Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : 
Kelas / Semester          :  4 /1
Tema                           : 2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                    : 1. Macam-macam Sumber Energi
Pembelajaran ke          : 4
  Alokasi waktu             : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI
1.         Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.1    Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang
gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1     Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

IPS
3.3    Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya.
4.3    Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya.

Matematika
3.11 Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian.
4.1    Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.


C.    INDIKATOR

Bahasa Indonesia
3.1.1  Membuat pertanyaan dari teks laporan yang dibacanya.

IPS
3.3.1  Mengidentifikasi kenampakan alam dan buatan

Matematika
3.11.1    Menerapkan konsep persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penjumlahan, pengurangan, dan perkalian

D.    TUJUAN
1.      Dengan kegiatan membaca teks, siswa mampu mengolah informasi menjadi bentuk pertanyaan tentang manfaat bendungan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan menggunakan kosakata baku dengan tepat.
2.      Dengan kegiatan membaca peta, siswa mampu menemukan kenampakan alam dan buatanyang sesuai dengan lokasinya dengan benar.
3.      Dengan kegiatan menghitung jumlah daya lampu, siswa mampu mengaplikasikankonsep kalimat matematika sepasang ekspresi menggunakan operasi hitung penambahan,pengurangan, dan perkalian dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Teks tentang bendungan.
2.      Enam kalimat Matematika dengan bilangan dan operasi hitung yang berbeda (penjumlahan, pengurangan, dan perkalian).

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan      : Scientific
2.      Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah.

G.    MEDIA, ALAT, SUMBER
1.      Media, alat      : Peta besar dan atlas, Gambar/foto sebuah bendungan.
2.      Sumber            :
a.             Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
b.            BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4 (BukuTematikTerpaduKurikulum 2013, Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
c.             BukuPengembanganDiriAnak

H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.    Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.
5.   Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
Menit
Kegiatan
Inti
6.           Guru membawa gambar/foto sebuah bendungan.
7.           Guru mengajukan pertanyaan:
• Foto/gambar apakah ini?
• Apa yang kalian ketahui tentang bendungan/waduk?
• Apa manfaat bendungan/waduk ini bagi masyarakat sekitar?
8.           Biarkan siswa menjawab dengan berbagai pernyataan.
9.           Siswa membaca teks tentang bendungan.
10.       Siswa membuat pertanyaan berdasarkan bacaan dan menuliskannya pada buku.
11.       Siswa menukarkan pertanyaan yang telah mereka tulis pada buku bersama teman sebangku dan mendiskusikan jawabannya.
• Siswa menuliskan jawaban yang benar.
12.       Siswa mencari lokasi beberapa bendungan yang merupakan kenampakan buatan dan lokasi beberapa kenampakan alam di peta.
13.       Siswa membuat enam kalimat Matematika dengan bilangan dan operasi hitung yang berbeda (penjumlahan, pengurangan, dan perkalian), tetapi dengan hasil yang sama.
14.       Siswa menuliskan refleksi hasil belajar hari ini.
    185
Menit
Kegiatan
Penutup
1.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan : “Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini? Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa? Kesulitan apa yang kalian temui? Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya
2.      Guru menyampaikan pesan moral untuk Selalu Berhemat Energi.
3.      Tugas: Siswa mencari kenampakan alam dan buatan di lingkungan sekitar.
4.      Salam dan doa penutup.

Remedial
• Soal tambahan diberikan kepada siswa yang belum mahir mengerjakan soal Matematika atau hanya mampu mengerjakan 50% benar. Bagi siswa yang perlu melakukan remedial pada
pembelajaran lain dapat diberikan tambahan jam belajar setelah pulang sekolah.
Pengayaan
• Bila tersedia peta di sekolah, guru bisa meminta siswa untuk mencari informasitentang kenampakan alam atau kenampakan buatan yang lain.
    15
Menit

I.       PENILAIAN
  1. ProsedurPenilaian
a.       Penilain sikap                    : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian pengetahuan      : tes tertulis (terlampir)
c.       Penilaian Ketrampilan       : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.

  1. InstrumenPenilaian
1.      Daftar periksa Bahasa Indonesia

Criteria
keterangan
Sudah
belum
Sudah dapat membuat 5 pertanyaan tentang bendungan sesuai teks bacaan


Sudah dapat menjawab pertanyaan sesuai teks bacaan



2.      Lembar kerja Matematika (terlampir)
3.      Daftar periksa IPS

Criteria
keterangan
Sudah
belum
Bisa menyebutkan 4 kenampakan alam


Bisa menyebutkan 4 kenampakan buatan


Bisa menyebutkan lokasi kenampakan tersebut



4.      Penilaian sikap
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Rasa ingin tahu
Kerjasama
Tekun
Teliti
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….

















………….

















…………..

















Pengayaan
Guru meminta siswa untuk mencari informasi  tentang kenampakan alam atau kenampakan buatan yang lain.






                                                                                    …………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP



No comments:

Post a Comment