RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : 2. Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema : 1. Macam-macam
Sumber Energi
Pembelajaranke : 2
Alokasi waktu : 1 x pertemuan (6 x 35
menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4
Membedakan berbagai bentuk energi
melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang
diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
SBdP
3.5
Mengetahui berbagai alur cara dan
pengolahan media karya kreatif.
4.4 Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk
melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.
BAHASA
INDONESIA
3.1
Menggali informasi dari teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
3.2
Menguraikan teks instruksi tentang
pemeliharaan panca indra serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
4.2
Menerangkan dan mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang pemeliharaan
pancaindera
serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiridalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
C.
INDIKATOR
IPA
3.4.1
Menjelaskan melalui tulisan laporan
tentang pemanfaatan sumber energi angin dan air, dalam kehidupan.
SBdP
4.4.1
Mendesain kincir air dan kincir angin
sederhana menggunakan media kertas dan plastik bekas, dan meningkatkan
keterampilan menggunting, melipat dan menempel berdasarkan Instruksi tertulis secara mandiri.
BAHASA INDONESIA
4.1.1
Menyajikan laporan hasil percobaan dan
pengamatan tentang sumber energi
angin
dan air serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.2
Mempraktikkan teks instruksi tentang
pembuatan kincir angin.
D.
TUJUAN
1. Dengan
percobaan dan pengamatan, siswa mampu membandingkan melalui tulisan tentang
manfaat energi angin dan energi air serta pemanfaatan kincir air dan kincir
angin dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan data hasil percobaan.
2. Setelah
percobaan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu menyajikan laporan
hasil percobaan dan pengamatan tentang kincir air dan angin menggunakan kosa
kata baku dengan benar.
3. Dengan
kegiatan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu meningkatkan.
4.
keterampilan menggunting, melipat, dan
menempel berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Energi Angin
dan Energi Air.
2.
Perkiraan
tentang kincir angin:
a.
Apa yang membuat kincir berputar? (ditiup
angin)
b.
Sumber energi apa yang bisa
menggerakkan kincir itu? (angin)
c.
Bentuk energi apa yang timbul saat
kincir berputar? (gerakan)
d.
Apa manfaat kincir angin dalam
kehidupan sehari-hari?
(untuk bermain, sebagai benda perantara yang merubah sumber energi angin menjadi bentukenergi gerak pada
baling-baling, dan mengakibatkanpompa bergerakmemompa air)
3.
Artikel
tentang energi air dan pompa air tenaga angin.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
G.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media dan alat :
Kertas berbentuk persegi / origami ( kertas warna majalah / Koran bekas ),Gelas
plastic bekas, Sumpit / lidi, Lem kertas, Jarum / paku payung, Gunting.
2.
Sumber :
a.
Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungan sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian PendidikandanKebudayaan, 2013).
c.
Buku Pengembangan Diri Anak.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing.
2. Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa.
3. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang
relevan.
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis
anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Di awal pembelajaran, siswa diajak
mengamati lampu di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan
memadamkan lampu
tersebut lewat saklar yang ada.
2.
Guru mengajukan pertanyaan, (tuliskan jawaban siswa
di papan tulis).
3. Guru mengajukan pertanyaan
terbuka: “Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari? Adakah
manfaatnya?”
4. Siswa melakukan pengamatan pada
benda-benda elektronik di sekitar sekolah, mengidentifikasi kegunaan dan
perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil pengamatan dalam bentuk tabel.
5. Siswa menarik kesimpulan tentang
kegunaan benda serta hubungannya dengan arus listrik yang merupakan salah
satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa pertanyaan:
6.
Guru mengkonfirmasikan kesimpulan dengan teori yang
ada.
7. Pada Kesimpulan yang diharapkan:
a)
Benda-benda elektronik
memiliki kegunaan untuk mempermudah kehidupan manusia.
b)
Benda-benda elektronik
dapat menjalankan fungsinya jika dialiri arus listrik.
c)
Arus listrik merupakan
salah satu bentuk energi karena menyebabkan benda-bendaelektronik
bekerja/berfungsi.
d)
Arus listrik bermanfaat
dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mempermudah kehidupan manusia.
8.
Sebelum mengenal sepasang ekspresi kalimat
Matematika, Siswa bereksplorasi untukmengetahui cara menghitung operasi
campuran dan mengerjakan soal latihan denganmemperhatikan sifat operasi
hitung bilangan, yaitu: Operasi
penjumlahan dan perkalian, lakukan operasi perkalian terlebih dahulu.
-Operasi
pengurangan dan perkalian, lakukan operasi perkalian terlebih dahulu.
9. Guru membawa beberapa contoh
buklet, informasikan bahwa teks tersebut bernama“buklet/pamflet” tunjukkan
pada siswa dan minta siswa untuk mengamati buklet tersebut.
10. Siswa berkreasi membuat buklet
yang berisi informasi tentang benda-benda elektronik yang mereka ketahui.
11. Siswa bisa menggunakan data hasil
pengamatan pada kegiatan pertama sebagai bahan informasi membuat buklet
mereka.
12. Siswa menjawab pertanyaan yang ada
pada buku siswa.
|
185
Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa menuliskan refleksi dari
kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang
paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai?
Hal baik apa yang dapat kamu
terapkan dalam kegiatan sehjari-hari?
Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
2. Guru menyampaikan pesan moral
untuk Selalu Berhemat Energi.
Tugas: Siswa diberi tugas mencari
kegunaan benda-benda elektronik yang ada di rumah.
3.
Menuliskan sumber energi dan perubahan energi yang terjadi
saat benda bekerja.
4.
Salam dan doa penutup.
Pengayaan
Buklet yang dihasilkan siswa dapat
dikomunikasikan kepada kakak atau adik kelas saat
istirahat. Siswa harus menerangkan isi buklet tersebut.
Remedial
|
15
menit
|
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain sikap :
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari
kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian
pengetahuan : tes tertulis
c.
Penilaian
Ketrampilan : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
- Instrumen Penilaian
a. Lembar
penilaian sikap
No
|
Nama
|
Perubahan tingkah laku
|
|||||||||||||||
Rasa ingin
tahu
|
Kerjasama
|
Tekun
|
Teliti
|
||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
………….
|
|||||||||||||||||
………….
|
|||||||||||||||||
…………..
|
b.
Lembar kerja IPA dan
Bahasa Indonesia (terlampir)
c. Rubrik membuat
kincir
Kriteria
|
Bagus
Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih
lagi
|
Model
kincir
|
Kincir
berbentuk sesuai dengan instruksi dan dapat berputar dengan sempurna
(4)
|
Kincir
kurang sesuai dengan instruksi tetapi dapat berputar dengan sempurna
(3)
|
Kincir
berbentuk sesuai dengan instruksi tetapi tidak dapat berputar dengan sempuran
(2)
|
Kincir
tidak berbentuk sesuai instruksi dan tidak dapat berputar
(1)
|
Sikap
dalam kemandirian dan ketertiban
|
Tertib mengikuti instrksi,
dan selesai tepat waktu serta mampu mendesain bagian-bagian dengan mandiri.
(4)
|
Tertib mengikuti instruksi,
dan selesai tepat waktu, tetapi dibimbing untuk mengerjakan beberapa bagian
dari kincir.
(3)
|
Tertib mengikuti instruksi,
dan selesai tepat waktu, tetapi dibimbing untuk mengerjakan seluruh bagian
dari kincir
(2)
|
Tidak
tertib tidak mandiri dan dibimbing untuk mengerjakan semua bagian.
(1)
|
Ketrampilan
mengomunikasikan hasil.
|
Penjelasan mudah dipahami,
pemilihan kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku.
(4)
|
Penjelasan mudah dipahami,
pemilihan beberapa kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku.
(3)
|
Penjelasan kurang dipahami, pemilihan
beberapa kata sesuai/ tidak sesuai dengan bahasa Indonesia baku.
(2)
|
Penjelasan sulit dipahami, pemilihan
kata tidak sesuai dengan bahasa Indonesia baku.
(1)
|
Catatan : Centang
(v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total
nilai x 10
16
Konversi Nilai
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
…….
|
A
|
Sangat
baik
|
…….
|
B
|
Baik
|
…….
|
C
|
Cukup
|
…….
|
D
|
Kurang
|
Pengayaan
Buklet yang dihasilkan siswa dapat
dikomunikasikan kepada kakak atau adik kelas
saat
istirahat. Siswa harus menerangkan isi buklet tersebut.
Remedial
Berikan soal-soal tambahan pada siswa yang belum
mahir melakukan hitung campur,yaitu siswa yang hanya mengerjakan 50% benar dari
semua soal.Bagi siswa yang perlu meningkatkan pemahaman tentang energi dapat
diberikan teks tambahan mengenai berbagai macam energi.
…………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment