Thursday, November 27, 2014

Rpp Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
:
SD.......................................
Kelas/Semester    
:
I (SATU) / 1(satu)
Tema / Topik
:                
1.DIRIKU
Sub Tema
:
AKU danTEMAN BARU
Pembelajaran
:
4
Alokasi Waktu


:           
1  HARI


A.
Kompetensi Inti (KI)
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar  (KD)
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1   Bahasa Indonesia Menerima anugrah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha  Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2  Memiliki rasa percaya dri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

3.1    Mengenal teks deskripti tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,                                                 serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia    lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4    Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4 Menyampaikan teks cerita diri /personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasaIndonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator
3.1.1  Mengidentifikasi teks yang berkaitan dengan karakteristik bend .
3.1.2 .Mengurutkan huruf a-b-c-d-e-f dengan urutan yang benar   
3.4.1  Menulis di udara,pasir,dan punggung                                                                          
4.4.1  Mengenal huruf vokal a-i-u-e-o
4.4.2  Menebalkan garis sesuai petunjuk.

SBD
1.1Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi                                                                   
4.7 Menyajikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator
 3.1.1  Mengidentifikasi gambar sebagai salah satu karya seni ekspresi                            
 4.7.1  Menyanyikan lagu “ a,b,c “ dengan irama yang benar.

PJOK
1.1Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.1Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan,arah ruang gerak,hubungan,dan uasaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang menggunakan arah,ruang gerak,hubungan,dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi gerak lokomotor pada aktifitas berjalan.
4.1.1 Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lurus
4.1.2 Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan zig zag
4.1.3 Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalanlengkung
C.   Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat
menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.
2. Setelah bernyanyi dan bermain, siswa dapat menyusun
huruf dengan urutan yang benar.
3. Dengan melihat contoh, siswa dapat menyusun nama
mereka dari kartu-kartu huruf dengan tepat.
4. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana,
siswa dapat berjalan membentuk garis lurus dengan
benar.
5. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana,
siswa dapat berjalan membentuk garis zigzag dengan
benar.
6. Setelah melakukan gerakan pada permainan
sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis
lengkung dengan benar.
7. Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat
mempraktikkan posisi duduk yang benar pada saat
menulis dengan tepat.
8. Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat
mempraktikkan cara memegang pensil yang benar
pada saat menulis dengan tepat.
9. Setelah mempraktikkan sikap tubuh dan cara
memegang pensil yang benar pada saat menulis siswa
dapat menebalkan garis dengan benar.
D. .Materi Pembelajaran
  Beberapa set kartu huruf (a-z) berbentuk lingkaran
• Pensil
• Buku siswa
• Potongan karton berukuran 7 x 20 cm
E.      Pendekatan dn Metode Pembelajaran
Pendekatan Scientific
Strategi Cooperative Learning
Metode Tanya jawab, Diskusi dan tugas
F. Media (Alat) dan  Sumber Belajar
• Gambar atau foto keluarga
• Bola dan gawang
• Lem dan gunting
• Biji bijian

G. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :10 menit
  1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
  2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
  3. Menginformasikan tema ”Diriku” dan sub tema ”Aku dan Teman Baru”
Kegiatan INTI : 150 menit
Langkah-langkah kegiatan:
1. Tempelkan huruf a-z di papan tulis.
2. Siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c” sambil
menunjukkan huruf yang disebut.
3. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok.
4. Setiap kelompok diberikan satu set kartu huruf
(ada yang daru a-g, h-n, o-t, dan u-z), lalu diminta
mengurutkannya.
5. Setelah mengurutkan huruf, setiap kelompok diminta
menuliskan huruf-huruf tersebut di udara, sesuai arahan
guru.
18 Buku Guru Kelas 1 SD/MI
6. Setelah menulis di udara dilanjutkan dengan menulis di
punggung dan di pasir.
7. Setelah siswa menulis huruf di udara, di punggung dan
di pasir, mintalah mereka untuk memperhatikan hurufhuruf
yang terdapat pada namanya.
8. Guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya
menghargai teman dalam kegiatan kelompok.
9. Kemudian guru menyampaikan setelah siswa bermain
di dalam kelas, sekarang akan bermain di luar kelas dan
mengajak ke luar kelas.
10. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
11. Masing-masing kelompok dibagi dua, lalu berdiri
berpisah berhadap-hadapan dengan jumlah yang
seimbang.
12. Siswa no. 1 di sisi A diminta untuk berjalan lurus atau
berlari menuju titik. Masing-masing kelompok beradu
cepat.
13. Kegiatan kedua, guru meminta siswa berdiri di titik A
yang telah dibuat guru sebelumnya membentuk garis
zigzag menuju titik B.
14. Siswa nomor 1 diminta untuk berjalan menyusuri garis
zigzag sampai ke siswa no. 5. Lalu siswa-siswa lain
melangkah mundur satu garis. Selanjutnya siswa no. 2
yang berada di posisi 1 berjalan membuat garis zigzag
sampai ke posisi no. 5. Demikian seterusnya sampai
kesebelas siswa melakukannya.
15. Kegiatan ketiga guru menggambar garis lengkung
jika memungkinkan, dan siswa berada di titik puncak
garis. Jika tidak memungkinkan guru memberi tanda di
tengah-tengah masing-masing siswa. Minta siswa no. 1
berjalan menyusuri garis lengkung sampai ke siswa no.
5 dan seterusnya (dilakukan, seperti tahapan berjalan
zigzag).
16. Siswa kembali ke dalam kelas.
17. Guru menyampaikan sebelum menulis siswa perlu
mengetahui posisi tubuh yang benar pada saat
menulis dan memegang pensil yang benar. Lalu, guru
mencontohkan
dan meminta siswa mempraktikkannya.
18. Guru juga menyampaikan ujung pensil tidak terlalu
runcing dan tidak tumpul dengan memperlihatkan
contoh pensil yang diraut baik dan kurang baik.
19. Guru menyampaikan setelah bergerak sesuai garis lurus,
zigzag, dan lengkung, siswa akan menggambarkan
garis-garis tersebut di buku siswa dengan menggunakan
pensil.
Tema 1 Subtema: Aku dan Teman Baru 19
20. Lalu, siswa diminta melihat gambar di buku siswa dan
mengerjakan latihan menulis dengan menebalkan garis
dan nama teman di buku siswa.
21. Sebagai penutup, guru memberikan guntingan karton
yang sudah disiapkan dan meminta siswa menuliskan
nama panggilannya di karton tersebut.
22. Guru mengajak siswa untuk bersyukur kepada Tuhan,
karena diberi kaki untuk bergerak dan tangan untuk
menulis.
Penutup : 15 menit
  1. Bersama siswa membuat kesimpulan  terkait dengan pembelajaran
  2. Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
  3. Melakukan penilaian hasil belajar
  4. Mengajak semua siswa berdoa

H.      Penilaian
1.      Pengamatan sikap
NO
NAMA
Percaya diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
.........












2
.........












3
.........












4
dst













2.      Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis ( isian )
1.      Tulislah huruf a,b,c,d,e di bukumu?
2.      Tulislah kata aku?
3.      Lengkapilah t..m a n?
Kunci jawaban
1.      Sesuai di buku peserta didik
2.      Sesuai di buku peserta didik
3.      Teman

3. Penilaian Ketrampilan
a.       Penilaian : Unjuk kerja
Rubrik menyusun huruf berurutan
NO
KRITERIA
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
1
Ketepatan susunan huruf
Kelompok mampu menyusun 4 atau lebih dengan tepat
Kelompok mampu menyusun 3dengan tepat
Kelompok mampu menyusun 2 dengan tepat
Kelompok belum mampu menyusun huruf
2
Ketapatan waktu penyelesaian tugas
Selesai sebelum waktu yang digunakana
Selesai tepat waktu
Terlambat maksimal 5 menit
Terlambat lebih dari 5 menit
3.
Kerja sama kelompok
Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif
Lebih dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
Seluruh anggota kelompok berpartisipasi pasif

b.      Penilaian :  Unjuk kerja
Rubrik kegiatan menemukan huruf vokal dalam kalimat
NO
KRITERIA
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
1
Ketepatan menemukan huruf vokal dalam kalimat
Siswa mampu menemukan huruf vokal dengan tepat dalam 4-5 kalimat
Siswa mampu menemukan huruf vokal dengan tepat dalam 3 kalimat
Siswa mampu menemukan huruf vokal dengan tepat dalam 2 kalimat
Siswa mampu menemukan vokal dengan tepat dalam 1 kalimat
2
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
Selesai tepat waktu
Terlambat maksimal 5 menit
Terlambat lebih dari 5 menit
3.
Kerjasama kelompok
Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif
Setengah atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif
Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
Seluruh anggota kelompok berpartisipasi pasif

NO
NAMA
Skore
Skore penilaian
Pengetahuan
Ketrampilan
Skore 1 - 100
Skore 1 – 4
1
................




2
...............




3
dst




           
Mengetahui
Kepala SDN..................................




          NIP,

Guru kelas




               NIP,

                                                                                    

No comments:

Post a Comment