Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan    : ..................................................................................
Kelas/Semester          : 1/1
Tema/Subtema          : 2.KEGEMARANKU / 1.GEMAR BEROLAHRAGA
Pembelajaran            : 5
Alokasi Waktu           : 5 X 35 menit



A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
3.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Matematika
Kompetensi Dasar :
3.11 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
 4.9  Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal

Indikator :
3.11.1 Mengidentifikasi benda berdasarkan panjang pendeknya
3.11.2 Mengukur jarak lompatan dengan menggunakan alat ukur tidak baku
4.9.1   Mengumpulkan informasi dalam bentuk Tabel

PJOK
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi macam-macam gerak dasar lokomotor
3.1.2 Melakukan gerak lompat jauh
4.1.1 Mempraktikkan gerak lokomotor

  
SBDP
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

Indikator :
3.2.1 Mengidentifikasi syair sebuah lagu bertema
3.7.1   Menyanyikan lagu bertema olahraga

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan mengamati teks, siswa dapat menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dengan percaya diri.
2. Denga mengikuti teks arahan, siswa melakukan praktik lompat jauh dengan teknik yang benar dengan percaya diri.
3. Dengan kegiatan lompat jauh siswa dapat melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur yang tidak baku (tali rafia) dengan tertib.
4. Dengan melakukan kegiatan pengukuran siswa mampu membandingkan jarak lompatannya dengan lompatan temannya dengan tertib.
5. Dengan kegiatan membandingkan jarak lompatan, siswa mampu mengisi tabel data hasil pengukuran dengan tertib.
6. Dengan mengamati syair lagu dengan bantuan guru, siswa dapat menyebutkan apa saja yang dilakukan dalam permainan kasti dengan santun.
7. Dengan mendengarkan guru menyanyikan lagu, siswa mampu menyanyikan  lagu bertema olahraga dengan percaya diri.


D.  Materi Pembelajaran
1.      Jarak (Buku Siswa Halaman 22-23)
2.      Lagu “Basri Jago Kasti” (Buku Siswa Halaman 24)

E.  Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.    Metode              : Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
2.    Pendekatan        : Saintific (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan)

F.   Media, alat dan sumber pelajaran
1.    Media                : Teks lagu Basri Jago Kasti.
2.    Alat                    : Kapur tulis/kayu, tali rafia, gunting.
3.    Sumber Belajar  : Buku siswa Tema 2 Kegemaranku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Halaman 22-24..Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
2.    Guru mengecek kehadiran siswa
3.    Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.    Guru mengingatkan kembali pembelajaran pada hari sebelumnya
15 menit
Kegiatan Inti
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan   mempersiapkan diri.
2. Siswa diminta mengenakan pakaian olahraga, membawa buku siswa, dan alat tulis.
3. Setelah siswa siap, guru mengajak siswa ke halaman/ lapangan sekolah.
4. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
5. Siswa menyimak teks yang dibacakan guru dan penjelasan kegiatan.
6. Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan, yaitu sebagai berikut:
• Siswa melompat mulai dari garis awal yang telah ditentukan.
• Semua siswa mengamati lompatan temantemannya.
• Tempat siswa mendarat diberi tanda dengan kapur tulis atau kayu (jika dilakukan di lapangan tanah), lalu diukur dengan menggunakan tali rafia.
• Semua anggota kelompok mendapat kesempatan melakukan hal yang sama masing-masing satu kali lompatan.uku
• Semua anggota kelompok membandingkan jarak lompatan dengan bantuan tali rafia.
7. Dengan bimbingan guru, siswa mengisi tabel hasil pengamatan yang ada pada buku siswa.
8. Siswa melakukan satu kali lagi lompatan dan menuliskan hasil pengamatannya.
9. Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan kegiatan lompat jauh.
10. Siswa menyimpulkan bahwa alat ukur tidak baku dapat membantu pengukuran yang hasilnya berbeda-beda.
11. Guru membacakan pertanyaan pada buku siswa dan siswa menuliskan jawabannya dengan bahasa sederhana.
12. Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan bacaan di buku siswa.
13. Usai mempergakan latihan, siswa mengamati teks lagu Basri Jago Kasti dengan bantuan guru.
14. Siswa mengidentifikasi apa saja yang dilakukan dalam permainan kasti berdasarkan teks lagu.
15. Guru menyanyikanlagu Basri Jago Kasti.
16. Siswa menyanyikan lagu bersama-sama dengan bantuan guru.
17. Siswa dibagi menjadi empat kelompok.
18. Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan menyambungkan lagu. Berikut ini adalah aturannya.
• Setiap kelompok secara bergiliran menyanyikan sebaris lagu.
• Guru menunjuk kelompok yang pertama kali menyanyikan baris pertama lagu.
• Guru akan menunjuk kelompok menyanyikan lagu secara acak.
• Setiap kelompok diharapkan selalu dalam keadaan siap.
19. Pada akhir kegiatan setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyanyikan   lagu.
150 menit
Penutup
1.    Guru mengarahkan siswa untuk melakukan refleksi dari kegiatan yanng sudah dilakukan
2.    Kegiatan ditutup dengan mengucap janji bersama untuk giat berolahraga agar badan sehat.
10 Menit


H.  Penilaian

1.Teknik Penilaian
a.Penilaian Sikap                       : Tertib, Percaya diri, dan santun
b.Penilaian Pengetahuan            : Tes Tertulis
c.Penilaian Keterampilan           : Kerja/praktik

2.Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap

NO
Nama
Percaya diri
Tertib
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4















b.   Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis (lembar kerja di buku siswa)















c. Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan Lompat Jauh

No
Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1
Kemampuan melakukan lompat jauh
dengan cara benar
....
....
2
Kemampuan mengukur jarak lompatan
....
....
3
Kemampuan membandingkan
lompatan yang paling jauh dan paling
dekat
....
....


Lembar Pengamatan Kegiatan Bernyanyi Berkelompok

No
Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1
Kelompok menyanyikan lagu dengan
Lancar
....
....
2
Kelompok bernyanyi dengan kompak
....
....







Mengetahui                                                                        .................................................
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas



................................................                                                ..............................................
      NIP.......................................                                                NIP. ....................................



No comments:

Post a Comment