RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/
Semester : I
/
I
(Satu)
Tema : 1. Hidup Rukun
Sub
Tema : 1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran :
2
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
PPKn
Kompetensi Dasar
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
1.1
Menunjukkan
perilaku toleransi, kasih sayang,jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu
di rumah dan di sekolah.
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah
Indikator
1.3.2
Menyebutkkan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan
kegemaran/hobi
berdasarkan kegemaran/hobi dan
sekolah.
1.3.2
Menceritakan kebersamaan
keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda
kegemaran/hobi.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan
dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun
dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokum keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulisan yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.3.3 Mengelompokkan
berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga.
3.3.4 Mencatat peran masing-masing
anggota keluarga
4.3.2 Membacakan teks buku
harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.3.3 Menyimpulkan isi
teks buku harian yang telah ditulis
Matematika
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap
cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah
menyerah dalam mengerjakan tugas. guru
sebagai perwujudan
moral
Pancasila.
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan
blok dienes (kubus
satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan- bilangan
yang kurang dari 100
Indikator
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan
blok dienes (kubus
satuan).
3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang
dari 100.
4.1.2
Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan
kurang 100.
PJOK
Kompetensi Dasar
1.1
Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar non-lokomotor dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
non-lokomotor yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan
tradisional.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak
dasar non-lokomotor dalam bentuk
permainan sederhana
4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar
non-lokomotordalam bentuk
permainan sederhana.
C.
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
- Dengan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dengan percaya diri.
- Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
- Dengan mengamati gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati dengan teliti.
- Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca lam-bang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
- Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menen-tukan pola-pola bilangan Sederhana menggunakan bilang-an kurang dari 100 dengan teliti.
- Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
- Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.
- Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga siswa dapat mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
- Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang kegiatan hari ini dengan teliti.
- Dengan menggunakan teks buku harian yang telah ditulis, siswa dapat membaca teks buku harian kegiatan keluarga dengan teliti dan percaya diri.
- Dengan menjawab pertanyaan dan mengamati contoh membuat kesimpulan teks buku harian, siswa dapat me-nyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis dengan teliti..
D.
Materi
Pembelajaran
- Gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor.
- Keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
- Lambang bilangan.
- Bilangan loncat.
- Kegiatan berdasarkan peran setiap anggota keluarga.
- Peran setiap anggota keluarga.
- Teks buku harian.
- Kesimpulan isi teks buku harian yang telah ditulis
E.
Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : ceramah,
diskusi, dan tanya jawab,demonstrasi
Pendekatan :
Scientific (mengamati, menanya,mengumpulkan informasi,
eksperimen, mengasosiasi,
dan mengkomunikasikan).
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
1.
Media :
Teks bacaan,gambar-gambar gerakan
lokomotor
2. Alat :
Lap top ,LCD
3. Sumber Pelajaran : Buku siswa tema
1
Buku Tematik Terpadu Kukir 13.Jakarta :
Kemendikbud
(hal.11-16)
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengabsen kehadiran siswa dan menanyakan siswa yang tidak masuk untuk
memancing kepedulian siswa.
2.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum
melaksanakan pembelajaran inti.
3.
Guru memberi motivasi pada siswa agar semangat dalam mengikuti
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan
hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan
bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
5.
Guru melakukan penyegaran dengan bernyanyi
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin
dan Mutiara, meliputi gambar gerak
jalan di tempat, gerak
mengayunkan kaki, gerak memutar
lengan.(mengamati).
2.
Siswa bertanya tentang gambar yang diamati (menanya).
3.
Siswa menjelaskan gambar yang telah diamati (mengomunikasikan).
4.
Siswa dibimbing menirukan gerakan berdasarkan gambar
5.
yang telah diamati (mencoba).
6.
Siswa mengamati gambar permainan lingkaran besar dan
lingkaran kecil dengan teliti (mengamati).
7.
Siswa diberi penjelasan tentang permainan permainan
lingkaran besar dan lingkaran kecil yang akan dilakukan
(mengamati).
8.
Siswa melakukan permainan lingkaran besar dan lingkaran
kecil di bawah bimbingan guru (mencoba).
9.
Siswa membaca teks tentang kegemaran (mengamati).
10.
Siswa menyebutkan berbagai kegemaran/hobi berdasarkan
teks yang telah dibaca (mengomunikasikan).
11. Siswa menyebutkan kegemaran/hobi anggota
keluarganya
(mengomunikasikan).
12. Siswa mengamati gambar cara
menghitung benda dengan
menggunakan kubus satuan (mengamati).
13. Siswa menyebutkan banyak benda
sesuai gambar yang
diamati (mengomunikasikan).
14. Siswa mengamati contoh dan tabel
cara membaca lambang
bilangan (mengamati).
15. Siswa membaca lambang bilangan
berdasarkan tabel.
(mengamati).
16. Siswa membaca lambang bilangan dari
beberapa bilangan
yang dikemukakan guru (mengomunikasikan).
17. Siswa mengamati gambar sisi halaman
buku yang berkaitan
dengan barisan bilangan (mengamati).
18. Siswa dan guru melakukan tanya jawab
terkait gambar yang
diamati (menanya).
19. Siswa mengamati barisan bilangan
berdasarkan gambar
(mangamati).
20. Siswa menyebutkan pola bilangan dari
barisan bilangan
yang telah diamati (menalar).
21. Siswa dibimbing membuat barisan
bilangan dengan pola
+2 (mengamati).
22. Siswa berlatih membuat barisan
bilangan dengan pola +2
(menalar).
23. Siswa diminta bertanya kepada teman
tentang
kegemarannya dan kegemaran anggota keluarganya yang
lain dengan teliti (menanya).
24. Siswa membaca contoh cerita tentang
kegemaran
(mengamati).
25. Siswa bercerita kepada teman tentang
cara menjaga
kebersamaan dalam keluarga yang berbeda kegemaran
(mengomunikasikan).
26. Siswa mengamati gambar dan membaca
teks tentang
kegiatan dalam keluarga (mengamati).
27. Siswa mengelompok berbagai kegiatan
berdasarkan peran
masing-masing anggota keluarga (menalar).
28. Siswa mencatat peran masing-masing
anggota keluarga
(menalar).
29. Siswa menulis teks buku harian
tentang kegiatan hari ini
(mencoba).
30. Siswa membaca teks yang telah
ditulis pada buku harian
dengan teliti (mengomunikasikan).
31. Siswa menjawab beberapa pertanyaan
yang berkaitan
dengan teks buku harian yang telah ditulis (menalar).
32. Siswa mengamati contoh membuat
kesimpulan dari teks
buku harian (mengamati).
33. Siswa menyimpulkan isi teks buku
harian yang telah ditulis
(mengomunikasikan).
|
150
Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama – sama guru membuat simpulan materi
yang telah dipelajari bersama.
2.
Guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah berlangsung,dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
3.
Tanya jawab tentang materi untuk mengetahui
ketercapaian.
4.
Guru memberikan informasi tentang kegiatan
pembelajaran yang akan datang.
5.
Guru memberikan tugas untuk bertanya pada orang
tua kegiatan apa yang harus dilakukan keluarga jika ada saudara yang
meninggal dunia.
6.
Guru memberikan pesan-pesan moral.
|
15 Menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Penilaian
sikap : Percaya diri,teliti,santun
b.
Pengetahuan : Dapat membaca lambang bilangan,membentuk pola
bilangan
c. Keterampilan : Berlatih gerak lokomotor
2.
Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian
Sikap
Lembar pengamatan terhadap siswa di
kelas/sekolah
Tema :
....... Hari/Tanggal : ....................
Sub Tema :
.......... PB :
...............
B
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan
teks buku harian yang ditulis
Jumlah Soal: 3 buah
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
Disesuaikan dengan teks buku harian
yang ditulis siswa.
b. Melengkapi deret bilangan berpola
+2
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci jawaban
1. 34, 36,
38, 40, 42
2. 25, 27,
29, 31, 33
3. 44, 46,
48, 50, 52
4. 16, 18,
20, 22, 24
5. 33. 35,
37, 39, 41
3. Keterampilan,
PENGAYAAN
PENGAYAAN
• Siswa
secara bersama-sama kembali melakukan berbagai gerak nonlokomotor (gerak
jalan di
tempat,
gerak mengayunkan kaki, dan gerak memutar
lengan).
• Siswa
ditugaskan menulis peran masing-masing anggota keluarga di rumah.
• Siswa
kembali diminta menyebutkan keberagaman kegemaran dalam keluarga.
• Siswa
diberi tugas tambahan dalam membuat deret bilangan menggunakan pola-pola bilangan
sederhana.
REMEDIAL
• Bagi siswa
yang mengalami kesulitan dalam melakukan gerak nonlokomotor diberikan
bimbingan dan latihan secara berkala.
• Bagi
siswa yang belum paham dalam menulis peran masing-masing anggota keluarga di
rumah, diberikan bimbingan berupa tanya
jawab tentang peran-peran anggota keluarga di
rumah.
• Guru
memberikan latihan tambahan bagi siswa yang belum mampu membuat teks buku harian
tentang keberagaman kegemaran dalam keluarga.
• Guru
membimbing siswa yang kesulitan dalam membaca lambang bilangan dan membuat
barisan bilangan menggunakan pola-pola bilangan
sederhana.
........, ………………………
Kepala
SDN ……………… Guru Kelas II
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment