Thursday, November 27, 2014

RPP Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan    : ..................................................................................
Kelas/Semester          : 1/1
Tema/Subtema          : 2.KEGEMARANKU / 1.GEMAR BEROLAHRAGA
Pembelajaran            : 6
Alokasi Waktu           : 5 X 35 menit



A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikkan teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator :
3.2.1 Mengidentifikas teks arahan an kebugaran tubuh
4.2.1 Menerapkan teks arahan tentang pemeliharaan kebugaran tubuh

Matematika
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya

Indikator :
3.1.1 Menghitung benda-benda dari 1 - 20
3.1.2 Menyelesaikan operasi penjumlahan
4.1.1 Membuat kalimat matematika dari suatu  masalah yang dihadapi sehari-hari

PJOK
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi gerak lokomotor
3.3.1 Mengidentifikasi gerak manipulatif
4.1.1 Mempraktikkan gerak lokomotor
4.3.1 Mempraktikkan gerak manipulatif

PPKn
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan Sekolah

Indikator :
3.2.1 Menjelaskan tata tertib permainan
4.2.1 Mengikuti aturan dalam permainan kasti

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan menyimak teks, siswa dapat menyebutkan isi teks dengan percaya diri.
2. Dengan membaca nyaring, siswa mampu menjelaskan aturan-aturan bermain kasti dengan sopan.
3. Dengan mengetahui aturan bermain kasti siswa dapat melakukan praktik bermain kasti dengan tertib.
4. Dengan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan gerakan-gerakan dalam permainan kasti dengan percaya diri.
5. Dengan mengenal gerakan-gerakan dalam permainan, siswa dapat mempraktikkan gerakan-gerakan melalui permainan kasti dengan tertib.
6. Dengan kegiatan mengingat kembali benda-benda yang berkaitan dengan olahraga, siswa mampu menghitung dan menjumlahkan benda-denda dengan tepat.

D.  Materi Pembelajaran
1.      Bermain kasti (Buku Siswa Halaman 25)
2.      Penjumlahan bilangan sampai dengan 10 (Buku Sioswa Halaman 26-32)

E.  Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.    Metode                          : Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
2.    Pendekatan                    : Saintific (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan)

F.   Media, alat dan sumber pelajaran
1.      Media                          : Kertas (potongan kertas berukuran 10 cm x 10 cm).
2.      Alat                             : Pemukul kasti dan Bola kasti
3.      Sumber Belajar            : Buku siswa Tema 2 Kegemaranku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Halaman 25-32..Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
2.    Guru mengecek kehadiran siswa
3.    Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.    Guru mengingatkan kembali pembelajaran pada hari sebelumnya
15 menit
Kegiatan Inti
1. Siswa menyimak wacana yang dibacakan guru.
2. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi teks.
3. Siswa membaca nyaring teks deskriptif tentang permainan kasti.
4. Siswa menjelaskan aturan bermain kasti.
5. Berikut ini adalah prosedur permainan kasti.
• Siswa dibagi menjadi dua kelompok atau empat kelompok (sesuai dengan jumlah siswa dalam satu kelas).
• Guru mengundi untuk menentukan kelompok mana yang mendapat giliran pertama melakukan pemukulan bola.
• Jika empat kelompok, dibuat dua grup. Ada dua kelompok yang melakukan permainan pertama dan dua kelompok mendapat giliran kedua.
• Misalnya, ada dua kelompok masing-masing terdiri atas sepuluh orang.
• Kelompok yang mendapat giliran memukul pertama kali bersiap di lapangan pada posisi masing-masing.
• Tempat-tempat yang menjadi tempat pemberhentian sudah ditentukan. Jumlahnya tergantung banyaknya pemain dalam satu kelompok.Kelas 1
• Jika satu kelompok ada sepuluh orang, kelompok yang tidak memukul bola harus   berada pada posisi pemukul bola, penangkap bola, siswanya delapan orang menjaga tempat pemberhentian sebanyak delapan tempat.
• Kelompok yang memukul bola secara bergiliran akan  memukul bola.
• Pemain pertama memukul bola. Ia harus lari ke tempat pemberhentian pertama. Jika penangkap bola belum berhasil menangkap bola ia bisa berlari ketempat pemberhentian selanjutnya. Berikutnya pemukul kedua melakukan hal yang sama dengan pemukul pertama.
• Jika penangkap bola berhasil menangkap bola lalu melemparkan bola itu mengenai pemain pertama/ kedua, kelompok yang memukul bola beralih posisi menjadi kelompok pelempar bola.
• Jika anggota kelompok berhasil ke tempat memukul bola tanpa kena bola yang dilempar tim lawan, kelompok itu mendapatkan skor.
• Permainan berakhir berdasarkan waktu yang telah ditentukan
6. Pada akhir permainan, guru menjelaskan pentingnya bekerja sama dalam sebuah tim. Ketua tim memegang peranan untuk mengatur posisi anggotanya sesuai dengan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki anggotanya. Seluruh anggota tim harus percaya pada ketua tim sehingga tim dapat bermain secara efektif dan memenangkan pertandingan.
7. Siswa mendengarkan pentingnya sportivitas. Berani mengakui kekalahan dan mengapresiasi kemenangan lawan.
8. Guru berperan untuk mengingatkan tim yang kalah dan tim yang menang bahwa ini hanya permainan olahraga untuk kesehatan tubuh dan kebersamaan.
9. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang tertera di buku siswa.
10. Usai praktek bermain kasti, siswa mengamati kembali gambar lapangan kasti yang tertera di buku.
11. Siswa mengobservasi jumlah pemain kasti yang berada di dalam lapangan.
12. Siswa mengobservasi jumlah pemain kasti yang mengenakan kaos merah.
13. Siswa menjumlahkan total pemain kasti yang ada di dalam dan di luar lapangan.
14. Setelah melakukan observasi, siswa mengingat kembali nama-nama alat olahraga sambil belajar penjumlahan.
15. Siswa mengamati gambar alat-alat olahraga, menyebutkannya lagi dan menghitung jumlahnya dengan menggunakan bilangan 6-10.
16. Siswa kembali mengamati gambar alat-alat olahraga dan berlatih melakukan operasi penjumlahan.
17. Usai mengerjakan penjumlahan, siswa mengamati gambar dan membuat kalimat matematika.
150 menit
Penutup
1.    Guru mengarahkan siswa untuk melakukan refleksi dari kegiatan yanng sudah dilakukan
2.    Kegiatan ditutup dengan kesepakatan untuk menjunjung sikap tertib dalam mengikuti aturan.
10 Menit

H.  Penilaian

1.Teknik Penilaian
a.Penilaian Sikap                       : Tertib, Percaya diri, dan santun
b.Penilaian Pengetahuan            : Tes Tertulis
c.Penilaian Keterampilan           : Kerja/praktik

2.Bentuk Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap

NO
Nama
Percaya diri
Tertib
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4















b.      Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis (lembar kerja di buku siswa)


c.       Penilaian Keterampilan

Lembar Pengamatan Permainan  kasti

No
Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1
Kemampuan memukul
Bola
....
....
2
Kemampuan berlari
....
....
3
Kerja sama dalam permainan
....
....

  

Mengetahui                                                                        .................................................
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas



................................................                                                ..............................................
      NIP.......................................                                               NIP. ....................................





No comments:

Post a Comment