Friday, November 28, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 2 Pembelajaran 3


Satuan Pendidikan       :
Kelas / Semester           :  IV (Empat)  / 1
Tema                             :  2 / Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                      : 2 / Pemanfaatan Energi
Pembelajaran ke            : 3
Alokasi waktu              : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR

IPA
3.4    Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6        Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

PJOK
3.2    Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.3    Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.




BAHASA INDONESIA
3.1    Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

C.    INDIKATOR

IPA
3.4.1     Menjelaskan pemanfaatan energy alternatif (matahari).

PJOK
4.3.1     Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta kelenturan.

Bahasa Indonesia
4.1.1     Menuliskan informasi tentang pemanfaatan energi alternative (matahari).

D.    TUJUAN
1.      Setelah melihat demonstrasi dari guru, siswa mampu mempraktikkan aktivitaskebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta kelenturan.
2.      Setelah membaca teks, siswa mampu membuat poster tentang hemat energy dengan mandiri.
3.      Setelah kegiatan membaca teks, siswa mampu menggali informasi tentang pemanfaatan energi alternatif (matahari).

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Latihan daya tahan dan kekuatan
2.       Latihan Kelenturan
3.      Bagian tubuh yang banyak mengeluarkan energi
4.       Nama gerakan dan manfaatnya.
5.       Poster yang bertemakan hemat energi.
6.       Teks tentang energi alternatif (matahari)
7.       Barang elektronik atau barang lainnya yang menggunakan energy alternatif

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan      : Scientific
2.      Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah.


G.    MEDIA, ALAT, SUMBER
1.      Media              : Karton, krayon atau pensil warna
2.      Sumber            :
a.    Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
b.   BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4 (BukuTematikTerpaduKurikulum 2013, Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
c.    BukuPengembanganDiriAnak.

H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
Menit
Kegiatan
Inti
1.      Siswa memulai kegiatan olahraga dengan membaca doa dan diakhiri dengan bersalaman untuk menunjukkan sikap sportifitas.
2.      Fokus kegiatan kebugaran jasmani ini, yaitu melatih kekuatan dan daya tahan otot tangan dan kaki. Hal mendasar yang harus dibekalkan kepada siswa, yaitu: 1. Latihan daya tahan dan kekuatan 2. Latihan Kelenturan
3.      Siswa diarahkan untuk mampu menganalisis gerakan yang telah diperagakan di lapangan.
4.      Tujuan kegiatan ini adalah agar anak mampu menganalisis gerakan yang dilakukan, mengenal bagian tubuh yang banyak mengeluarkan energi, berikut nama gerakan dan manfaatnya. Hasil analisis anak bisa disampaikan di depan kelas.
5.      Siswa juga diarahkan untuk menganalisis sikap-sikap yang dapat dipelajari dalam kegiatan tersebut dan menghubungkannya dengan cara bersikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Guru mengonfirmasi jawaban siswa.
7.      Siswa membuat poster yang bertemakan hemat energi.
8.      Siswa membaca teks tentang energi alternatif (matahari) dan menggali informasi tentang isi bacaan.
9.      Siswa dapat melakukannya secara individu atau dalam kelompok kecil.
10.  Guru mengonfirmasi jawaban-jawaban siswa dan menambahkan informasi tambahan tentang materi ini.
11.  Memotivasi siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang pemanfaatan energi matahari agar pengetahuan siswa lebih mendalam dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaanlanjutan, seperti: a. Menurut perkiraanmu, apakah energi alternative lain dapat dimanfaatkan untuk menciptakan mobil seperti mobil matahari? b. Ajak siswa mengemukakan ide-idenya dan berimajinasi tanpa memberikan komentar yang tidak membangun.
Kegiatan Alternatif:
12.  Guru mengajak siswa untuk mencari informasi tentang barang elektronik atau barang lainnya yang menggunakan energy alternatif, di perpustakaan sekolah atau internet.
13.  Siswa menuliskan refleksi hasil belajar hari ini.
    185
Menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai? Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
2.      Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan energy dengan bijak.
3.      Tugas: Melanjutkan daftar periksa tentang hemat energi di pembelajaran 1.
4.      Salam dan doa penutup.
Pengayaan
Siswa yang memiliki keinginan untuk lebih mendalami materi tentang energi, dapatdifasilitasi dengan dibawakan buku-buku lain dari perpustakaan atau bacaan-bacaan
pendukung.
Remedial
Siswa mengulang kembali materi ini dengan didampingi guru saat ada waktu luang(istirahat/selesai semua pelajaran).
    15
menit


I.       PENILAIAN
  1. ProsedurPenilaian
a.       Penilain sikap        : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejakdari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian pengetahuan      : Tes tertulis
c.       Penilaian Ketrampilan       : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk


2.      InstrumenPenilaian
1.      Penilaian sikap
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Rasa ingin tahu
Tekun
Bertanggung jawab
Terbuka
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….

















………….

















…………..



















2.      Daftar Periksa PJOK

Keterangan
Sudah
Belum
Siswa mampu melakukan semua gerakan yang diminta dengan benar.


Siswa mampu bekerja sama dengan teman pasangannya.


Siswa mampu mengikuti aturan saat kegiatan.



3.      Daftar Periksa IPA
Kriteria
Sudah
Belum
Siswa dapat menjelaskan tentang maksud dari salah satu energy alternative yaitu matahari.


Siswa dapat menjelaskan tentang manfaat dari energy matahari.


Siswa dapat mengungkapkan alasan apakah energy alternative itu lebih menguntungkan/tidak disbanding yang ada.



4.      Rubric unjuk kerja Bahasa Indonesia

Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih lagi
Bahasa
Siswa dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, serta mandiri saat mengerjakannya.
(4)
Siswa dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, tetapi belum sepenuhnya mandiri saat mengerjakannya.
(3)
Siswa dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat, tetapi belum informatif, dan belum sepenuhnya mandiri saat mengerjakannya.
(2)

Siswa belum dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif dan belum mandiri saat mengerjakannya.

(1)

Gambar
Siswa dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat, serta ukuran yang seimbang dengan bidang kertas.
(4)
Siswa dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuatnya, tetapi ukuran gambar masih belum sesuai dengan bidang kertas.
 (3)
Siswa belum dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat, walaupun ukuran gambar sesuai dengan bidang kertas,
 (2)
Siswa belum dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat serta ukuran gambar belum sesuai bidang kertas.

(1)
Kerapian
Siswa dapat menuliskan dan mewarnai gambar dengan rapi serta menarik dan dapat menjaga kebersihan kertas kerja.
(2)
Siswa dapat menuliskan dengan rapi dan mewarnai gambar tidak melebihi garis gambar, tetapi dalam menjaga kebersihan kertas kerja belum maksimal (kotor dan coretan).
(1,5)
Siswa dapat menuliskan dengan rapi, tetapi dalam mewarnai belum rapi dan kebersihan kertas kerja belum terjaga.


(1)
Siswa belum dapat menuliskan dengan rapi dan dalam mewarnaipun masih melebihi garis gambar, serta kebersihan kertas kerja belum terjaga.

 (0,5)

Catatan: centang (v) pada bagian yang memenuhi criteria.
Penilaian : total nilai/10 x 10, contoh penilaian : 4 + 3 +4 +1,5 / 10 x 10 = 8,5

Konversi  Nilai

Predikat
Klasifikasi
…….
A
Sangat baik
…….
B
Baik
…….
C
Cukup
…….
D
Kurang

Pengayaan
Siswa yang memiliki keinginan untuk lebih mendalami materi tentang energi, dapatdifasilitasi dengan dibawakan buku-buku lain dari perpustakaan atau bacaan-bacaan pendukung.

                                                                                    …………,……………………2014

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN.......




…….………………
                  NIP

Guru Kelas IV




………………….
                 NIP

No comments:

Post a Comment