Tuesday, February 3, 2015

RPP Kelas 2 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan     : 
Kelas/ Semester         : II/1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB   : 1. Hidup Rukun / 1. Hidup Rukun di Rumah.
PB                               : 3
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)



A. Kompetensi Inti (KI)
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5  Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5  Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator:
3.5.1.  Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukum dalam kemajemukan keluarga
3.5.2   Membedakan  contoh sikap hidup rukun dan tidak rukukm dalam kemajemukan keluagar
4.5.3. Membaca permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Matematika
Kompetensi Dasar:
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1  Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang
      kurang dari   100
Indikator:
3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.2 Menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari
         100.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar:
3.1. Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
3.2  Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
       dengan alat   musik ritmis.
4.8  Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga
Indikator :
       3.1.1   Mengidentifikai bahan-bahan dalam membua karya seni rupa
3.2.2.  Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis
4.8.1   Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C. Tujuan Pembelajaran.
  1. Dengan menyanyikan lagu “Main Ayunan”, siswa dapat me-nunjukkan berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti. 
  2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri. 
  3. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah cerita dengan menggunakan bahasa yang santun. 
  4. Dengan mengamati alam sekitar, siswa dapat mengidentifi-kasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teleti. 
  5. Dari teks cerita yang telah dibuat, siswa dapat menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar dengan teliti. 
  6. Dengan menggunakan teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan santun dan percaya diri. 
  7. Dengan membaca teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti. 
  8. Dengan beberapa contoh sikap yang dikemukakan guru, siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti. 
  9. Dengan berdiskusi sesama teman sebangku, siswa dapat membaca membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti. 
  10. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti. 
  11. Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti. .
  12. Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
D. Materi Pembelajaran
  1. Pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga
  2. Bahan-bahan dalam membuat karya seni
  3. Memanfaatkan media di lingkungan
  4. Teks permintaan maaf.
  5. Contoh sikap hidup rukun
  6. Sikap rukun dan tidak rukun
  7. Lambang bilangan sampai 500
  8. Bilangan loncat.
E. Metode Pembelajaran
  • Metode :  penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
  • Pendekatan : saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan)
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
  • Media
  1. Teks lagu “Main Ayunan”
  2. Gambar Udin dan Mutiara bermain ayunan
  3. Teks bermain peran”Buku Kakak Sobek”
  4. Gambar kartu bilangan yang  ditempelkan pada ayunan
  • Alat :  -
  • Sumber belajar
    • Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(17-21)
G. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan (10 Menit)
  1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing
  2. Guru melakukan presensi kehadiran siswa.
  3. Tanya jawab yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan.
  4. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun” dan subtema “Hidup Rukun di Rumah”.
  5. Menyampaiakan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan.
Kegiatan Inti (150 menit)
  1. Siswa diperkenalkan dengan lagu “Main Ayunan” 
  2. (mengamati).
  3. Siswa menyanyikan lagu “Main Ayunan” secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba). 
  4. Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Main Ayunan” sesuai ketukan menggunakan alat musik ritmis (mengamati). 
  5. Siswa dibimbing memainkan pola irama lagu “Main Ayunan” dengan menggunakan alat musik ritmis (mencoba). 
  6. Siswa memainkan pola irama bervariasi pada lagu “Main Ayunan” dengan menggunakan dua alat musik ritmik yang berbeda (mencoba). 
  7. Guru membacakan syair lagu seperti membaca puisi, siswa diminta menyimak (mengamati). 
  8. Siswa membaca syair lagu seperti yang telah dicontohkan guru (mencoba). 
  9. Siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan teks lagu “Main Ayunan” (menanya). 
  10. Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman. 
  11. Siswa menjawab pertanyaan yang ditukarkan (menalar).
  12. Siswa mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah cerita menggunakan bahasa yang santun (menalar). 
  13. Contoh: 
  14. Ada kakak beradik sedangn bermain ayunan. 
  15. Kakak mengayun adiknya di atas ayunan. 
  16. Ayunan bergerak meninggi dan menurun. 
  17. Adik senang bermain ayunan bersama kakak. 
  18. Siswa mengamati alam sekitar (mengamati). 
  19. Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa berdasarkan pengamatan (mencoba). 
  20. Siswa menyebutkan alat dan bahan yang biasa digunakan dalam menggambar. (mengomunikasikan) 
  21. Siswa menghias cerita yang telah ditulis dengan menggambar imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon (mencoba). 
  22. Siswa bermain peran berdasarkan teks percakapan “Buku Kakak Sobek” dengan percaya diri (mencoba). 
  23. Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar). 
  24. Siswa membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga berdasarkan beberapa contoh yang dikemukakan guru (mencoba). 
  25. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang cara membaca lambang bilangan yang ada pada gambar dengan santun (menanya). 
  26. Siswa secara bergantian membaca lambang bilangan yang pada gambar tersebut (mengomunikasikan). 
  27. Siswa mengamati sebuah barisan bilangan (mangamati). 
  28. Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (menalar). 
  29. Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +3 (menalar).
Penutup (15 menit)
  1. Bersama-sama siswamembuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  3. Melakukan penilaian hasil belajar
  4. Mengajak semua siswa berdo’amenurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
  5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  6. Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
PENGAYAAN
• Siswa kembali menyanyikan lagu “Main Ayunan” menggunakan alat musik ritmis.
• Siswa ditugaskan menuliskan kalimat permohonan maaf  yang santun.
• Siswa ditugaskan menentukan pola bilangan dari beberapa deret bilangan yang
   dikemukakan guru.

REMEDIAL
• Guru membimbing siswa yang kesulitan memainkan pola irama menggunakan alat musik
   ritmis.
• Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan menulis kalimat permohonan maaf.
• Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan pola bilangan pada deret
   bilangan  diberikan bimbingan dan latihan tambahan.

H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
   Penilaian Sikap: percaya diri, teliti, santun
  Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
   Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a.   Penilaian sikap (lihat di buku guru)

b. Pengetahuan
      Penilaian: Skor
  1.  Membuat pertanyaan berdasarkan teks lagu 
Banyak soal : 1 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 100
Jawaban disesaikan dengan pendapat siswa.

     2. Melengkapi deret bilangan berpola +3

Banyak soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor jawaban: 20
Kunci Jawaban:
1. 27, 30, 33, 36, 39
2. 29, 32, 35, 38, 41
3. 38, 41, 44, 47, 50
4. 42, 45, 48, 51, 54
5. 42, 45, 48, 51, 54

         3. Keterampilan (lihat di buku guru)
  • Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
  • Mengubah syair lagu menjadi cerita dengan berkreasi
  •  Bermain peran
  • Membaca lambang bilangan



                                                                                                       ,     ……………….. 2014
Kepala SDN ………………                                                   Guru Kelas II



                                           
NIP.                                                                                                             NIP. 

No comments:

Post a Comment