RENCANA
PELAKSANAAN P EMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SDN ................
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
I (SATU) / 1(ganjil)
|
|
Tema
|
:
|
Diriku
|
|
Sub Tema
|
:
|
Aku dan Teman Baru
|
|
Pembelajan Ke-
|
:
|
2 (dua)
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 (SATU ) HARI
|
|
A.
|
Kompetensi INTI
|
||
B
|
Kompetensi Dasar
PKn :
1.1Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugrah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di
sekolah
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi aturan dalam suatu permainan
Bahasa Indonesia :
1.1 Menerima
anugrah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas
penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2 Memiliki
rasa percaya dri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.3Mengenal
teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang
keberadaankeluarga denganbantuan
guruatau teman dalam bahasaIndonesia lisan dan tulis yangdapat diisi
dengan
kosakatabahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.3
Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4 Menyampaikan teks cerita
diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam
bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah
untuk membantu penyajian
indikator
3.3.1Mengidentifikasi nama teman
3.4.1Mengidentifikasi nama teman
4.3.1Mempraktikkan cara menyampaikan terima kasih
4.4.1Menyebutkan identitas teman
Matematika :
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2Menunjukkan
perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas
berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan
kelompok terkecil sampai besar
3.1
Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan
bahasa yang sederhana
4.1
Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau
pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan
jawaban
indokator
3.1.1Menghitung banyak benda 1-5
4.1.1Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang
ditentukan
|
||
C.
|
Tujuan pembelajaran :
1.
Setelah mengikuti permainan, siswa dapat mengenal
konsep bilangan 1-5 dengan tepat.
2.
Dengan melakukan permainan siswa dapat mengenal
lambang bilangan dengan benar.
3.
Dengan melakukan permainan, siswa dapat
mengidentifikasi nama teman baru dengan
tepat
4. Setelah
mengidentifikasi, siswa dapat menyebutkan kembali nama temannya dengan benar.
|
||
D.
|
Materi Pembelajaran :
1.
Pengenalan
lambang bilangan (buku siswa
halaman 6-7)
2.
Mengenalkan teman (buku siswa hal 8 )
|
||
E.
|
Pendekatan dan Metode pembelajaran :
- Pendekatan
Scientific ( Mengamati,Menanya,Mengumpulkan Informasi
/Eksperimen, Mengasosiasikan / Menalar, dan Mengkomunikasikan )
- Strategi
Cooperative Learning
- Metode Tanya
jawab, Diskusi dan Bermain peran
|
||
F
|
Media (Alat) dan Sumber Belajar
Media : Media dan alat pembelajaran:
• Buku siswa
• Potongan kertas bertuliskan angka 1-5 sebanyak 3
set
atau lebih
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru tema1.
Diriku
|
||
G.
|
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan : 10 menit
Kegiatan INTI : 150 menit
Langkah-langkah mengenal bilangan sambil bermain :
1.
Guru menyampaikan bahwa mereka akan bermain sambil
mengenal bilangan dan mengajak siswa untuk berhitung bersama dari 1-5.
2. Guru
mengenalkan konsep dan lambang bilangan 1-5.
3. Guru
menempelkan kertas bertuliskan angka 1-5 di beberapa bagian kelas. Misalnya,
angka 1 ditempel disatu sudut kelas. Angka 2 ditempel di papan tulis.
4. Satu siswa
diminta untuk berdiri di dekat angka 1, dua siswa diminta berdiri di dekat
angka 2 demikian seterusnya sampai di angka 5 dengan lima orang siswa
5. Siswa
diminta kembali ke tempat semula.
6. Guru
menghitung sampai angka 5 dan meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka
tersebut.
7. Jumlah
siswa di setiap sudut harus sesuai dengan angka yang tertera. Misalnya, pada
sudut dengan angka 1, hanya ada satu siswa di sana. Begitu juga dengan angka
yang lainnya.
8. Guru
mengulang kegiatan sampai siswa paham mengenai banyak benda dan lambang
bilangan 1-5.
9. Guru melakukan refleksi kegiatan dengan cara
meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
10. Siswa
berlatih memasangkan lambang bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan di buku
siswa.
11. Guru
mengajak siswa untuk mengenal temannya dengan bermain mengenal teman baru.
12. Minta
siswa untuk berkumpul membuat kelompok masing-masing 5 orang.
13. Siswa akan
berbagi informasi mengenai nama panggilan dan nama lengkap.
14. Setiap
siswa akan menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelahnya.
15. Lalu,
setiap kelompok membentuk lingkaran
16. Masing-masing
kelompok mengundi siapa yang mendapat giliran pertama mengenalkan nama lengkap teman di
sebelahnya.
17. Siswa yang
mendapat giliran pertama bertugas menyebutkan identitas teman yang duduk di
sebelah kanannya
18. Siswa
kedua bertugas menyebutkan identitas teman berikutnya.
19. Teman lain
mengamati dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
20. Kegiatan
diulang sampai semua mendapat giliran.
21. Guru
membuat tabel yang berisi nama lengkap dan nama panggilan.
22. Siswa
diminta menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman jika ada.
23. Guru
menuliskan nama-nama siswa yang memiliki nama lengkap dan nama panggilan yang
sama dalam satu kelompok.
24. Setelah
semua terdata, guru mengajak siswa memperhatikan nama-nama siswa dalam setiap
kelompoknya.
25. Setelah
selesai, guru bersama siswa menyimpulkan bahwa hampir semua anak mempunyai
nama lengkap dan nama panggilan dan semua nama bagus.
Penutup : 15 menit
|
||
H.
Penilaian
1. Pengamatan
sikap
NO
|
NAMA
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
...........
|
||||||||||||
2
|
...........
|
||||||||||||
3
|
...........
|
||||||||||||
4
|
dst
|
2. Penilaian
pengetahuan
Instrumen penilaian : ter tertulis
( isian )
Pertanyaan :
1. Tuliskan
angka 1 sampai dengan angka 5 ?
2. Pasangkan
gambar dibawah ini dengan angka - angka ?
3. Sebutkan
nama – nama temanmu setu kelas minimal 5 orang ?
a. Penilaian
: observasi
Lembar pengamatan ketaatan dalam
peraturan permainan
Nama : Udin tanggal, 28 – 05 - 2014
NO
|
KRITERIA
|
TERLIHAT
|
BELUM
TERLIHAT
|
1
|
Siswa
mampu mengikuti instruksi guru.
|
||
2
|
Siswa
terlibat aktif dalam kegiatan.
|
||
3
|
Siswa
mengikuti peraturan dalm permainan
|
||
4
|
Siswa
mengenal konsep dan lambang bilangan
|
b. Penilaian
: Unjuk kerja
Rubrik Kegiatan Memperkenalkan
Teman
NO
|
KRITERIA
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
1
|
Kemampuan
menyebutkan identitas teman dalam kelompok
|
Siswa
mampu menyebutkan identitas dari 4 atau lebih temannya
|
Siswa
mampu menyebutkan identitas dari 3 temannya
|
Siswa
mampu menyebutkan identitas dari 2 temannya
|
Siswa mampu menyebutkan identitas dari
1 temannya
|
2
|
Kerjasama
kelompok
|
Seluruh
anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Setengah
atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Kurang
dari setengah anggota kelompok
berpartisipasi aktif
|
Seluruh
anggota kelompok terlihat pasif
|
3
|
Keterlibatan
dalam kegiatan
|
Selalu
tertib sepanjang kegiatan
|
Sesekali
saja tidak tertib
|
Sering
tidak tertib dan mengganggu kelas namun masih bisa diarahkan
|
Sepanjang
kegiatan tidak tertib dan mengganggu kelas
|
Mengetahui
Kepala
SDN..................................
NIP,
|
Guru kelas
NIP,
|
No comments:
Post a Comment