5 menit
|
Terlambat
lebih dari 5 menit
|
3.
|
Kerjasama
kelompok
|
Seluruh
anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Setengah
atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Kurang
dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Seluruh
anggota kelompok berpartisipasi pasif
|
NO
|
NAMA
|
Skore
|
Skore penilaian
|
||
Pengetahuan
|
Ketrampilan
|
Skore 1 - 100
|
Skore 1 – 4
|
||
1
|
................
|
|
|
|
|
2
|
...............
|
|
|
|
|
3
|
dst
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala
SDN..................................
NIP,
|
Guru kelas
NIP,
|
No comments:
Post a Comment