Tuesday, February 3, 2015

RPP Kelas 2 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan   :
Kelas/ Semester       : II / I
Tema/ Subtema/ PB : 1. Hidup Rukun / 1. Hidup Rukun di Rumah .
PB                             : 4
Alokasi Waktu          : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)


A. Kompetensi Inti (KI)

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.3   Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik
             keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
             dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5   Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
             keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata
             bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
     Indikator :
      3.3.1  Mengelompokkan contoh hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
      3.3.2  Mencatat masing-masing contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam
                  kemajemukan keluarga.
 3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
   Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn)
Kompetensi Dasar:
      3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
      4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
 
  Indikator:
      3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
      3.3.3 Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
 3.3.4 Menunjukkan keberagaam anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
 4.3.3.Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/
          karakternya
      Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar:
       3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda berirama tiga.
Indikator:
3.3.1 Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda berirama tiga.

C. Tujuan Pembelajaran.

  1. Dengan mengamati beberapa gambar tentang hidup rukun, siswa dapat mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  2. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
  3. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimilki dengan bahasa yang santun.
  4. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat  menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan bahasa yang santun.
  5. Dengan mengisi kolom pernyataan, siswa dapat menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dibaca denngan teliti.
  6. Dengan menyanyikan lagu “ Peramah dan Sopan”, siswa dapat menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
  7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga meggunakan alat musik ritmis dengan percaya.
  8. Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan bahasa yang santun.
  9. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
  10. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rup dengan teliti.
  11. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar dengan percaya diri.


D.Materi Pembelajaran

  1. Contoh sikap hidup rukun.
  2. Keberagaman anggota keluarga.
  3. Pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
  4. Pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis.
  5. Keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat.


E.Metode Pembelajaran
1. Metode         :  penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi.
2. Pendekatan  :  saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan)

F.Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

  • Media dan Alat pembelajaran: Gambar sikap hidup rukun dan tidak rukun                   Teks lagu Peramah dan Sopan
  • Sumber belajar
    • Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(Hal.22 – 25)


G.Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)

  1. Memberi salam dan berdoa bersama.
  2. Mengecek  kehadiran siswa
  3. Melakukan gerakan penyamaan frekwensi dan pemusatan perhatian. 
  4. Mengajukan pertanyaan untuk memotivasi siswa.
  5. Tanya jawab tentang gambar Hidup Rukun di rumah 
  6. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun Di Rumah”.


Kegiatan Inti(150 menit)

  1. Siswa mengamati beberapa gambar tentang contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun yang ada pada buku siswa (mengamati)..
  2. Siswa menunjukkan gambar yang mencerminkan sikap hidup rukun dan tidak rukun (menalar).
  3. Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan tentang beragam kegemaran dalam keluarga dengan santun (menalar).
  4. Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi (mencoba).
  5. Siswa mengisi kolom pernyataan tentang kegemaran anggota keluarga dengan memberi tanda centang pada pernyataan yang benar menurut siswa (mengomunikasikan).
  6. Siswa diberi penguatan tentang pentingnya menjaga sikap hidup rukun kemajemukan keluarga (mengomunikasikan).
  7. Siswa menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan” dengan percaya diri (mencoba).
Peramah dan Sopan
2/4 Ciptaan: Pak Dal || :
 I 0 5 6 7 | 1 . 5 . | 6 5 4 3 | 5 . 2 . |
 Bu kan yang cong kak bu kan yang som bong
 I 0 2 3 4 | 5 . 5 . | 6 1 7 6 | 5 . |
yang di sa yang i han dai dan tau lan
 | 0 5 6 7 | 1 . 5 . | 3 3 4 5 | 6 . |
ha nya a nak yang tak per nah bo hong
 | 0 1 7 6 | 5 . 1 3 | 5 4 3 2 | 1 . |
ra jin be ker ja pe ra mah dan so pan


     8. Siswa menunjukkan pola irama bervariasi pada lagu “Peramah dan Sopan” dengan  menggunakan alat musik  ritmis di bawah bimbingan guru (mencoba).
     9. Siswa menuliskan sifat-sifat baik yang ada pada syair lagu “Peramah dan Sopan”      (menalar).
10. Siswa menjelaskan keberagaman anggota keluarganya  berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki  (menalar).Dengan tanya jawab, siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa  dengan teliti.
11. Siswa menceritakan kebersamaan dalam keluarga yang  berbeda sifat/karakter dengan percaya diri (mengomunikasikan).
12. Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa (menalar).
13. Siswa menyebutkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat karya kreasi  menempel gambar alat musik (mengomunikasikan).
14.  Siswa menempel gambar alat musik ritmis yang ada pada koran atau majalah pada kolom yang  telah tersedia di buku siswa (mencoba).
15. Siswa menghias gambar yang telah ditempel dengan  gambar-gambar imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon. (mencoba)


Penutup (15 menit)
1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil pencapaian materi).
3.     Melakukan penilaian hasil belajar.
4.     Berdoa bersama dan salam.

H.PENILAIAN
Sikap
1. Penilaian Sikap (lihat di buku guru)
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar tentang kegemaran
Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1. Tidak, karena mainan yang mereka mainkan berbeda.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.

b. Menuliskan sifat-sifat baik dan buruk yang terdapat pada syair lagu “Peramah dan
Sopan”.
Jumlah Soal: 2 soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 50
Kunci Jawaban
1. peramah, sopan, tak pernah bohong, rajin bekerja.
2. Congkak, sombong.

c. Menjawab pertanyaan tentang keberagaman dalam keluarga.
Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Disesuaikan dengan jawaban siswa.

3. Keterampilan
a. Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun.
b. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
c. Menempel gambar alat musik ritmis dari majalah atau koran

PENGAYAAN
• Siswa ditugaskan menuliskan contoh sikap hidup rukun dan  tidak rukun.
• Siswa ditugaskan menuliskan sifat-sifat baik yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
• Siswa ditugaskan membuat karya kreasi gambar imajinatif.

REMEDIAL
• Guru memberikan latihan bagi siswa yang masih keliru dalam membedakan sikap rukun dan tidak
   rukun.
• Guru memberikan latihan bagi siswa yang masih keliru dalam menuliskan sifat-sifat baik yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
• Guru membimbing siswa yang kesulitan dalam membuat karya kreasi gambar imajinatif.

                                                                        ……………… 2014
Mengetahui kepala Sekolah                          Guru Kelas 2





NIP.                                                                NIP.


No comments:

Post a Comment