RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas/ Semester :
II/1 (Satu)
Tema/ Subtema :
1. Hidup
Rukun / 1. Hidup Rukun di Rumah.
Pembelajaran
: 1
Alokasi Waktu :
1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
Pancasila
dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn)
Kompetensi
Dasar
3.3 Memahami makna
keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan
beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
Menyebutkan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1 Menceritakan kebersamaan dengan anggota
keluarga yang berbeda jenis kelamin.
2.
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar
3.3
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5
Menggunakan
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata
bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator
3.3.1
Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2
Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1
Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga.
4.3.1
Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1
Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
3.
Matematika
Kompetensi
Dasar .
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.1 Membilang sampai
500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan
banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola
bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.
4.
Seni
Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi
Dasar .
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga,
pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola
irama bervariasi lagu bertanda birama tiga
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola
irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
C.
Tujuan
Pembelajaran.
- · Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis secara teliti.
- · Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat me-mainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
- · Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
- · Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
- · Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
- · Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
- · Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
- · Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
- · Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
- · Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
- · Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
- · Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
- · Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
- · Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
- · Berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
- · Pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
- · Karakter setiap individu di rumah.
- · Keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
- · Teks permintaan maaf.
- · Contoh ucapan permohonan maaf.
- · bilangan sampai 500.
- · Deret bilangan berpola +1.
- · Teks buku harian
E.
Metode
Pembelajaran
- · Metode : penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
- · Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : Gambar operasi hitung
menggunakan kubus satuan; Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan
barisan bilangan +1.
Alat : -
Sumber belajar :
Irene, dkk. 2014. Buku
Siswa Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(Hal.3-10)
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan kepercayaan masing-masing
·
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru memberikan motivasi kepada
siswa dengan menunjukkan sebuah gambar keluarga inti yang terdiri dari ayah,
ibu, dan anak.
·
Tanya jawab tentang gambar Hidup
Rukun di rumah
·
Mengajak siswa untuk berdinamika
dengan menyanyikan lagu “sayang semuanya”.
·
Menginformasikan tema yang
akandibelajarkanyaitutentang“Hidup Rukun”dan subtema “Hidup Rukun Di Rumah”.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Guru menunjukkan gambar-gambar
tentang hidup rukun di rumah dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang hidup
rukun dengan saudara-saudaranya di rumah
·
Guru menunjukkan Teks tentang Hidup
Rukun di Rumah dan siswa ditugaskan
membaca dengan bimbingan guru.
·
Selanjutnya secara
bergantian siswa membaca teks hidup
rukun di rumah (mengamati, menyimak, mendengar)
·
Bertanya jawab tentang tokoh yang
ada di dalam teks bacaan dan nama-nama adik dan kakak serta kegiatan apa yang
sedang dilakukan (mengomunikasikan)
·
Siswa ditugaskan untuk bercerita
di depan kelas tentang nama-nama saudaranya (adik dan atau kakaknya yang ada
di rumah)
·
Siswa diajak mengamati syair lagu
“Ruri Abangku” (Ciptaan A.T. Mahmud)
·
Ruri adalah abangku
·
Rajin dan senang belajar
·
Dengan menyandang tas di bahu
·
Riang menuju sekolah
·
Siswa menyanyikan lagu “Ruri
Abangku” secara bersama-sama dengan semangat dan percaya diri (menyimak dan
mencoba).
·
Siswa memperhatikan guru
menyanyikan lagu “Ruri Abang-ku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik
ritmis (mengamati).
·
Siswa dibimbing memainkan alat
musik ritmis (mengamati).
·
Siswa menyanyikan lagu “Ruri
Abangku” dengan memainkan alat musik ritimis (mengamati dan mencoba).
·
Siswa mengidentifikasi pola irama
pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
·
Siswa memainkan pola irama pada
lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
·
Siswa membedakan pola irama pada
lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan
tersebut (menalar).
·
Siswa membaca nyaring syair lagu
(mengamati).
·
Siswa menjawab pertanyaan yang
ada di buku siswa (mengamati dan menalar).
·
Siswa dan guru melakukan tanya
jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
·
Catatan:
·
Beberapa contoh sebutan kakak
laki-laki dan perempuan di be-berapa daerah:
·
Uda adalah sebutan kakak
laki-laki dalam bahasa Minang.
·
Uni adalah sebutan kakak
perempuan dalam bahasa Minang.
·
Mas atau Raka adalah sebutan
kakak laki-laki dalam bahasa Jawa.
·
Mbak atau Mbakyu adalah sebutan
kakak perempuan dalam ba-hasa Jawa.
·
Aa atau Akang adalah sebutan
kakak laki-laki dalam bahasa Sunda.
·
Teteh atau Ceuceu adalah sebutan
kakak perempuan dalam bahasa Sunda.
·
Mpok adalah sebutan kakak
perempuan dalam bahasa Betawi.
·
Daeng adalah sebutan kakak
laki-laki dalam bahasa Makassar, Bali.
·
menyebutkan sebutan kakak
laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
·
Siswa membaca teks buku harian
Udin (mengamati).
·
Siswa ditugaskan untuk
berpasangan dengan teman sebangkunya dan menjawab pertanyaan dari teks buku
harian Udin (menalar).
·
Siswa bersama teman sebangkunya
mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga (menalar).
·
Siswa membaca contoh ucapan
permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
·
Siswa dan guru melakukan tanya
jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
·
Guru menjelaskan kalimat
permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan
ucapan permohonan maaf (mengamati).
·
Siswa berpasangan dengan teman
sebangkunya membahas apa yang
diceritakan di dalam buku harian dan mengapa udin minta maaf kepada kakaknya,
·
Semua siswa ditugaskan untuk
menulis di dalam bukunya sendiri hasil diskusi pembahasan Udin minta maaf
·
Siswa ditugaskan untuk
memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).
·
Dilanjutkan dengan berdiskusi
tentang buku kakak Udin yang sobek dan
buku-buku yang ada di rak buku
·
Siswa diminta untuk melaporkan dan
mengomunikasikan hasil diskusinya di depan kelas diakhiri dengan refleksi.
|
150 Menit
|
Penutup
|
·
Bersama-sama siswamembuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
·
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
·
Melakukan penilaian hasil belajar
·
Mengajak semua siswa
berdo’amenurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
·
Guru mengamati sikap siswa dalam
berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·
Segera memberikan nasihat,
apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar
besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
15 Menit
|
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaia
·
Penilaian Sikap: Rasa ingin tahu,
percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
·
Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
·
Penilaian Keterampilan: Unjuk ker
2. Bentuk instrumen Penilaian
a)
Penilaian
Sikap
b)
Penilaian
Pengetahuan
·
Menjawab pertanyaan dari buku teks
harian
·
Membilang dengan menggunakan balok
dienes atau kubus satuan
·
Melengkapi bilangan barisan +1
c)
Penilaian
Keterampilan
b. Memperagakan ucapan permohonan maaf
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian memperagakan ucapan permohonan maaf
c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
Tempat,
………………..
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment