Friday, November 28, 2014

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 2 Pembelajaran 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan     : 
Kelas / Semester        :  4 (empat)/ 1
Tema                          : 2/ Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                   : 2/ Pemanfaatan Energi
Pembelajaran            : 4
Alokasi Waktu           : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)



A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerimada menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR

Matematika
3.4    Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima.
3. 5   Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan
persekutuan terkecil (KPK).
4.1    Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika, dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB,satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah,atau tempat bermain, serta memeriksa kebenarannya

SBdP
3.5          Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.14    Membuat karya kreatif dengan cara meronce memanfaatkan bahan alam dan buatan darilingkungan

Bahasa Indonesia
3.1    Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisdengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

C.    INDIKATOR
Matematika
3.5.1 Menjelaskan konsep KPK

SBdp
4.14.1 Berkreasi membuat suatu benda dengan cara meronce yang memanfaatkan bahan alam

Bahasa Indonesia
3.1.1 Menemukan informasi tentang minyak jarak sebagai sumber energi alternatif dari bacaan

D.    TUJUAN
1.      Setelah kegiatan membaca dan bereksplorasi, siswa mampu menjelaskan konsep KPK
dengan benar.
2.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat berkreasi membuat gelang/kalung dengan
menggunakan teknik meronce secara mandiri.
3.      Setelah membaca teks bacaan, siswa mampu menemukan informasi tentang manfaat
minyak jarak sebagai sumber energi alternatif dengan benar.

E.     MATERI
1.      Kertas (majalah bekas/kertas kado bekas), pensil, penggaris, sumpit, benang.
2.      Konsep KPK (kelipatan persekutuan terkecil).
3.      Teks bacaan tentang energi alternatif.
4.      Sumber energi alternatif, yaitu minyak jarak.
5.      Arti kata-kata sulit yang ada di bacaan dengan menggunakan KBBI.
6.      Cara meronce.

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Strategi            : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah







G.    MEDIA BELAJAR:
1.      Media: Kertas (majalah bekas/kertas kado bekas), pensil, penggaris,
sumpit, benang.
2.      Sumber            :
a.       Dirianak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian PendidikandanKebudayaan, 2013).
c.       Buku Pengembangan DiriAnak.
d.      Sumber Motivasi/ InspirasiHidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
a.       Video/slide/buklet/pamflet/gambartentangPemanfaatan Energi.

H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali   kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10
menit
Kegiatan
Inti
1.      Siswa mengenal konsep KPK dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku.
2.      Guru mengonfirmasi jawaban siswa.
3.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang berbagai hal yang ingin ia ketahui lebih lanjut.
4.      Siswa mengerjakan soal yang berhubungan dengan KPK.
Guru dapat berkeliling memeriksa pekerjaan siswa dan
memberikan pendekatan individu kepada siswa yang
membutuhkan bimbingan untuk mengerjakan.






5.      Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan teks bacaan tentang energi alternatif.
6.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang berbagai hal yang ingin ia ketahui lebih lanjut.
Siswa dikenalkan dengan sumber energi alternatif, yaitu minyak jarak. Siswa dipersilakan untuk menyimak teks bacaan tentang minyak jarak sebagai sumber energi alternatif. Jika telah selesai, lakukan tanya jawab agar siswa lebih paham tentang keberadaan minyak jarak di Indonesia.










7.      Siswa mencari dan menuliskan arti kata-kata sulit yang ada di bacaan dengan menggunakan KBBI.
Guru akan mendemonstrasikan cara meronce di hadapan siswa dan siswa akan memperhatikan sesuai petunjuk gambar yang ada.







8.      Siswa menuliskan langkah-langkah pembuatan prakary anyasecara runtut.
9.      Siswa menuliskan kesan dan pengalamannya membuat prakarya tersebut
10.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
11.  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan taksonomi perenungan








185
menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :
         Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
         Kegiatan apa yang paling kalian sukai?
         Mengapa?
         Kesulitan apa yang kalian temuai?
         Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan   sehari-hari?
         Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
2.      Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan energi dengan bijak.
3.      Tugas: Orang tua membantu mengingatkan siswa untuk dapat mengerjakan pekerjaan rumahnya.
4.      Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
5.      Salam dan doa penutup.







15
menit


I.       PENILAIAN
  1. ProsedurPenilaian
a.       Penilain sikap                    : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejakdari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian pengetahuan      : Tes tertulis
c.       Penilaian Ketrampilan       : Penilaian Kinerja, Penilaian Produk

2.      InstrumenPenilaian
a.       Penilaian sikap
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Patuh
Tertib
Kreatif
Mengikuti Prosedur
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M

………….

















………….

















…………..





















b.      Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka

c.       Daftar Periksa untuk SBdP
Kriteria
Sudah
Belum
Siswa dapat mengerjakan sesuai dengan keruntutan proses.


Siswa saat bekerja tetap menjaga kerapian dan kebersihan.


Siswa dapat bekerja dengan tepat waktu.


Siswa dapat bekerja secara mandiri.




d.      Daftar Periksa untuk Bahasa Indonesia
Kriteria
Sudah
Belum
Siswa mampu menjawab seluruh pertanyaan tentang teks bacaan


Siswa mampu menemukan kata sulit yang ada di dalam teks bacaan


Siswa mampu menjelaskan seluruh arti kata sulit dalam teks dengan benar



Pengayaan
Pada pelajaran Seni Budaya dan Prakarya, siswa dapat berkreasi untuk membuat jenis roncean sendiri yang dikehendaki dan media untuk meronce lebih bervariasi dengan tingkat kesulitan yang beragam sesuai kebutuhan.
Remedial
Remedial dilakukan dengan mengulang materi pada saat siswa sepulang sekolah.





Mengetahui
KepalaSekolah



………………………………
NIP. …………………………
…………..,………….
Guru Kelas 4



…………………………





No comments:

Post a Comment