Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : IV (Empat)
/ 1
Tema : 2 / Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 2 / Pemanfaatan Energi
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 x
pertemuan (6 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4
Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan
dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6
Menyajikan laporan tentang sumber daya
alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
PJOK
3.2
Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat
terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.3
Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani
untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.
BAHASA
INDONESIA
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
C.
INDIKATOR
IPA
3.4.1
Menjelaskan pemanfaatan energy
alternatif (matahari).
PJOK
4.3.1 Mempraktikkan
berbagai aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan
dan kekuatan serta kelenturan.
Bahasa Indonesia
4.1.1 Menuliskan
informasi tentang pemanfaatan energi alternative (matahari).
D. TUJUAN
1.
Setelah
melihat demonstrasi dari guru, siswa mampu mempraktikkan aktivitaskebugaran
jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta
kelenturan.
2.
Setelah
membaca teks, siswa mampu membuat poster tentang hemat energy dengan mandiri.
3.
Setelah
kegiatan membaca teks, siswa mampu menggali informasi tentang pemanfaatan
energi alternatif (matahari).
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Latihan
daya tahan dan kekuatan
2.
Latihan Kelenturan
3.
Bagian
tubuh yang banyak mengeluarkan energi
4.
Nama gerakan dan
manfaatnya.
5.
Poster yang bertemakan
hemat energi.
6.
Teks tentang energi
alternatif (matahari)
7.
Barang elektronik atau
barang lainnya yang menggunakan energy alternatif
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
DiskusidanCeramah.
G.
MEDIA, ALAT, SUMBER
1.
Media : Karton, krayon
atau pensil warna
2.
Sumber :
a.
Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
b.
BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4
(BukuTematikTerpaduKurikulum 2013, Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
c.
BukuPengembanganDiriAnak.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa.
3. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang
relevan.
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis
anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa memulai kegiatan olahraga
dengan membaca doa dan diakhiri dengan bersalaman untuk menunjukkan sikap
sportifitas.
2. Fokus kegiatan kebugaran jasmani
ini, yaitu melatih kekuatan dan daya tahan otot tangan dan kaki. Hal mendasar
yang harus dibekalkan kepada siswa, yaitu: 1. Latihan daya tahan dan kekuatan
2. Latihan Kelenturan
3. Siswa diarahkan untuk mampu
menganalisis gerakan yang telah diperagakan di lapangan.
4. Tujuan kegiatan ini adalah agar
anak mampu menganalisis gerakan yang dilakukan, mengenal bagian tubuh yang
banyak mengeluarkan energi, berikut nama gerakan dan manfaatnya. Hasil analisis
anak bisa disampaikan di depan kelas.
5. Siswa juga diarahkan untuk
menganalisis sikap-sikap yang dapat dipelajari dalam kegiatan tersebut dan
menghubungkannya dengan cara bersikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
6. Guru mengonfirmasi jawaban siswa.
7. Siswa membuat poster yang
bertemakan hemat energi.
8. Siswa membaca teks tentang energi
alternatif (matahari) dan menggali informasi tentang isi bacaan.
9. Siswa dapat melakukannya secara
individu atau dalam kelompok kecil.
10. Guru mengonfirmasi jawaban-jawaban
siswa dan menambahkan informasi tambahan tentang materi ini.
11. Memotivasi siswa untuk mengetahui
lebih jauh tentang pemanfaatan energi matahari agar pengetahuan siswa lebih
mendalam dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaanlanjutan, seperti: a.
Menurut perkiraanmu, apakah energi alternative lain dapat dimanfaatkan untuk
menciptakan mobil seperti mobil matahari? b. Ajak siswa mengemukakan
ide-idenya dan berimajinasi tanpa memberikan komentar yang tidak membangun.
Kegiatan
Alternatif:
12. Guru mengajak siswa untuk mencari
informasi tentang barang elektronik atau barang lainnya yang menggunakan
energy alternatif, di perpustakaan sekolah atau internet.
13. Siswa menuliskan refleksi hasil
belajar hari ini.
|
185
Menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa menuliskan refleksi dari
kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang
paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai? Hal baik apa yang dapat kamu
terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu
menerapkannya.
2. Guru menyampaikan pesan moral
untuk memanfaatkan energy dengan bijak.
3. Tugas: Melanjutkan daftar periksa
tentang hemat energi di pembelajaran 1.
4. Salam
dan do’a
penutup.
Pengayaan
Siswa yang memiliki keinginan untuk lebih mendalami
materi tentang energi, dapatdifasilitasi dengan dibawakan buku-buku lain dari
perpustakaan atau bacaan-bacaan
pendukung.
Remedial
Siswa mengulang kembali materi ini dengan didampingi
guru saat ada waktu luang(istirahat/selesai semua pelajaran).
|
15
menit
|
I.
PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
a.
Penilain sikap : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejakdari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
b.
Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c.
Penilaian
Ketrampilan : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk
2.
InstrumenPenilaian
1.
Penilaian sikap
No
|
Nama
|
Perubahan tingkah laku
|
|||||||||||||||
Rasa ingin
tahu
|
Tekun
|
Bertanggung jawab
|
Terbuka
|
||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
|
………….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
………….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Daftar Periksa PJOK
Keterangan
|
Sudah
|
Belum
|
Siswa mampu
melakukan semua gerakan yang diminta dengan benar.
|
|
|
Siswa mampu
bekerja sama dengan teman pasangannya.
|
|
|
Siswa mampu
mengikuti aturan saat kegiatan.
|
|
|
3.
Daftar Periksa IPA
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
Siswa dapat menjelaskan tentang
maksud dari salah satu energy alternative yaitu matahari.
|
|
|
Siswa dapat menjelaskan tentang
manfaat dari energy matahari.
|
|
|
Siswa dapat mengungkapkan alasan
apakah energy alternative itu lebih menguntungkan/tidak disbanding yang ada.
|
|
|
4.
Rubric unjuk kerja
Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Bahasa
|
Siswa dapat membuat
dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, serta mandiri saat
mengerjakannya.
(4)
|
Siswa dapat membuat
dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, tetapi belum
sepenuhnya mandiri saat mengerjakannya.
(3)
|
Siswa dapat membuat
dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat, tetapi belum informatif, dan belum
sepenuhnya mandiri saat mengerjakannya.
(2)
|
Siswa belum dapat
membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif dan belum
mandiri saat mengerjakannya.
(1)
|
Gambar
|
Siswa dapat membuat
gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat, serta ukuran yang seimbang
dengan bidang kertas.
(4)
|
Siswa dapat membuat
gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuatnya, tetapi ukuran gambar masih
belum sesuai dengan bidang kertas.
(3)
|
Siswa belum dapat
membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat, walaupun ukuran gambar
sesuai dengan bidang kertas,
(2)
|
Siswa belum dapat
membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat serta ukuran gambar
belum sesuai bidang kertas.
(1)
|
Kerapian
|
Siswa dapat
menuliskan dan mewarnai gambar dengan rapi serta menarik dan dapat menjaga kebersihan
kertas kerja.
(2)
|
Siswa dapat
menuliskan dengan rapi dan mewarnai gambar tidak melebihi garis gambar,
tetapi dalam menjaga kebersihan kertas kerja belum maksimal (kotor dan
coretan).
(1,5)
|
Siswa dapat
menuliskan dengan rapi, tetapi dalam mewarnai belum rapi dan kebersihan
kertas kerja belum terjaga.
(1)
|
Siswa belum dapat
menuliskan dengan rapi dan dalam mewarnaipun masih melebihi garis gambar,
serta kebersihan kertas kerja belum terjaga.
(0,5)
|
Catatan:
centang (v) pada bagian yang memenuhi criteria.
Penilaian
: total nilai/10 x 10,
contoh penilaian : 4 + 3 +4 +1,5 / 10 x 10 = 8,5
Konversi Nilai
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
…….
|
A
|
Sangat
baik
|
…….
|
B
|
Baik
|
…….
|
C
|
Cukup
|
…….
|
D
|
Kurang
|
Siswa yang memiliki keinginan untuk lebih mendalami
materi tentang energi, dapatdifasilitasi dengan dibawakan buku-buku lain dari
perpustakaan atau bacaan-bacaan pendukung.
…………,……………………2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......
…….………………
NIP
|
Guru Kelas IV
………………….
NIP
|
No comments:
Post a Comment