RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri
.......................................
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : 1/ Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 3/ Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 x Pertemuan ( 6 x 35 menit )
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan) rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.2 Menerapkan
penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian
untuk memperkirakan hasil perhitungan.
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah
dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
SBdP
3.3
Membedakan panjang-pendek bunyi, dan
tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.7
Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan
lagu daerah yang harus dikenal.
C. INDIKATOR
Matematika
4.1.1 Menyelesaikan
masalah yang terkait dengan penaksiran
SBdP
4.7.1
Menyanyikan lagu ‘Syukur’ dengan nada dan syair yang benar dan memahami
maknanya
D.
TUJUAN
1.
Dengan keterampilan membulatkan
bilangan, siswa mampu menemukan jawabandari soal hitung penaksiran dengan
benar.
2.
Dengan melihat notasi musik lagu
“Syukur”, siswa mampu menunjukkan keterampilanbernyanyi dengan nada dan syair
yang benar dan memahami maknanya.
3.
Setelah mengulang materi pembelajaran,
siswa mampu menyelesaikan soal-soal dalam evaluasi dengan benar.
E.
MATERI
1. Alat
musik pengiring lagu “Syukur”.
2. Lagu “Syukur” ciptaan H. Mutahar
dengan nada dan syair.
3. Soal-soal penaksiran.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
DiskusidanCeramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Melakukan presensi kehadiran siswa.
3. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikis
siswa dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa siswa.
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa menyanyikan lagu “Syukur” ciptaan H. Mutahar
dengan nada dan syair yang tepat seperti tampak pada notasi musik.
2.
Siswa memerhatikan lirik lagu “Syukur” dengan
cermat.
3.
Siswa mendiskusikan makna lagu tersebut secara
berpasangan.
4.
Siswa menuliskan hasil diskusi di dalam buku siswa. (Buku siswa hal. 102)
5.
Siswa menjawab pertanyaan terkait lagu “Syukur”.
6.
Siswa mengerjakan soal-soal penaksiran untuk
menguatkan pemahaman tentang materi tersebut. (Buku siswa hal. 103)
7.
Siswa mengerjakan soal-soal latihan dari beberapa
mata pelajaran yang telah dipelajari.
|
185menit
|
Penutup
|
1.
Siswa melakukan
perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal
lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru
mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan
jawaban mereka.
4.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara/ bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.
Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa
Bersyukur Atas Keberagaman.
6. Tugas: Siswa bercerita kepada
orang tua tentang pengalamannya hari ini, serta mendiskusikan apa saja yang
perlu ia tingkatkan dan apa yang perlu ia pertahankan.
7. Siswa juga dapat menuliskan cerita
tersebut dan meminta orang tuanya memberi komentar.
8. Salam
dan do’a
penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/ Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/ Video/slide/gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
PenilaianHasilBelajar
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
1.
Keterampilan
bernyanyi dinilai dengan daftar periksa. (SBdP)
Siswa
menyanyikan lagu “Syukur”. Beri tanda checklis (V) pada kolom yang sesuai.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa dapat menyanyikan lagudengan
nada yang benar.
|
||
Siswa dapat melantunkan syair dengan
lengkap dan benar.
|
||
Siswa dapat menyanyi dengan tinggi
rendah nada yang sesuai.
|
2.
Lembar
kerja Matematika dinilai dengan angka. (Matematika)
3.
Evaluasi
dinilai dengan angka.
4.
Penilaian
sikap (percaya diri, rasa ingin tahu, dan cermat)
Berilah tanda Checklis ( V ) pada
kolom yang sesuai di bawah ini!
No
|
Nama
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||
Percaya Diri
|
Rasa Ingin Tahu
|
||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
………….
|
|||||||||
………….
|
|||||||||
…………..
|
Ket : BT = Belum Terlihat
MT = Mulai Terlihat
MB = Mulai Berkembang
M = Membudaya
Siswa membuat syair lagu yang bermakna
mensyukuri keberagaman yang ada di Indonesia.
Remedial
Siswa yang tidak dapat mengerjakan
soal-soal Matematika sebanyak 50% dengan benar akan mengerjakan kembali
soal-soal yang salah.
..............,………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN…....
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment