Wednesday, January 7, 2015

RPP kelas 2 Tema 1 Sub Tema 1 pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan      :
Kelas/ Semester           : II/1 (Satu)
Tema/ Subtema           : 1. Hidup Rukun / 1. Hidup Rukun di Rumah.
Pembelajaran               : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)


A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.      Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn)
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1      Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.

2.      Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5  Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5  Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

3.      Matematika
Kompetensi Dasar .
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1  Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.

4.      Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar .
3.2  Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C.    Tujuan Pembelajaran.
  • ·         Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis secara teliti.
  • ·         Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat me-mainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
  • ·         Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
  • ·         Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
  • ·         Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  • ·         Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  • ·         Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
  • ·         Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
  • ·         Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
  • ·         Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
  • ·         Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
  • ·         Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
  • ·         Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
  • ·         Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.


D.    Materi Pembelajaran
  • ·         Berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
  • ·         Pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
  • ·         Karakter setiap individu di rumah.
  • ·         Keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
  • ·         Teks permintaan maaf.
  • ·         Contoh ucapan permohonan maaf.
  • ·         bilangan sampai 500.
  • ·         Deret bilangan berpola +1.
  • ·         Teks buku harian


E.     Metode Pembelajaran
  • ·         Metode :  penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
  • ·         Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]


F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media                   : Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan; Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.
Alat                      :  -
Sumber belajar     :
Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(Hal.3-10)

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing
·         Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menunjukkan sebuah gambar keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak.
·         Tanya jawab tentang gambar Hidup Rukun di rumah
·         Mengajak siswa untuk berdinamika dengan menyanyikan lagu “sayang semuanya”.
·         Menginformasikan tema yang akandibelajarkanyaitutentang“Hidup Rukun”dan subtema “Hidup Rukun Di Rumah”.
10 Menit
Kegiatan Inti
·         Guru menunjukkan gambar-gambar tentang hidup rukun di rumah dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang hidup rukun dengan saudara-saudaranya di rumah
·         Guru menunjukkan Teks tentang Hidup Rukun di Rumah   dan siswa ditugaskan membaca dengan bimbingan guru.
·         Selanjutnya secara bergantian  siswa membaca teks hidup rukun di rumah (mengamati, menyimak, mendengar)
·         Bertanya jawab tentang tokoh yang ada di dalam teks bacaan dan nama-nama adik dan kakak serta kegiatan apa yang sedang dilakukan (mengomunikasikan)
·         Siswa ditugaskan untuk bercerita di depan kelas tentang nama-nama saudaranya (adik dan atau kakaknya yang ada di rumah)
·         Siswa diajak mengamati syair lagu “Ruri Abangku” (Ciptaan A.T. Mahmud)
·         Ruri adalah abangku
·         Rajin dan senang belajar
·         Dengan menyandang tas di bahu
·         Riang menuju sekolah
·         Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama dengan semangat dan percaya diri (menyimak dan mencoba).
·         Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abang-ku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
·         Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
·         Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat musik ritimis (mengamati dan mencoba).
·         Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
·         Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
·         Siswa membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
·         Siswa membaca nyaring syair lagu (mengamati).
·         Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (mengamati dan menalar).
·         Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).

·         Catatan:
·         Beberapa contoh sebutan kakak laki-laki dan perempuan di be-berapa daerah:
·         Uda adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Minang.
·         Uni adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Minang.
·         Mas atau Raka adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Jawa.
·         Mbak atau Mbakyu adalah sebutan kakak perempuan dalam ba-hasa Jawa.
·         Aa atau Akang adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Sunda.
·         Teteh atau Ceuceu adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Sunda.
·         Mpok adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Betawi.
·         Daeng adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Makassar, Bali.

·         menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
·         Siswa membaca teks buku harian Udin (mengamati).
·         Siswa ditugaskan untuk berpasangan dengan teman sebangkunya dan menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
·         Siswa bersama teman sebangkunya mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
·         Siswa membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
·         Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
·         Guru menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
·         Siswa berpasangan dengan teman sebangkunya membahas  apa yang diceritakan di dalam buku harian dan mengapa udin minta maaf kepada  kakaknya,
·         Semua siswa ditugaskan untuk menulis di dalam bukunya sendiri hasil diskusi pembahasan Udin minta maaf
·         Siswa ditugaskan untuk memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).
·         Dilanjutkan dengan berdiskusi tentang buku kakak  Udin yang sobek dan buku-buku yang ada di rak buku
·         Siswa diminta untuk melaporkan dan mengomunikasikan hasil diskusinya di depan kelas diakhiri dengan refleksi.
150 Menit
Penutup
·         Bersama-sama siswamembuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
·         Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
·         Melakukan penilaian hasil belajar
·         Mengajak semua siswa berdo’amenurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
·         Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·         Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 Menit

H.    Penilaian
      1. Teknik Penilaia
·         Penilaian Sikap: Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
·         Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan: Unjuk ker
      2. Bentuk instrumen Penilaian

a)      Penilaian Sikap

b)     Penilaian Pengetahuan
·         Menjawab pertanyaan dari buku teks harian
·         Membilang dengan menggunakan balok dienes atau kubus satuan
·         Melengkapi bilangan barisan +1

c)      Penilaian Keterampilan


b. Memperagakan ucapan permohonan maaf
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian memperagakan ucapan permohonan maaf


c. Menulis teks buku harian
   Penilaian: unjuk kerja
   Rubrik menulis teks buku harian





Tempat,    ………………..                
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas II



                                                                         
            NIP.                                                                              NIP.


No comments:

Post a Comment