Wednesday, January 7, 2015

RPP Kelas 2 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

            Satuan Pendidikan      :  
Kelas/ Semester           :  I / I (Satu)
Tema                           :  1. Hidup Rukun
Sub Tema                    :  1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran               :  2
Alokasi Waktu            :  1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)


A.      Kompetensi Inti (KI)

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
PPKn
Kompetensi Dasar
  1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
         lingkungan rumah dan sekolah.
1.1    Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang,jujur, disiplin, tanggung  jawab, santun,
peduli, dan   percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral   Pancasila.
3.3  Memahami makna keberagaman karakteristik  individu di rumah dan di sekolah.
4.3  Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah
Indikator
1.3.2        Menyebutkkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi  
berdasarkan  kegemaran/hobi  dan sekolah.
1.3.2        Menceritakan kebersamaan keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda
kegemaran/hobi.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1    Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
 persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam
       kemajemukan  keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3  Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokum keluarga
       dengan bantuan  guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat
       diisi dengan kosakata bahasa  daerah untuk membantu pemahaman.
4.3  Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan
       dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis 
       yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
          keluarga.
3.3.4 Mencatat peran masing-masing anggota keluarga
4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.3.3 Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis

Matematika
Kompetensi Dasar
1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
       waktu serta  tidak mudah menyerah dalam mengerjakan  tugas. guru sebagai perwujudan  
       moral Pancasila.
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus
       satuan).
4.1  Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan- bilangan
       yang kurang dari 100
Indikator
3.1.2  Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan blok dienes (kubus
          satuan).
3.1.3  Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8  Membilang loncat.
4.1.1  Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan  kurang
          dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan 
         kurang 100.
PJOK
Kompetensi Dasar
1.1   Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
3.2  Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam
       berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2  Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep 
        gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan 
        tradisional.
Indikator
3.2.1  Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk
          permainan  sederhana
4.2.1  Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk 
          permainan sederhana.

C.      Tujuan Pembelajaran

  1.  Dengan mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
  2. Dengan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dengan percaya diri.
  3. Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
  4. Dengan mengamati gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati dengan teliti.
  5. Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca lam-bang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
  6. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
  7. Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menen-tukan pola-pola bilangan  Sederhana menggunakan bilang-an kurang dari 100 dengan teliti.
  8. Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
  9. Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.
  10. Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga siswa dapat mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
  11. Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
  12. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang kegiatan hari ini    dengan teliti.
  13. Dengan menggunakan teks buku harian yang telah ditulis, siswa dapat membaca teks buku harian kegiatan keluarga dengan teliti dan percaya diri.
  14. Dengan menjawab pertanyaan dan mengamati contoh membuat kesimpulan teks buku harian, siswa dapat me-nyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis dengan teliti..
   
D.      Materi Pembelajaran

  1. Gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor.
  2. Keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
  3. Lambang bilangan.
  4. Bilangan loncat.
  5. Kegiatan berdasarkan peran setiap anggota keluarga.
  6. Peran setiap anggota keluarga.
  7. Teks buku harian.
  8. Kesimpulan isi teks buku harian yang telah ditulis
E.       Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode                 :    ceramah, diskusi, dan tanya jawab,demonstrasi
Pendekatan          : Scientific (mengamati, menanya,mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan).

F.       Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1.         Media                        : Teks bacaan,gambar-gambar gerakan lokomotor
2.       Alat                           : Lap top ,LCD
3.       Sumber Pelajaran      : Buku siswa tema 1 Buku Tematik Terpadu Kukir 13.Jakarta :  
                                      Kemendikbud (hal.11-16)
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Mengabsen kehadiran siswa dan menanyakan siswa yang tidak masuk untuk memancing kepedulian siswa.
2.     Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
3.     Guru memberi motivasi pada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.     Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
5.     Guru melakukan penyegaran dengan bernyanyi
10 Menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin
dan Mutiara, meliputi gambar gerak jalan di tempat, gerak
mengayunkan kaki, gerak memutar lengan.(mengamati).
2.      Siswa bertanya tentang gambar yang diamati (menanya).
3.      Siswa menjelaskan gambar yang telah diamati (mengomunikasikan).
4.      Siswa dibimbing menirukan gerakan berdasarkan gambar
5.      yang telah diamati (mencoba).
6.      Siswa mengamati gambar permainan lingkaran besar dan
     lingkaran kecil dengan teliti (mengamati).
7.      Siswa diberi penjelasan tentang permainan permainan
     lingkaran besar dan lingkaran kecil yang akan dilakukan
     (mengamati).
8.      Siswa melakukan permainan lingkaran besar dan lingkaran
     kecil di bawah bimbingan guru (mencoba).
9.      Siswa membaca teks tentang kegemaran (mengamati).
10.  Siswa menyebutkan berbagai kegemaran/hobi berdasarkan
     teks yang telah dibaca (mengomunikasikan).
11.   Siswa menyebutkan kegemaran/hobi anggota keluarganya
     (mengomunikasikan).
12.  Siswa mengamati gambar cara menghitung benda dengan
     menggunakan kubus satuan (mengamati).
13.  Siswa menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang
    diamati (mengomunikasikan).
14.  Siswa mengamati contoh dan tabel cara membaca lambang
     bilangan (mengamati).
15.  Siswa membaca lambang bilangan berdasarkan tabel.
     (mengamati).
16.  Siswa membaca lambang bilangan dari beberapa bilangan
     yang dikemukakan guru (mengomunikasikan).
17.  Siswa mengamati gambar sisi halaman buku yang berkaitan
     dengan barisan bilangan (mengamati).
18.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait gambar yang
    diamati (menanya).
19.  Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan gambar
    (mangamati).
20.  Siswa menyebutkan pola bilangan dari barisan bilangan
     yang telah diamati (menalar).
21.  Siswa dibimbing membuat barisan bilangan dengan pola
    +2 (mengamati).
22.  Siswa berlatih membuat barisan bilangan dengan pola +2
     (menalar).
23.  Siswa diminta bertanya kepada teman tentang
     kegemarannya dan kegemaran anggota keluarganya yang
     lain dengan teliti (menanya).
24.  Siswa membaca contoh cerita tentang kegemaran
     (mengamati).
25.  Siswa bercerita kepada teman tentang cara menjaga
     kebersamaan dalam keluarga yang berbeda kegemaran
     (mengomunikasikan).
26.  Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang
     kegiatan dalam keluarga (mengamati).
27.  Siswa mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran
     masing-masing anggota keluarga (menalar).
28.  Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga
     (menalar).
29.  Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini
    (mencoba).
30.  Siswa membaca teks yang telah ditulis pada buku harian
    dengan teliti (mengomunikasikan).
31.  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan
     dengan teks buku harian yang telah ditulis (menalar).
32.  Siswa mengamati contoh membuat kesimpulan dari teks
     buku harian (mengamati).
33.  Siswa menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis
     (mengomunikasikan).       

150 Menit
Penutup
1.      Siswa bersama – sama guru membuat simpulan materi yang telah dipelajari bersama.
2.      Guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah berlangsung,dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
3.      Tanya jawab tentang materi untuk mengetahui ketercapaian.
4.      Guru memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang.
5.      Guru memberikan tugas untuk bertanya pada orang tua kegiatan apa yang harus dilakukan keluarga jika ada saudara yang meninggal dunia.
6.      Guru memberikan pesan-pesan moral.
15 Menit

                                                                                            
H.      Penilaian
1.         Teknik Penilaian                                
a.       Penilaian sikap          : Percaya diri,teliti,santun
b.      Pengetahuan             : Dapat membaca lambang bilangan,membentuk pola   
                                           bilangan
c.       Keterampilan            : Berlatih gerak lokomotor
2.         Bentuk Intrumen Penilaian  
a.       Penilaian Sikap
Lembar pengamatan terhadap siswa di kelas/sekolah
Tema               : .......                           Hari/Tanggal   : ....................
Sub Tema        : ..........                        PB                   : ...............
 



B
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks buku harian yang ditulis
Jumlah Soal: 3 buah
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
Disesuaikan dengan teks buku harian yang ditulis siswa.
b. Melengkapi deret bilangan berpola +2
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci jawaban
1. 34, 36, 38, 40, 42
2. 25, 27, 29, 31, 33
3. 44, 46, 48, 50, 52
4. 16, 18, 20, 22, 24
5. 33. 35, 37, 39, 41
3.  Keterampilan,

PENGAYAAN
• Siswa secara bersama-sama kembali melakukan berbagai gerak nonlokomotor (gerak jalan  di  
   tempat,  
   gerak mengayunkan kaki, dan gerak memutar lengan).
• Siswa ditugaskan menulis peran masing-masing anggota keluarga di rumah.
• Siswa kembali diminta menyebutkan keberagaman kegemaran dalam keluarga.
• Siswa diberi tugas tambahan dalam membuat deret bilangan menggunakan pola-pola  bilangan
   sederhana.

REMEDIAL
• Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan gerak nonlokomotor diberikan   
   bimbingan dan latihan secara berkala.
• Bagi siswa yang belum paham dalam menulis peran masing-masing anggota keluarga di
   rumah, diberikan bimbingan berupa tanya jawab tentang peran-peran anggota keluarga di 
   rumah.
• Guru memberikan latihan tambahan bagi siswa yang belum mampu membuat teks buku  harian
   tentang  keberagaman kegemaran dalam keluarga.
• Guru membimbing siswa yang kesulitan dalam membaca lambang bilangan dan membuat 
   barisan  bilangan menggunakan pola-pola bilangan sederhana.
                                                                                                                                                        

........,    ………………………
Kepala SDN ………………                           Guru Kelas II



                                                                

            NIP.                                                                  NIP.

No comments:

Post a Comment