Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : 
Kelas / Semester          :  4 /1
Tema                           : 2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                    : 1. Macam-macam Sumber Energi
Pembelajaranke           : 6
  Alokasi waktu             : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR
IPA
3.6    Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikapenerapannyadalam kehidupan sehari-hari.
4.6        Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

Bahasa Indonesia
3.1    Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

C.    INDIKATOR

IPA
3.6.1     Menjelaskan melalui tulisan berbentuk laporan tentang peranan energi cahaya Matahari dalam kehidupan.
4.6.1        Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat energi cahaya Matahari bagi kehidupan Manusia.

Bahasa Indonesia
4.1.1.      Menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang sifat-sifat cahaya.


D.    TUJUAN
1.      Dengan kegiatan percobaan dan pengamatan, siswa mampu menjelaskan sifat-sifatcahaya sesuai dengan data hasil percobaan dan manfaat cahaya bagi kehidupan manusia.
2.      Setelah melakukan percobaan dan pengamatan tentang sifat-sifat cahaya, siswa mampu menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang sifat-sifat cahaya.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Percobaan untuk mengamati cahaya matahari.
2.      Teks tentang bagian-bagian dalam mata
3.      Gambar tentang bagian mata.

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan            : Scientific
2.      Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.    MEDIA, ALAT, SUMBER
1.      Media, alat            : Benda-benda untuk percobaan: cermin, senter, botol bening, baskom, air, dan lilin.
2.      Sumber                  :
a.    Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
b.   BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4 (BukuTematikTerpaduKurikulum 2013, Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
c.    BukuPengembanganDiriAnak.
H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.    Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.   Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.   Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
Menit
Kegiatan
Inti
1.   Mengajak siswa keluar kelas untuk mengamati cahaya Matahari. Ajukan pertanyaan:
a.       Apa yang kamu ketahui tentang cahaya?
b.      Bagaimana peranan cahaya bagi kehidupan di bumi?
c.       Bagaimana sifat-sifat cahaya?
2.    Beri kesempatan beberapa siswa untuk menjawabpertanyaan.
3.   Siswa kembali ke kelas.
4.   Komunikasikan bahwa mereka akan melakukan percobaan untuk mengetahui dan membuktikan sifat-sifat cahaya.
5.   Bagi siswa menjadi empat kelompok untuk melakukan percobaan tentang 4 sifat cahaya.
6.   Siswa diingatkan untuk mengikuti instruksi yang tercantum pada buku.
7.   Guru menyiapkan alat dan bahan.Setiap kelompok siswa akan melakukan semua percobaan.
8.   guru berkeliling saat siswa melakukan pecobaan dan mengarahkan siswa untuk melakukan percobaan sesuaiinstruksi.
9.   Percobaan akan semakin menarik bila ruang kelas di buat gelap.
10.  Guru bisa meminta siswa bersama-sama menutup semua jendela kelas.
11.  Siswa mencatat hasil percobaan dalam bentuk tabel.
12.  Ingatkan siswa untuk tertib dan mengikuti instruksi yang ada pada buku.
13.  Siswa melakukan analisis data hasil percobaan melalui diskusi bersama teman dalam kelompok dan membuat kesimpulan dari hasil percobaan:
“Dari hasil percobaan menunjukkan bahwa cahaya memiliki sifat merambat lurus, menembus benda bening, bisa dipantulkan, dan bisa dibiaskan.”
14.  Siswa melakukan percobaan tambahan membuat pelangi. Percobaan ini mampu menjelaskan empat sifat cahaya tersebut di atas. Lakukan percobaan di luar kelas saat matahari bersinar terang.
15.  Siswa membaca artikel tentang manfaat cahaya Matahari dan proses penglihatan pada mata.
Bagaimana hubungan cahaya dengan penglihatan?
16.  Guru memininta siswa untuk menutup mata.
17.  Guru mengajukan pertanyaan:
a.       Bisakah kalian melihat?
b.      Mengapa?
18.     Kemudian minta siswa untuk mematikan lampu sehingga ruangan menjadi lebih gelap.
19.     Ajukan pertanyaan: 
a.       Mengapa ruang kelas menjadi lebih gelap? (karena, cahaya di ruangan berkurang.)
b.      Jadi, apakah fungsi cahaya?
c.       Bagaimana hubungan antara cahaya dan mata sebagai indra penglihatan? Siswa membaca artikel tentang proses terpantulnya cahaya pada benda-benda, yaitu masuk ke indra penglihatan pada mata kemudian diterjemahkan oleh saraf penglihatan.
20.  Siswa menerangkan kepada teman sebangku tentang peranan cahaya Matahari sebagai sumber energi, juga tentang peranan cahaya terhadap proses penglihatan, serta pentingnya memelihara kesehatan mata sebagai indra penglihatan.
21.   Ingatkan siswa untuk berbicara dengan lafal dan intonasi yang tepat dan suara yang jelas.
22.   Siswa akan saling menilai presentasi teman menggunakan rubrik.
23.   Siswa mengerjakan soal yang ada pada buku siswa.
24.   Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa.
    185
Menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai? Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
2.      Guru menyampaikan pesan moral untuk Selalu Berhemat Energi.
3.      Tugas: Siswa membuat model cakram warna sederhana dari kertas dengan mengikuti instruksi yang ada pada buku siswa. (tambahkan juring berwarna putih supaya cakram warna saatdiputar akan tampak jelas berwarna putih).
4.      Salam dan doa penutup.

Pengayaan
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk menerangkan tentang peran cahaya Matahari sebagai salah satu bentuk energi yang membuat tanaman dapat hidup, tumbuh berkembang,
dan menyediakan makanan sebagai sumber energi bagi manusia dan hewan di Bumi.
    15
Menit

I.       PENILAIAN
  1. ProsedurPenilaian
a.       Penilain sikap        : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian pengetahuan      : tes tertulis
c.       Penilaian Ketrampilan       : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.


  1. InstrumenPenilaian

1.      Daftar periksa Bahasa Indonesia
kriteria
Bagus sekali
cukup
Belajar lagi
Pemeliharaan mata dan bagian-bagian mata
Menerangkan paling sedikit 4 cara memelihara kesehatan mata dan peranan cahaya matahari sebagai sumber energy.
(5)
Menerangkan hanya 2 cara memelihara kesehatan mata dan sebagian peran cahaya matahari sebagai sumber energy
(3)
Hanya menerangkan satu bagian saja.



(1)
Pemakaian bahasa dan sikap saat menerangkan.
Kalimat teratur dan mudah dipahami, suara jelas dan penuh percaya diri
(5)
Kalimat teratur dan mudah dipahami, tetapi suara kurang jelas dan penuh percaya diri
(3)
Kalimat sulit untuk dipahami, meski tampak percaya diri/ tidak percaya diri.
(1)
Catatan : centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteri.
Contoh penilaian : 5 + 5 / 10 x 10 = 10
Konversi  Nilai

Predikat
Klasifikasi
…….
A
Sangat baik
…….
B
Baik
…….
C
Cukup
…….
D
Kurang


2.      Daftar periksa IPA
Criteria
Ya
Tidak
Dalam tabel laporan percobaan, sudah dijelaskan tentang :


Nama percobaan


Tujuan percobaan


Alat dan bahan


Langkah kerja


Hasil pengamatan



3.      Penilaian sikap
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Kerjasama
Saling menghargai
Tekun
Teliti
Percaya diri
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….





















………….





















…………..





















Pengayaan
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk menerangkan tentang peran cahaya Matahari sebagai salah satu bentuk energi yang membuat tanaman dapat hidup, tumbuh berkembang, dan menyediakan makanan sebagai sumber energi bagi manusia dan hewan di Bumi.









                                                                                                                                    …………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP




No comments:

Post a Comment