RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas/ Semester : II / I
Tema/ Subtema/ PB : 1. Hidup Rukun / 1. Hidup Rukun di Rumah .
PB : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti ( KI ) :
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar ( KD ) dan Indikator :
PPKn
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah. Indikator
Indikator
3.3.3 Mennjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang
dimiliki.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda
sifat/karakter.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.4 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
PJOK
Kompetensi Dasar
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana
C. Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamati gambar tentang berbagai gerakan aktivitas jasmani, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
- Dengan “Permainan Sutradara”, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan percaya diri.
- Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
- Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
- Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
- Dengan penugasan dan diskusi, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
- Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran.
- Melakukan variasi berbagai gerak aktivitas jasmani.
- Menemukan peran minta maaf terhadap sikap hidup rukun.
- Menjelaskan keragaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
- Menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman
- Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.
1. Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab.
2. Pedekatan : Saintifik ( Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen,
mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan )
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran.
Media, Alat : Gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani gerak nonlokomotor.
Teks bermain peran
Kartu tanya jawab
Sumber Belajar : Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema I “Hidup Rukun”.
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian
Pendidikan Kebudayaan.( Halaman 26 –30)
G. Langkah-Langkah Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
- Guru mengawali pelajaran dengan menyapa, memberi salam dan berdo’a.
- Guru menanyakan kehadiran siswa / absen
- Memberi apersepsi mengawali komunikasi guru dengan siswa dengan menanyakan pelajaran yang lalu dan dikaitkan dengan materi hari ini.
- Tanya jawab tentang gambar Hidup Rukun di rumah
- Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun Di Rumah”.PB 5
- Siswa mengamati gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani berupa gerakan nonlokomotor berupa gerakan jalan di tempat, mengayunkan kaki, memutar lengan, menarik dan mendorong, meliukan badan seperti pohon ditiup angin, dan belalai gajah dengan teliti (mengamati).
- Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati. (mengomunikasikan).
- Siswa menjelaskan setiap gerakan yang ada pada gambar yang diamati (mengomunikasikan).
- Siswa memeragakan setiap gerakan berdasarkan gambar melalui “Permainan Sutradara” dengan teliti (mencoba).
- Siswa mengamati percakapan Mutiara dan Udin.
- (mengamati).
- Siswa membaca teks percakapan yang tela diamati
- (mengamati).
- Siswa melanjutkan membuat dua dialog lagi dari percakapan yang telah dibaca (menalar).
- Siswa membacakan percakapan yang telah dibuat
- (mengomunikasikan).
- Siswa bermain peran dengan memeragakan teks percakapan tentang permintaan maaf (mencoba).
- Siswa menunjukkan peran permintaan maaf dari teks percakapan yang telah diperagakan (mengomunikasikan).
- Siswa dibimbing membuat kartu tanya jawab dari karton. Kartu tersebut akan digunakan untuk menulis pertanyaan dan jawaban siswa dari kegiatan menanya yang akan dilakukan (mencoba).
- Siswa menuliskan pertanyaan kepada teman tentang perbedaan pendapat pada kartu yang telah dibuat. (mengomunikasikan).
- Siswa saling menukarkan kartu pertanyaan yang telah ditulis.
- Siswa menulis jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada kartu (mengomunikasikan).
- Siswa menuliskan penyelesaian perbedaan pendapat dalam keluarga dari kegiatan bertanya yang telah dilakukan (menalar).
- Siswa menyimpulkan teks percakapan bermain peran dengan menjawab beberapa pertanyaan (mengkomunikasikan).
- Guru melibatkan siswa membuat merangkum dan tannya siswa apakah pelajaran hari ini menyenangkan atau tidak.
- Siswa diminta untuk refleksi diri, apa yang telah didapat pada pembelajan hari ini
- Guru menyuruh siswa belajar di rumah dan minta didampingi orangtua.
- Guru mengajak siswa berdo’a sebelum mengakhiri pelajaran dan minta ketua kelas memimpin do’a.
Tehnik Penilaian
a. Penilaian Sikap : Peduli Lingkungan,Disiplin,Bekerjasama.
b. Unjuk Kerja : Melakukan Percobaan
1. Penilaian Sikap (lihat buku guru)
2. Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulus :
Menjawab pertanyaan dari teks percakapan bermain peran
Jumlah soal : 5 soal
Skor maksimal : 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
1. Udin dan Mutiara
2. Udin
3. Mutiara
4. Karena telah berbicara keras kepada kakak
5. Saling mengalah
3. Ketrampilan (lihat buku guru)
a. Menirukan berbagai gerakan non lokomotor berdasarkan permainan sutradara
b. Bermain peran
c. Menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
PENGAYAAN
• Siswa mempraktekkan berbagai gerakan aktivitas jasmani,seperti: saling mendorong,
saling menarik, memutar badan, mengayun kaki, dan lain-lain.
• Siswa ditugaskan menulis contoh kalimat ucapan permintaan maaf kepada anggota
keluarga di rumah dengan bahasa yang santun.
• Siswa menyebutkan sifat/karakter anggota keluarganya di rumah.
REMEDIAL
• Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang belum mampu mempraktekkan
gerakan aktivitas jasmani seperti: saling mendorong, saling menarik, memutar badan,
mengayun kaki, dan lain-lain.
• Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang masih kesulitan dalam menulis kalimat
ucapan permintaan maaf yang santun.
• Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang belum mampu membedakan
sifat/karakter setiap individu.
, ………….. 2014
Kepala SDN ……………… Guru Kelas II
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment