Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : 
Kelas / Semester         : 4 /1
Tema                           : 2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                    : 1. Macam-macam Sumber Energi
Pembelajaranke           : 2
  Alokasi waktu              : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

IPA
3.4    Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.7    Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

SBdP
3.5    Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.4    Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.

BAHASA INDONESIA
3.1    Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2    Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan panca indra serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2    Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan
pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiridalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

C.    INDIKATOR

IPA
3.4.1        Menjelaskan melalui tulisan laporan tentang pemanfaatan sumber energi angin dan air, dalam kehidupan.

SBdP
4.4.1        Mendesain kincir air dan kincir angin sederhana menggunakan media kertas dan plastik bekas, dan meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan menempel berdasarkan Instruksi tertulis secara mandiri.

BAHASA INDONESIA
4.1.1           Menyajikan laporan hasil percobaan dan pengamatan tentang sumber energi angin dan air serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.2           Mempraktikkan teks instruksi tentang pembuatan kincir angin.

D.    TUJUAN
1.      Dengan percobaan dan pengamatan, siswa mampu membandingkan melalui tulisan tentang manfaat energi angin dan energi air serta pemanfaatan kincir air dan kincir angin dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan data hasil percobaan.
2.      Setelah percobaan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan dan pengamatan tentang kincir air dan angin menggunakan kosa kata baku dengan benar.
3.      Dengan kegiatan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu meningkatkan.
4.      keterampilan menggunting, melipat, dan menempel berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN

1.   Energi Angin dan Energi Air.
2.   Perkiraan tentang kincir angin:
a.      Apa yang membuat kincir berputar? (ditiup angin)
b.      Sumber energi apa yang bisa menggerakkan kincir itu? (angin)
c.       Bentuk energi apa yang timbul saat kincir berputar? (gerakan)
d.      Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari? (untuk bermain, sebagai benda perantara yang merubah sumber energi angin menjadi bentukenergi gerak pada baling-baling, dan mengakibatkanpompa bergerakmemompa air)
3.   Artikel tentang energi air dan pompa air tenaga angin.

F.     PENDEKATAN & METODE

1.      Pendekatan            : Scientific
2.      Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media dan alat      : Kertas berbentuk persegi / origami ( kertas warna majalah / Koran bekas ),Gelas plastic bekas, Sumpit / lidi, Lem kertas, Jarum / paku payung, Gunting.
2.      Sumber                  :
a.              Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungan sekolah.
b.              Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian PendidikandanKebudayaan, 2013).
c.              Buku Pengembangan Diri Anak.

H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10
Menit
Kegiatan
Inti
1.      Di awal pembelajaran, siswa diajak mengamati lampu di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan memadamkan lampu tersebut lewat saklar yang ada.
2.      Guru mengajukan pertanyaan, (tuliskan jawaban siswa di papan tulis).
3.      Guru mengajukan pertanyaan terbuka: “Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari? Adakah manfaatnya?”
4.      Siswa melakukan pengamatan pada benda-benda elektronik di sekitar sekolah, mengidentifikasi kegunaan dan perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil pengamatan dalam bentuk tabel.
5.      Siswa menarik kesimpulan tentang kegunaan benda serta hubungannya dengan arus listrik yang merupakan salah satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa pertanyaan:
6.      Guru mengkonfirmasikan kesimpulan dengan teori yang ada.
7.      Pada Kesimpulan yang diharapkan:
a)         Benda-benda elektronik memiliki kegunaan untuk mempermudah kehidupan manusia.
b)         Benda-benda elektronik dapat menjalankan fungsinya jika dialiri arus listrik.
c)         Arus listrik merupakan salah satu bentuk energi karena menyebabkan benda-bendaelektronik bekerja/berfungsi.
d)        Arus listrik bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mempermudah kehidupan manusia.
8.      Sebelum mengenal sepasang ekspresi kalimat Matematika, Siswa bereksplorasi untukmengetahui cara menghitung operasi campuran dan mengerjakan soal latihan denganmemperhatikan sifat operasi hitung bilangan, yaitu: Operasi penjumlahan dan perkalian, lakukan operasi perkalian terlebih dahulu.
-Operasi pengurangan dan perkalian, lakukan operasi perkalian terlebih dahulu.
9.      Guru membawa beberapa contoh buklet, informasikan bahwa teks tersebut bernama“buklet/pamflet” tunjukkan pada siswa dan minta siswa untuk mengamati buklet tersebut.
10.  Siswa berkreasi membuat buklet yang berisi informasi tentang benda-benda elektronik yang mereka ketahui.
11.  Siswa bisa menggunakan data hasil pengamatan pada kegiatan pertama sebagai bahan informasi membuat buklet mereka.
12.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.

185
Menit
Kegiatan
Penutup
1.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai?
Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehjari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
2.      Guru menyampaikan pesan moral untuk Selalu Berhemat Energi.
Tugas: Siswa diberi tugas mencari kegunaan benda-benda elektronik yang ada di rumah.
3.      Menuliskan sumber energi dan perubahan energi yang terjadi saat benda bekerja.
4.      Salam dan doa penutup.

Pengayaan
Buklet yang dihasilkan siswa dapat dikomunikasikan kepada kakak atau adik kelas saat istirahat. Siswa harus menerangkan isi buklet tersebut.
Remedial
Berikan soal-soal tambahan pada siswa yang belum mahir melakukan hitung campur,yaitu siswa yang hanya mengerjakan 50% benar dari semua soal.Bagi siswa yang perlu meningkatkan pemahaman tentang energi dapat diberikan teks tambahan mengenai berbagai macam energi.
    15
menit


I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain sikap                    : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian pengetahuan      : tes tertulis
c.       Penilaian Ketrampilan       : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.

  1. Instrumen Penilaian
a.       Lembar penilaian sikap
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Rasa ingin tahu
Kerjasama
Tekun
Teliti
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….

















………….

















…………..


















b.      Lembar kerja IPA dan Bahasa Indonesia (terlampir)

c.       Rubrik membuat kincir
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih lagi
Model kincir
Kincir berbentuk sesuai dengan instruksi dan dapat berputar dengan sempurna
(4)
Kincir kurang sesuai dengan instruksi tetapi dapat berputar dengan sempurna

(3)
Kincir berbentuk sesuai dengan instruksi tetapi tidak dapat berputar dengan sempuran
(2)
Kincir tidak berbentuk sesuai instruksi dan tidak dapat berputar

(1)

Sikap dalam kemandirian dan ketertiban
Tertib mengikuti instrksi, dan selesai tepat waktu serta mampu mendesain bagian-bagian dengan mandiri.
(4)
Tertib mengikuti instruksi, dan selesai tepat waktu, tetapi dibimbing untuk mengerjakan beberapa bagian dari kincir.
(3)
Tertib mengikuti instruksi, dan selesai tepat waktu, tetapi dibimbing untuk mengerjakan seluruh bagian dari kincir
(2)
Tidak tertib tidak mandiri dan dibimbing untuk mengerjakan semua bagian.


(1)
Ketrampilan mengomunikasikan hasil.
Penjelasan mudah dipahami, pemilihan kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku.

(4)
Penjelasan mudah dipahami, pemilihan beberapa kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku.
(3)
Penjelasan kurang dipahami, pemilihan beberapa kata sesuai/ tidak sesuai dengan bahasa Indonesia baku.
(2)
Penjelasan sulit dipahami, pemilihan kata tidak sesuai dengan bahasa Indonesia baku.
 (1)
                                                                                                                                   

Catatan  : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian    :   total nilai           x 10
                              16
Konversi  Nilai

Predikat
Klasifikasi
…….
A
Sangat baik
…….
B
Baik
…….
C
Cukup
…….
D
Kurang

Pengayaan
Buklet yang dihasilkan siswa dapat dikomunikasikan kepada kakak atau adik kelas saat istirahat. Siswa harus menerangkan isi buklet tersebut.
Remedial
Berikan soal-soal tambahan pada siswa yang belum mahir melakukan hitung campur,yaitu siswa yang hanya mengerjakan 50% benar dari semua soal.Bagi siswa yang perlu meningkatkan pemahaman tentang energi dapat diberikan teks tambahan mengenai berbagai macam energi.

                                                                                                                                    …………,……………………2014

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP

No comments:

Post a Comment